Menangislah..

Banyak yang bilang “laki-laki nggak boleh nangis”. Kalo saya mengartikan kalimat itu, berarti menangis itu identik dengan perempuan yah? hm, padahal menangis itu kan bukan simbol dari kelemahan, bisa saja menangis karena bahagia, terharu, tidak melulu berkaitan dengan kesedihan.

Menangis ternyata juga punya efek positif* lho, seperti yang diungkapkan oleh psikolog dari Universitas South Florida dan Universitas Tilburg Belanda yang berhasil menganalisis beberapa sukarelawan yang memiliki sekitar 3.000 peristiwa yang patut ditangisi. Hasilnya, lebih dari separuh responden mengaku merasakan perbedaan suasana hati setelah menangis, apalagi ketika mendapatkan dukungan dari orang sekitar.

Menangis juga baik, ketika sesorang menahan tangisnya agar tidak keluar, secara tidak langsung suasana hati menjadi stress dan mengakibatkan meningkatnya detak jantung, serta keringat akan keluar di sekujur tubuh. Tapi hal yang berbeda terjadi ketika menangis, mau tidak mau tubuh akan memberikan respon yang sangat baik, yaitu nafas menjadi kendur dan tubuh menjadi rileks.

Jadi, suatu saat kalo kita harus menangis, menangislah.. setidaknya bisa sedikit meringankan beban di hati, menangislah.. meminta kepada Tuhan untuk memberi kekuatan..

Menangislah, seperti lagunya Dewa 19, Air Mata :

menangislah bila harus menangis
karena kita semua manusia

manusia bisa terluka manusia pasti menangis
dan manusia pun bisa mengambil hikmah

dibalik segala duka tersimpan hikmah
yg bisa kita petik pelajaran
dibalik segala suka tersimpan hikmah
yg kan mungkin bisa jadi cobaan

*Sumber : Majalah ‘Rumah Lentera’ edisi 401, 4 Desember 2009

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

24 thoughts on “Menangislah..”

  1. Menangis adalah sarana mengekspresikan diri tentang persoalan yang barangkali sedang menghimpit kita. Menangislah mumpung belum dilarang oleh pihak berwajib. Dengan menangis barangkali sebagian persoalan hidup yang tengah kalut bisa diatasi sementara waktu. Tapi kalau tidak bisa ya kembali tersenyum saja. Senyum adalah ibadah yang menandakan pemiliknya orang yang mudah bergaul.

    Like

  2. menangis itu penting!!!kadang kalo ada masalah, setelah menangis, setidaknya agak plong. meskipun tak mampu menyelesaikan masalah… tapi, sedikit lebih ringan bebannya

    Like

  3. Iya menangis saja ketika diperlukan…tapi jangan diterus-terusin bisa rugi waktu dan tenaga, karena masih banyak cara lain untuk mengalihkan perhatian dan kesedihan kita. Kalau saya sering memilih olah-raga untuk meringankan segala beban di hati dan kepala he he h …

    Like

  4. bener mbak..senjata paling ampuh untuk mengurangi kesedihan yg menyesak di dada emang nangis…aku jg orangnya agak cengeng (hihi, ngaku…), rasanya kalo abis nangis itu jd plong dech..apalagi kalo nangisnya nangis bombayy…waks!sehat mbak cantik?

    Like

  5. salam sobatwah kalau menangis,,saya mudah mba, karena peka perasaan saya alias cengeng.apalagi kalau sudah mengingat yg sedih2.salam kenal mba ANNA.

    Like

  6. =(( :(( 8-}:))habis patah hati (karena impian tidak tercapai/dimarahin/apa gitu–ga mesti putus cinta kan hehe), nangis bikin lega. Trus kita bisa gila2an ma temen2 & ketawa2 lagi ^^

    Like

  7. Saya gampang tersentuh hal2 keciltapi yaa kadang susah menangisPernah acara renungan malam orang hampir semua menangis, saya malah tidurKata orang lebih sehat lagi air mata waktu shalat malam, tapi susah yaa..

    Like

  8. Menagis..?Sungguh sebuah kata yg singkat tapi mendalam..merasuk kedalam jiwa..meresap hingga ke lubuk hati yg paling dalam… tak terkira hatiku menderu…bergetar…menggema memecah syahdu asaku..perlahan ..kehangatan mengalir dipipiku.. tak kuduga..air mataku t'lah mengalir..jiwaku luluh..hatiku rapuh..Laa Tahzan yaa akhwat..Salam Hangat..Regards by. Blogger Jakarta

    Like

  9. Ternyata Anna juga nge-blog😀 Pas lagi blogwalking ke tempatnya Om NH kok lihat fotomu, dan walla, benar Anna ternyata ;)Kok ngomongin soal nangis, sih? Ada yg bilang hidup itu lebih baik disikapi seperti air mengalir, kalo lagi sedih silakan nangis. Kalo lagi marah, silakan banting-banting barang (loh?). Aku sendiri bukan orang yg gampang nangis, jd rasanya prinsip air mengalir itu kurang bisa dipraktekkan padaku😐

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s