Bejan

Bejan adalah sebuah kata dari bahasa Jawa, yang mempunyai kata dasar ‘bejo’ yang berarti ‘beruntung’, kemudian mendapat tambahan ‘-an’ sehingga berbunyi ‘Bejan’ yang berarti keberuntungan atau jika dalam bahasa Inggris adalah ‘luck’.

Kata tetangga saya, kalo bejan adalah bawaan lahir, karena ada tetangga saya yang lain, yang sering mendapat keberuntungan sepanjang hidupnya.

Contohnya, dapat pekerjaan yang bagus, padahal nggak pinter-pinter amat, dapet istri cantik/suami ganteng, padahal muka pas-pasan, atau banyak hal lain. Ketika mendengar itu, saya cuma manggut-manggut…antara setuju dan tidak setuju…masa iya sih, bejan itu bawaan lahir?

Akhirnya sesampai di rumah, sambil sante sore-sore, saya berpikir sendirian..memikirkan si bejo…eh bejan maksud saya. Dalam perbincangan itu, menurut saya…kata-kata ‘dapat pekerjaan bagus, padahal nggak pinter-pinter amat’ adalah kalimat menyepelekan kemampuan seseorang. Semua orang terlahir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak ada orang yang hebat dalam segala-galanya, tapi tidak ada juga orang yang tidak-hebat dalam segala-galanya… Tiap orang punya kemampuan yang bisa diasah dan menjadi andalan dalam berkarya..

Trus, masih pikir saya…
‘dapet istri cantik/suami ganteng, padahal muka pas-pasan’ juga gak jauh beda. Memang cari pasangan itu hanya karena muka ganteng-wajah cantik saja po? Tentunya tidak..saya jadi teringat saat masih gadis, mo milih suami..kriteria idaman yah…cakep, pinter, lucu, supel, kerja mapan, setia, sabar, penyayang…wah, pokoknya yang serba indah-lah… Tapi ternyata bukan masalah itu, tapi lebih pada komitmen belajar menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing, saling melengkapi… Ya nggak, saya berpikir, bisa saja kita dapat pasangan yang lebih dari yang sekarang, tapi apa ya bisa dia menerima kekurangan kita, seperti pasangan yang sekarang… kalo menerima kelebihan mah…gampang…hehehe…

Eh, baru berpikir tentang pasangan, suami saya pulang…
Trus kita ngobrol masih tentang bejan… saya cerita tentang kata tetangga saya tentang bejan, dan pikiran saya tentang bejan. Trus suami saya bilang, contoh yang dua tadi (dapat pekerjaan yang bagus, padahal nggak pinter-pinter amat & dapet istri cantik/suami ganteng, padahal muka pas-pasan) itu gak tepat untuk jadi contoh bejan. Karena biarpun gak pinter-pinter amat, tapi kalo mau belajar, mengejar ketertinggalan, itu berarti ada usaha dari dalam…makanya dapet kerjaan bagus. Juga, biarpun muka pas-pasan, tapi dapet istri cantik/suami ganteng, berarti dia punya kelebihan yang lain, tidak modal tampang aja…mungkin sholeh/ah, bisa memberi ketenangan lahir-batin…dsb.

Lha…trus, bejan itu kayak apa?
Ternyata suami saya masih punya pendapat lain tentang bejan. Katanya bejan itu kalo berhubungan dengan ‘kemungkinan’… misalnya undian, arisan, doorprize, baru itu bejan.

Maksudnya?
Suami saya memberi contoh.
A : “Inget gak? pas aku ada pertemuan ama temen2 yang sesama bakul komputer?”
B : “Inget…”
A : “Hadiah doorprize acara itu banyak banget, dari home theater, TV flat, sampe cuma flashdisk atau lampu senter. Jumlah hadiahnya ada 25 item…yang datang cuma 30 orang. Artinya kemungkinan dapet doorprize itu kan besar to?”
B : “Berarti yang gak dapet cuma 5 orang yah mas…”
A : “Iya, cuma 5 orang…tapi itu termasuk aku, gak dapet…senter aja gak dapet..hehehe”
B : “wah…iya-ya…kok bisa sih mas?”
A : “Ya itu namanya bejan…”
B : “Oooo….”

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

33 thoughts on “Bejan”

  1. namanya nasib kali ya, walaupun banyak orang bilang naisb itu di tangan kita ndiri, tpi kan ada tuhanyang mengatur semuanya. wkwkwk. klo uda ditaur, ngapain juga nasib diserahin ke tangan kita ya anehh

    Like

  2. hahahaha, ternyata bejo itu beruntung ya mba. mmm, saya juga berkeinginan dapat pasangan yang lebih hehe, tapi gak tau deh mba, gimana nanti ajabtw kasian banget ya suaminya, padahal kemungkinan dapat hadiah 90%

    Like

  3. Bejo kan artinya beruntung, kalo bejan ketiban untung atau memperoleh keuntungan. kalo bejo bejan keberuntungan sering di gunakan untuk kalimat yang menyatakan suatu pilihan๐Ÿ˜€

    Like

  4. kata banyak orang, bejan itu ada hubungannya dengan garis tangan… orang yang punya garis tangan bagus, “uripe bejo kemayangan”. Pantes, aku nggak begitu “mbejani” ya, garis tanganku hampir ilang, karena rajin nyuci baju sih…kena sabun terus hua..ha..ha..

    Like

  5. wah… emang suami mbak ga dapat hadiah undian, walaupun cuma senter mbak.. eiittt… tp menurut saya, dia tu ‘bejo’ mbak.. dapat istri secantik mbak Anna… :)kabuuuuurrr…..๐Ÿ˜€

    Like

  6. HahahahaAku jd ketawa, baca artikel mbak..Bejo banget suami sampeyan, dr 30item, kok ya gak dapet 1pun..HahahahaMbak mbak..Temen saya malah kebejan banget orange..Udah berkecukupan, tp sering dpt dorpres..Kalau tampang pas pasan bs dpt pasangan cantik, aq jd semangat nich..Hehehehe

    Like

  7. jah =)), wa lupa, apdahal dr td dah mondar mandir di sni, lupa jg wat komen =)), kwakakak=))keasyikan chat ama si fanny =)) =))buk.. bejan kok kaya bejana yah???๐Ÿ˜€, tar wa balik lagi ahh.. wa mo mam dulu ye๐Ÿ˜›

    Like

  8. kesian juga ya mbak, suaminya gak dapet walo cuman senter doang. :(back to topik:sepertinya saya cukup bejan deh.tampang pas2an punya istri cantik, anak lucu2, gak amat2 pinter, tapi kerja lumayan lah?!mbak, blognya dah saya link di blog saya

    Like

  9. lha kalo di melayu, selalu menggunakan kata untung untuk setiap kejadian”untung rumahku masih berdiri, rumah laindah pada ambruk””untung lecet dikit, kalo mpe mati, mampuslah”ada sedikit bermakna syukur, walo kadang-kadang nadanya agak sinis.

    Like

  10. Kalo orang Indonesia, dalam keadaan apapun selalu merasa masih beruntungContohnya : kalo lagi kecurian TV di rumah, pasti jawabnya, untung perhiasannya gak ikut di gasakSaya juga ngerasa beruntung kenal sama mbak Anna

    Like

  11. idak ada orang yang hebat dalam segala-galanya, tapi tidak ada juga orang yang tidak-hebat dalam segala-galanya… Tiap orang punya kemampuan yang bisa diasah dan menjadi andalan dalam berkarya..setuju bgt. semua kemampuan bisa diasah. masalahnya mau gak kita mengasahnya.nice post nih!

    Like

  12. Salah satu contoh bejan…”Aku pulang tgl 14 yo?”Eh mon, meh melu reunian pora? Aku ditemeni seharian yah?Ada Festival Kuliner di Vredeburg Mas..ikutan ga?Itulah bejan…ga mikir kalo bakal banyak manfaat ketika mo pulang..-novan restu-

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s