Hidup Sehat Yuk…

Dua hari yang lalu , saya dapet kabar yang cukup mengagetkan.. berita duka tepatnya. Seorang temen sekelas waktu SMP, namanya Singgih, meninggal dunia setelah terserang stroke, dan sempat koma beberapa hari di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Sardjito Jogja. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga dilapangkan jalannya oleh Allah SWT dan diterima semua amal ibadahnya… amiin.

Fiuh… nggak mengira, usia semuda itu (29 tahun), seumuran dengan saya, kena stroke. Nggak cuma mereka yang berusia lanjut saja.. ternyata stroke bisa datang juga ke kita-kita yang masih muda..😦

Walaupun, hidup mati seseorang itu sudah suratan takdir, rasanya peristiwa ini semakin ‘nyentil’ saya untuk bergaya hidup sehat. Kebetulan resolusi saya tahun ini adalah healthy lifestyle, yang pernah saya tulis di sini.

Sebenarnya, gaya hidup sehat pun, adalah suatu sunnah yang baik sekali untuk dilakuin. Pernah denger pastinya tentang ‘berhenti makan sebelum kenyang’ atau ‘kunyahlah makanan sebanyak 32 kali’.. dan memang kedua hal yang saya sebut barusan itu bisa dijelaskan secara ilmiah. Pernah juga saya tulis di sini.

Memang, temen saya itu, punya darah tinggi dan kegemukan. Dan 3 hari terakhir sebelum koma dia sibuk banget dengan kerjaannya. Sampe lembur-lembur terus… duh, kasian, pasti kecapekan juga😦

Hm, saya rasa sangat penting menjaga berat badan, pola makan, dan pola kerja. Nggak jarang buat yang kita-kita yang usia produktif ini, terlalu ‘ngoyo’ kerja, sampe lupa makan makanan sehat.. asal kenyang aja, asal ngisi perut aja… udah kecapekan, males olahraga..

Saya sendiri, sudah setahun terakhir ini lebih sering masak sendiri, nggak ada tambahan penyedap rasa, bebas MSG. Banyak makan sayur dan buah.. Kalo olahraga, kebetulan emang seneng berenang dan sepedaan dari dulu.. hehe, namanya juga usaha biar lebih sehat.

Makanya, bener tuh kalo kesehatan adalah harta  paling berharga, harus dijaga dengan baik. Sebelum terlambat… yuk, kita hidup sehat…🙂

*gambar pinjem dari sini.

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

58 thoughts on “Hidup Sehat Yuk…”

  1. yuph,, pola hidup sehat itu penting bgt, mba..

    tp,,, entah bener atau tidak ya, menurut acara Bengkel Hati yg sering saya tonton *ga da maksud promosi, wong saya ga dibayar sama TPI😀 * org yg terkena strike umumnya krn dy byk menahan rasa jengkel tp tak tersampaikan. ditahan, gak diungkapkan. walo lum tentu juga semuanya demikian.

    tp yg namanya penyakit, itu semua mungkin dah jd kehendak Alloh.. turut berduka cita atas meninggal salah satu temennya ya, mba…
    .-= deeedeee´s last blog ..Sekelumit cerita tentang Tugas Akhir, Skripsi, dan Tesis =-.

    Like

  2. Assalaamu’alaikum Mbak…

    Mu’min yang kuat lebih baik dan lebih disukai ALLAH daripada mu’min yang lemah, demikian juga mu’min yang sehat.. dengan kesehatan yg optimal, tentunya ibadah juga insya ALLAH dapt dikerjakan dengan optimal.. bukan begitu Mbak?

    Berkaitan dengan kesehatan, wudhu dan sholat juga merupakan jalan kita untuk meraih kesehatan, baik jasmani maupun rohani..🙂

    http://dheryudi.wordpress.com/2009/08/21/manfaat-sholat-bagi-kesehatan/

    http://dheryudi.wordpress.com/2008/12/28/rahasia-rahasia-wudhu-dari-segi-kesehatan/

    *inna lillahi wa inna ilaihi rooji’uun.. turut berduka cita Mbak, semoga almarhum mendapat tempat yg terbaik di sana.. amiin*
    .-= Laki-laki Biasa´s last blog ..Langkah Yang Penuh Pahala =-.

    Like

  3. Hidup sehat mestinya adalah budaya masyarakat bukan sekadar per orang. Misalnya kita sudah menjalani pola hidup sehat tapi banyak orang merokok di sekitar kita sehingga kita menjadi perokok pasif. Atau kita sudah menjaga kebersihan lalu ada yang buang sampah sembarangan akibatnya lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat lagi.
    Pola hidup sehat harus dibudayakan dan artikel ini bisa menjadi awalan.

    Like

  4. Kita baru mengerti betapa berharganya kesehatan setelah kita jatuh sakit.
    Pelerjaan yang statis di tempat juga punya andil dalam hal ini. Jaman sekarang orang betah berlama2 kerja dengan duduk di depan komputer sampai lupa bahwa badan juga perlu bergerak secara dinamis.

    Mari kita budayakan hidup sehat dengan berolahraga teratur dan pola makan yang baik.
    .-= HALAMAN PUTIH´s last blog ..Bahan Makanan Berkhasiat Di Sekitar Kita =-.

    Like

  5. Waw, ngeri tuh, masih muda banget sudah meninggal, karena stroke lagi. Untunglah saya sudah mulai sadar untuk hidup sehat. Olahraga tiap hari meski cuma gerakan-gerakan ringan, makan teratur dengan menu yang super selektif, plus jangan sampe kekenyangan banget. Soalnya ini juga usaha buat nurunin berat badan sih. Alhamdulillah, 2 minggu sudah turun 3 kiloan.😀
    .-= Bung Eko´s last blog ..Pemberi Komentar Terbanyak Februari 2010 =-.

    Like

  6. turut berduka, mbakyu…

    btw, soal hidup sehat ini saya masih belum bisa bener ngelakuinnya. gaya hidup anak kost yang enggak sehat masih saya praktikkan hingga kini, sibuk kerjaan, makan juga jadi enggak teratur.

    btw, postingan ini saya anggap sebagai pengingat buat saya pribadi🙂
    .-= Kurotsuchi´s last blog ..Chapter 18 : BLOGGER-OFF! =-.

    Like

  7. oo…berarti kenal sama inez juga ya…
    oiya, dulu juga ada teman kantor yg meninggal karena stroke, umurnya waktu itu juga sekitar 28 – 29….gara2nya siangnya dia makan gule kambing, eh malemnya pusing dan gak sadar diri, trus dibawa ke rumah sakit….paginya dia meninggal…

    hidup sehat itu penting banget…

    Like

  8. innalilahi wa innalilahirojiun. smoga temannya di terima disisinya yah mbak.
    n’ ayo kita mulai hidup sehat agar terhindar dari penyakit khususnya penyakit struk. karena penyakit struk sangat mengerikan.
    .-= U-marr´s last blog ..Kreatif dan Unik =-.

    Like

  9. pantes mba anna itu cantik, rupanya sering berenang dan naik sepeda. hobinya kok bisa sama persis dengan saya? naik sepeda dan renang, setidaknya cuma olahraga itulah yang rutin saya lakukan. rutin maksud saya rutin sekali setahun hehehehe…
    .-= Abu Ghalib´s last blog ..Buku Ini Aku Pinjam =-.

    Like

  10. innalillaahi wa inna ilaihi rooji’uun..
    jika ajal sudah tiba, maka takkan bisa diundur lagi…

    hidup sehat dengan usaha jangan lupa do’a..
    Semoga ALLAH memberi kita kesehatan..
    tawakkal… Ibadah dalam Islam juga merupakan gaya hidup sehat..
    .-= Dan (Tlsn Khdpn)´s last blog ..Hanya Allah Yang Berhak =-.

    Like

  11. mbak Anna, kemaren saya dapet berita duka, saya kehilangan 3 sahabat saya yang sama-sama berjuang di jalan dakwah…bener-bener kehilangan, kalo saya meninggal di usia 29, berarti sekitar 2 tahunan lagi, gak tahu kalo lebih cepet dari itu…

    Iya memang sekarang banyak tantangannya untuk hidup sehat, orang maunya instant, gak berpikir akibat belakangnya. Perasaan orang-orang jaman dulu jarang yang kena stroke yah, karena mereka penganut serba alami dan kerja keras, gak malas.

    Iya nih mbak, semoga kita makin peduli ya sama kesehatan, kadang saya juga lupa makan dan istirahat kalo ngejar target kerjaan…

    makasih

    =================
    anna : oyen sayang…
    setuju banget, kalo jaman dulu itu, orang memang lebih serba alami…
    gak kayak sekarang yang byk instant nya..

    tapi juga tergantung kita masing kok Yen..
    artinya, banyak juga kemudahan yang kita dapat di jaman modern ini,
    tinggal gimana kita memilah dan memilih mana yang baik dan kurang baik untuk kesehatan kita..

    Like

      1. berarti oyen sekarang umur 27 hahaha….

        oyen udah tuwir juga ya buat ukuran cewek,hihihi

        kalau saya bukan tua,tapi matang alias dewasa hohoho (membela diri sebelum dicela;p )
        .-= didot´s last blog ..Dosa =-.

        Like

  12. Kesehatan memang modal utama. Dengan sehat, kita bisa melakukan apapun, termasuk melakukan perwujudan impian kita…🙂

    Soal temenmu itu, An… Aku ikut berduka cita, ya..
    Jadi inget temenku yang meninggal karena kanker di usianya yang 19 tahun…

    ===================
    anna : iya La… modal utama banget!!
    soal temenku, makasih.. semoga dia udah tenang di sana🙂

    Like

  13. Berkunjung balik mbak!!!

    makasih sdh berkenan mampir di blog saya, salam kenal ya!!

    Ngomong2 soal stroke, jadi ingat pengalaman 3 tahun lalu ketika paman saya tercinta harus meninggalkan kami untuk selamanya, padahal sebelumnya tidak pernah sakit macem2 dan kondisi badannya standar, eh….tiba2 terserang stroke. Ngeri banget klo dah kayak gitu.
    .-= Andrik Sugianto´s last blog ..Ternak Blog Dan Ternak Kambing =-.

    Like

  14. Setujuuuu …
    dan satu lagi …

    Berfikiran Positif !!!
    Agar fikiran juga tenang dan riang selalu …

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..INDONESIA MATTERS =-.

    ================
    anna :
    Iya Om, betul banget… berpikiran positif juga berpengaruh pada kesehatan🙂

    Like

  15. Dua Nikmat yang sering kita lupa, Nikmat Sehat dan Nikmat Waktu…Jadi ketika kita sehat, banyak2 bersyukur dan menjaganya…ketika kita punya waktu luang…perbanyak amal ibadah kita…🙂
    .-= atmakusumah´s last blog ..Menjadi Pengeras Suara =-.

    ==================
    anna : iya mas Atma… kadang kita kelupaan… pas sakit aja, kita jadi keingat sehat itu berharga… ketika pas kurang waktu.. bru nyesel alias ‘gelo’ kalo bahasa jawanya…😦

    Like

  16. salam kenal..

    sememangnya stroke adalah suatu makhluk yang begitu merbahaya..
    baguslah kita dapat sama2 menyedarkan masyarakat tentang stroke..
    untuk tambahan info tentang stroke lawatilah laman web mnasiralqaswa.com.

    sekian.wassallam.

    ========================
    anna : salam kenal juga🙂
    iya, stroke ternyata gak cuma kena mereka yang berusia lanjut, usia produktif pun bisa kena…
    makanya harus mulai jaga kesehatan mulai sekarang🙂

    Like

  17. hidup sehat adalah perlu, hanya yang jadi masalah adalah konsistensi kita menjalankan komitmen
    .-= gema´s last blog ..Ebook gratis =-.

    ===============
    anna : susahnya adalah menjaga komitmen.. tapi tentunya nggak ada ruginya kan? karena menjaga kesehatan adalah investasi masa depan…

    Like

    1. soale watake perempuan iku peduli, care, berperasaan, gak tegaan, nurut apa kata dokter, gak ngeyelan, opomaneh karo embah-embah

      ayo mbah erobik sama mbah putri ben gak gampang loyo

      ========================
      anna : hehehe… iya kali ya, perempuan lebih peduli dan gak ngeyelan… tapi perasaan kamu ngeyelan deh yen…. :p

      Like

      1. kata SAPAAAA…..!!! gak valid, kabar beruang tuh, tanya gih sama
        mamak Oyen, Oyen tuh penurut, baik hati dan tidak sombong, apalagi kalo ditraktir🙂

        Like

  18. pola hidup sehat saya ga teratur nih mba, makan ga tentu, minum kadang lupa.. yaaahhh beginilah nasib anak kos…😀
    tapi alhamdulillah belum pernah terserang penyakit yang parah…😀
    dan jangan sampe….
    .-= BiJe´s last blog ..Mendamba Cinta-Mu =-.

    ================
    anna : hm, jangan sampe lupa minum…. entar bisa kena infeksi kandung kemih lhoooo..
    minum jangan sampe kurang

    Like

  19. hmmm…
    betol betol betol…
    tapi masalahnya klu udah laper gak sempat ngunyah sampai segitu…
    xixixi…
    N klu minum, sampai² gak bernafas karena kehausan…
    padahal yang di sunnahkan kan setelah satu tegukan terus ambil nafas.
    klu gak salah tapi…
    he he…😀
    .-= fai_cong´s last blog ..Macam Dosa =-.

    ==========================
    anna : saya sih juga gak pernah bisa ngunyah 32 kali… udah keburu ketelan, tapi yang jelas… untuk berhenti makan sebelum kenyang..insya Allah bisa deh

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s