Diklat Keprotokolan

Minggu lalu, tepatnya 18-19 Juni 2009, saya diberi tugas oleh kantor untuk mengikuti pendidikan dan latihan di bidang Keprotokolan di Pemerintah Propinsi DIY. Karena saya memang bertugas di Bagian Protokol Setda Kota Yogyakarta, jadi diklat ini tentunya sangat bermanfaat bagi bidang kerja saya.

Di diklat tersebut kita diberi tambahan wawasan tentang tata cara dalam mengadakan berbagai acara yang dihadiri pejabat pemerintah maupun pejabat negara. Dari tingkat daerah sampai pusat. Dari pengaturan tempat duduk, sampai mengatur susunan acara seremonial.

Sedikit cerita ajah, kami Protokol kota Yogyakarta pernah sibuk luar biasa…yaitu saat peresmian Taman Pintar (Science Park) oleh Presiden RI, Bapak Dr. Susilo Bambang Yudhoyono. Karena ternyata untuk menghadirkan RI 1 ternyata tidak mudah, aturan keprotokolan yang sangat rumit. Dari segi keamanan, kenyamanan, dan segala sesuatunya. Selain itu juga kelangsungan acara dari awal sampai akhir harus detil persiapannya. Waktu itu saya diberi tugas menjadi pembawa acara.

Kembali ke topik…
Peserta diklat tersebut adalah staf protokol se-propinsi DIY, humas beberapa Perguruan Tinggi (UGM, UII), dan beberapa perusahaan swasta di Jogja.

Foto bersama setelah acara penutupan…saya yang baju hijau di tengah.
Mejeng ah….🙂

Selain dapet teman baru, tentunya bisa refreshing…keluar sebentar dari rutinitas sehari-hari yang kadang membosankan. Dan pastinya menambah wawasan dan ilmu.

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

16 thoughts on “Diklat Keprotokolan”

  1. kalau ndatangin Presiden, biaya yang harus ditanggung pemda juga tidak sedikit lho…kalau diklat gini saya dulu bercita-cita ikut tai nggak kesampaian. Mestinya peserta dari parpol juga diikutkan lho… (usul)

    Like

  2. Betul juga apa yang Jeng Ana katakan bila kita berhubungan dengan orang penting persiapan harus matang,teliti dan tepat waktu.Saya sendiri yang dinas di media televisi juga merasakan bagaimana tidak empot-empotan bila melayani orang penting. Dari perencanaan hingga pelaksanaan membutuhkan tim work yang kompak.

    Like

  3. enak banget jadi mbak Anna, tugas keluar kota mlulu,, jadi ga bosan dikantor aja ya kayak aku ini… selanjutnya tugas kemana mbak?😉

    Like

  4. wah keren neh mba😀,,, tadinya mau nebak bahwa mba anna pake kerudung ijo, eh udah ada keterangannya heuheuheuheu …

    Like

  5. Wiih jadi pernah ketemu ayah tiriku donk hehe *halaah gayamu*!! mintak tanda tangannya enggak?? mau donk poto kopiannya wkwkwkwk

    Like

  6. Wow ..rupanya sobat yang satu ini protokoler to..selamat deh dengan diklatnya mudah2an banyak hal-hal yang bermanfaat diperoleh darinya..

    Like

  7. mbak anna….syukur punya sahabat bagian protokoler…insyaallah mbak saya akan maju sebagai capres 2050…doakan ya…hehee…sukses selalu buat mbak anna…

    Like

  8. Saya sudah menduga, yang baju ijo itu mbak Ana pasti… karena yang baju ijo paling cantik dan kesenangannya warna ijo….. btw,…… pake kolor ijo nggak..kuuuaaabbbbuuuuurrr.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s