Upacara Pake Baju Jawa

Kapan terakhir kalian ikutan upacara??? :t
Buat yang kerja di swasta…wah pasti dah lupa kapan terakhir ikutan upacara. Ya nggak?? hehehe. Berbeda buat saya yang kerja di lingkungan pemerintahan. Upacara, apel karyawan, atau apapun sebutannya pasti diadakan sebulan sekali.

Tapi saya mau nanya lagi, kapan upacara pake baju daerah?? wah…makin gak pernah lagi yah🙂 Kalo saya dan teman-teman di Jogja, paling tidak satu tahun sekali. Kami wajib upacara pake baju daerah. Kalo perempuan ya pake kebaya dan kain jarik, plus pake sanggul (bagi yang tidak berjilbab), kalo cowok ya… pake surjan ato beskap, kain jarik, blangkon, lengkap dengan kerisnya…🙂 Upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-62 Pemerintah Kota Yogyakarta yang jatuh Minggu, 7 Juni 2009 lalu.

Suasana Upacara di Halaman Balaikota Yogyakarta
Kirab Pusaka oleh para Camat di Kota Yogyakarta

Yang punya blog mejeng bareng temen sekantor, Mbak Rika (pink) dan Krisna (merah)😀

Trus, selain itu bahasa yang dipake juga bahasa jawa… Seperti berikut ini :

hormat grak = kormat gyo
siap grak = siogo gyo
laksanakan = katindakno
siap, laksanakan = sendiko
inspektur upacara = pengageng upocoro
dan sebagainya…banyak banget…sampe lupa🙂

Saya yang Jogja asli, kadang2 gak ngerti maksud dari kata-kata bahasa Jawa yang digunakan dalam upacara, huff…memprihatinkan…😦

Biasanya upacara juga diiringi Korps Musik, kalo kemaren pake gamelan lengkap dengan sinden-nya (penyanyi). Saya yang orang Jogja asli, senyum-senyum, lucu gitu.. geli sendiri, gak biasa…. tapi ada baiknya juga melestarikan kebudayaan. Kalo bukan kita, siapa lagi???😉

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

22 thoughts on “Upacara Pake Baju Jawa”

  1. Lucu juga ya upacara pake bahasa jawa, hehehe…
    saya jadi penasaran pengen nyoba.

    btw, berarti aba2 untuk “maju jalan” = mlaku neng arep….gyok!

    hahahaha…b’canda

    kalau pengalaman saya dulu pernah upacara gabung dengan beberapa perwakilan dari berbagai negara. upacaranya pake aba2 bahasa inggris, secara meskipun kita sudah belajar dan mempratekkan bahasa inggris tapi untuk aba2 jadi repot banyak yang nggak ngerti, awalnya jadi belepotan gerakannya, tapi lama2 jadi terbiasa.

    Cat: Jangan tanya waktu itu saya upacaranya di mana ya…!?
    .-= Abu Ghalib´s last blog ..Demi Sebuah Kejutan =-.

    ===================
    anna : lho, kok gak boleh nanya di mana?
    nanya ah… di mana?:mrgreen:

    Like

  2. Oooo alah kulo'ma ikutan upacara terakhir pas SMP,niku We sok sering datang telat tros di hukum, sing telat kaleh kulo we mboten tanggong-tanggong' namong sak KOL,,, he..he

    Like

  3. Wah mbak…Saya baru pertama denger nih yang beginian..Kreative bener :DJadi pengen nonton secara langsungPasti ngakak dah :DTetap lestarikan kebudayaan daerah yaSalam kenal

    Like

  4. Wah baru ngebayangin aja udah pengen ketawaHahahahaha =))Kalo saya mah udah belepotan tuh ;))Hmm maklum bukan wong joowoNice postSalam kenal🙂

    Like

  5. upacara it banyak mbak, bisa upacara potong rambut, upacara potong gigi, upacara potong kuku….dan weleh weleh… upacara bendera toh? lucunyaaa

    Like

  6. Bagus juga tuuh untuk melestarikan kebudayaan daerah..yang membuat aku tertarik adalah bahasa yang dipakai dalam upacara tersebut!! seperti dijaman mojopahit saja hehe =))

    Like

  7. sendiko tuh laksankan ya? ooo…manggut2 mode on.anna….apa kabar? pantesan sibuk upacara jadi gak sempet bw ya.

    Like

  8. Upacara pakai pakaian adat Jawa juga pernah ada di kotaku Solo. Saat itu sedang memperingati hari ulang tahun kota Solo. Semua peserta upacara juga memakai pakaian adat Jawa. Yang untung tukang rias sanggul, kebaya dan beskap usahanya sangat laku pada hari itu saja.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s