Lagu Kebangsaan

Udah seminggu-an ini, disuguhi tontonan pertandingan bola Piala Dunia. Banyak gol indah tercipta🙂

Ternyata momen-momen gol itu.. bukanlah yang paling mengena di hati saya.

Momen yang berhasil menelusup di hati adalah sesaat pertandingan dimulai.. tepatnya ketika lagu kebangsaan dari dua timnas diperdengarkan atau dikumandangkan😉

Walopun bukan lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya.. saya bisa merasakan kebanggaan para pemain bola itu.

Dengan meletakkan tangan kanan di dada kiri.. dengan semangat menyanyikan lagu kebangsaan mereka.

Wah, pasti rasanya bangga banget.  Apalagi Piala Dunia adalah event besar berskala internasional.

Dan memang, yang sanggup membuat lagu kebangsaan diputar di forum internasional, hanyalah orang-orang istimewa. Yaitu Presiden / Kepala Negara / Kepala Pemerintahan dan tentu saja para atlet.

Masih saya inget juga, haru biru-nya suasana saat Susy Susanti meraih medali emas di Olympiade.

Ketika Indonesia Raya diperdengarkan, sepertinya nggak cuma si atlet sendiri yang merasa bangga dan bahagia.. tapi semua orang Indonesia yang menyaksikan momen itu.

Hm, kapan ya timnas Indonesia bisa mengumandangkan Indonesia Raya di Piala Dunia?😐 ah.. semoga suatu saat bisa 8)

Dan pertanyaannya adalah.. kapan terakhir kamu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya?🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

36 thoughts on “Lagu Kebangsaan”

  1. iya bener emang bangga ya kalo bisa mengumandangkan lagu indonesia raya di ajang internasional gitu…

    kapan ya gua nyanyi indonesia raya… gak inget.. hehe

    Like

  2. na,saya senang jika indonesia maju,tapi saya takkan bangga kepada prestasi bangsa kita,sebagaimana saya juga takkan malu atas keburukan bangsa kita saat ini.

    semua itu adalah atas pertolongan dan takdir Allah,jadi semua itu sudah diatur,kita tinggal berusaha aja kok.

    bahayanya bangga sebagai golongan2 ini adalah ,itu semua bisa menjerumuskan kepada ujub dan sombong. sedangkan kita ini semua hanyalah menjalani takdir kita saja. baiknya kita pikirkan bagaimana semua bisa maju ,tanpa perlu berbangga2 dengan golongannya masing2.

    maaf ya na kalau pendapatku agak beda,aku merasa harus selalu berada di posisi nol alias zero

    btw mungkin saya bisa sedikit lebih lega,saat indonesia bisa menjadi mercu suar islam bagi dunia internasional,dengan menjadi panutan sebagai bangsa muslim terbesar dan selalu membela saudaranya sesama muslim,melindungi dan juga mengayomi,insya Allah🙂

    Like

    1. nggak papa dot beda pendapat..
      pendapat ini sebagai cara pandang dari sudut lain.

      tapi mungkin dot..
      kebanggaan yang aku tulis di sini, sifatnya ke nasionalisme.
      bisa dibilang bersifat makro. bukan sempit individual.
      demi kemajuan negara ini..

      soal ujub dan riya,
      kembali pada individu masing2🙂 jangan sampe

      Like

  3. menurut jadwal penyelenggara piala dunia..indonesia terjadwal sebagai tuan rumah piala dunia ditahun 2022..semoga beneran dan semoga lolos dikualifikasi dan masuk dalam daftar piala dunia…
    wah…betapa sangat bangga indonesiaku..
    sejenak terfikirkan ketika korea bantai mantan juara euro “yunani” 2-0 dan korea utar tahan imbang brazil 1-1…indonesia kapan ya…????

    salam adem ayem

    Like

    1. 2022?
      nggak, itu udah jelas ditolak..
      karena pemerintah nggak menjamin rekomendasi PSSI mengajukan Indonesia kepada FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia.

      Like

  4. Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….

    Like

  5. Setuju Mbak Anna …
    Lagu Kebangsaan itu sanggup membuat dada kita bergemuruh …
    membuat hati kita penuh dengan semangat merah putih …

    Kapan Terakhir kali menyanyikan lagu ini ?
    tahun lalu 17 Agustus 2009 …
    entah mengapa … jika lagu ini diperdengarkan saya selalu ikut bernyanyi …

    Tanpa bermaksud untuk Subjective …
    Lagu Indonesia Raya itu (menurut saya) adalah salah satu dari Lagu Kebangsaan di Dunia dengan Struktur dan harmonisasi Lagu – Syair dan Melodi yang terbaik …

    salam saya

    Like

    1. yup.. tentu kebanggaan menjadi bangsa Indonesia ya Om..

      walopun saya juga sering menyanyikannya, terutama di acara di kantor, tidak mengurangi kehikmatannya🙂

      Like

  6. Ngomong2 tentang lagu Indonesia Raya, mungkin saya termasuk salah satu orang yang paling sering mendengar.
    Sejak sekolah SD sampai sekarang, tiap Senin masih mendengarnya terus di Upacara Rutin. Tiap Senin masih ikut upacara dan selalunya ada lagu itu…

    Tapi untuk menyanyikannya seorang diri kok jadi ragu, kira2 saya hafal nggak ya…

    Like

    1. dicoba aja pak Mars.. dicoba .. apal nggak?
      ato nggak coba nanya ama calon mantunya.. dia guru toh?
      kalo guru kan sering ikutan upacara di sekolah..😎

      Like

  7. Bangsa Indonesia belum bisa ikut sepakbola dunia nduk. Beberapa sebabnya antara lain :

    1. Pagelaran Pilkada ada dimana-mana.
    2. Banyak yang sibuk demo, mbakar ban, ngrusak bangunan, tawuran antar kampung, tawuran antar siswa/mahasiswa. Ini sangat menguras tenaga.
    3. Diskusi sambil teriak-teriak juga sedang rame-ramenya.
    4. Asyik melihat video porno
    5. Lebih senang jadi supporter karena bisa melempar apa saja ke lapangan atau berkelahi dengan sesama supporter. Ini lebih seru daripada main sepakbola dunia yang baru 15 menit sudah kebobolan goal.

    Jadi urusan sepakbola sementara pending dulu sampai generasi yang bangga akan tanah airnya muncul.

    Donga-dinonga saja nduk.

    Like

    1. hehe.. iya sih pakdhe..
      dengan berbagai hal yang pakdhe sebut di atas kok jadi pesimis dalam waktu dekat ini..😦

      masih banyak urusan dalam negeri yang harus diselesaikan…

      Like

  8. mmm,,,kapan ya???
    pas ada acara kantor beberapa bulan yg lalu…
    trus pas dapet jatah ikutan upacara…(orang kantor gak ada yg mau,,,anak baru yg jadi korban..)
    hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s