Kereta Kencana

Pernah denger kereta kencana? Pastinya udah pernah dong ya…. Terutama kalo di dongeng-dongeng kerajaan, putri raja, ato cinderella. Digambarkan kereta bersepuh emas, indah, ditarik kuda-kuda…yang serba indahlah…. :L Tapi udah pernah liat Kereta Kencana yang sesungguhnya?? :t

Kebetulan, weekend panjang kemaren saya sempet ke Keraton Yogyakarta…jadi turis domestik gitu ceritanya..hihihi.. Ternyata banyak sekali kereta yang disimpan di Pagelaran Keraton. Tapi ada satu yang sangat mencolok dan mencuri perhatian saya… Ternyata, dia adalah Kereta Kencana…๐Ÿ˜‰ Ini dia fotonya…


Bagus banget yaaa?? Selain Kareta Kencana, dia juga disebut sebagai Kyai Garudayaksa yang berarti Kendaraan Burung Matahari. Kereta ini dipesan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VI dan dibikin oleh Hermans & Co, Denhaag Belanda, tahun 1867-1869. Keistimewaan lain dari kereta ini adalah ditarik oleh 8 ekor kuda putih terbaik… tidak boleh sembarangan kuda…๐Ÿ™‚

Kereta ini nggak bisa sembarangan dipake..hanya pada kesempatan-kesempatan istimewa atau upacara besar. Yaitu saat Jumenengan / Penobatan Raja Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, IX, dan X. Sri Sultan HB X yaa…yang sekarang jadi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta…

Yang membuat saya kagum, betapa kereta-kereta itu betul-betul terjaga…kebersihan dan keindahannya… Haruslah ya… sebagai peninggalan sejarah yang wajib dilestarikan…

Gimana tuh rasanya, jadi raja…hehe…naik Kareta Kencana?? :d

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

28 thoughts on “Kereta Kencana”

  1. Kalau aku Nyoba Naikin Boleh ga yach :)Boleh yach boleh yach bolegh๐Ÿ˜€ Pleaseee๐Ÿ™‚ ckckckck :)KEkayaan Budaya Yogya memang bener2 banyak yg terjaga dan terawat :)Salam๐Ÿ™‚

    Like

  2. wow,, tar deh kapan2 kalo lagi maen ke jogja saya maen ke sana juga buat liat kereta kencana yang itu.. bagus ya..

    Like

  3. pasti seru dunk ..kalau bisa naik kereta kencana tersebut … daku membayangkan ketika kendaraan bermotor belum ada ..mungkin itulah kendaraan darat termewah di zamannya.

    Like

  4. Pernah juga aku berfoto di kraton Surakarta, tapi kesannya jadi mistis gitu…BTW, jadi ingat lagunya KLa Project yang syairnya: “… berkereta kencana kubawa pergi …”

    Like

  5. lha orang yukjo dadi tungris ndomestik segala nehaku salut ma para abdi dalem tuhdengan upah sedikit banget, tapi berdedikasi untuk mengabdi ma sultan.trenyuh ngeliatnya

    Like

  6. Kemaren habis dari kraton yogya..sayang datengnya kesiangan..jadi dah di tutup ga sempet liat kereta……Fyuhhh…akhirnya bisa follow blog si cantik ini setelah berkali kali usaha saya di tolak….hehehe

    Like

  7. kalo ngomongin kencana, jadi inget tempat tumbuh dan besar. komplek jaka kencana, langganan banjir euy…!OOT bangad dah!!!

    Like

  8. mang kesannya mistis…tapi ini gak bisa untuk jalan2 sembarangan lho ya…khusus jumenengan/penobatan raja…๐Ÿ˜‰

    Like

  9. Keretanya mesti rajin dirawat mbak, soale denger2 masing2 kereta ada penunggunya kan? Btw, kereta itu disewakan nggak ya, lumayan buat keliling kota di sore hari, menikmati semilir angin. Mampir ke alun-alun lor, menemui Jonk yang lagi ngeblog di bawah beringin ;;)

    Like

  10. ๐Ÿ˜ฎ itu kereta kencana yang asli tho ??keyennnnnn banget๐Ÿ˜, pengen..pengen wa naikin secara daku cinderellanya =)) =))doain :(( daku bs ke jogja naik kereta kencanajadi keingat *radja nicinderella pun tiba, dengan kereta kencana..kwakakakak =)) =))

    Like

  11. wah jadi pingin ke JOgja lagi nih, terkahir ke sana waktu saya kelas 2 SD !!! wah lama banget ya mba … Saya suka banget sama patung2 raja, plus alun2 nya … kayknya enak nih, ngeblog di bawah pohon beringin …

    Like

  12. saya pernah ke keraton Yogya beberapa tahun lalu, tapi gak liat kereta ini ya. mungkin gak perhatiin. lagian saat itu lupa bawa kamera. tapi keretanya bagus tuh.btw, pantes kemarin dicariin gak ada, rupanya…jalan2 toh.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s