Sup Krim Brokoli

Selama libur Lebaran sampe sekarang, udah berapa acara Syawalan yang sobat blogger hadiri? Dari kumpul bareng keluarga, reuni temen sekolah, temen kuliah, sampe Syawalan di lingkungan tempat kerja.

Berarti.. makan enak terus dong yah? Kalo nggak opor ayam, sambel goreng.. yang jelas banyak lemaknya. Plus lagi, suguhan di rumah juga masih ada.. dari kue-kue kering sampe semua-mua yang serba manis.

Nah, sepertinya, menu-menu ‘enak’ itu harus mulai di-stop deh.. kita ganti dengan yang enak tapi sehat.

Dan.. kali ini saya mau kasih resep sederhana, menu sehat dan enak. Saya beri judul Sup Krim Brokoli, kalo biar keren bisa juga disebut Broccoli Cream Soup.

yummy kan..

Bahan :

  • Brokoli (1 tangkai)
  • Wortel
  • Jagung manis
  • Buncis
  • Kacang Polong

Bumbu :

  • Bawang putih (3 siung, cincang halus)
  • Garam
  • Merica
  • Gula
  • Tepung Maizena (1 sendok makan, dilarutkan dgn sedikit air)

Cara memasak :

  1. Rebus brokoli sebentar saja, sampe berwarna hijau segar.. tiriskan.
  2. Rebus sayuran (wortel, jagung, buncis, kacang polong). Tiriskan.
  3. Tumis bawang putih hingga wangi, kemudian masukkan 2 gelas air, didihkan.
  4. Setelah mendidih, masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan, sambil aduk, sampe mengental.
  5. Masukkan merica, garam, gula sesuai selera.
  6. Masukkan brokoli, didihkan sebentar, angkat.
  7. Sajikan saat hangat, taburi dengan sayuran yang telah direbus.

Resep ini dijamin mudah, karena justru suami saya yang pertama kali nyobain masak ini dan hasilnya enak. Sekarang hanya sedikit penyempurnaan saja.

Selamat mencoba yaa๐Ÿ™‚

PS. Kalo si Om rumahnya deket.. sebagai hadiah ulang tahun saya kirimin sup ini..๐Ÿ™‚ Happy Birthday Om..

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

28 thoughts on “Sup Krim Brokoli”

  1. Kalau aku Syawalan kemarin mendapat menu yang betul2 menguras keringat, namanya young jackfruit extra hot sayur tewel (nangka muda) pedas. Dijamin yang makan pasti kebakar bibirnya๐Ÿ˜†
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    hehehe..
    jadi tau deh bahasa Inggrisnya sayur tewel…wkwkwkw
    saking pedesnya ya…
    salam hangat juga dari Jogja mas๐Ÿ™‚

    Like

  2. Entah mengapa saya paling idola dengan brokoli, meskipun susah mencari, saya tetap bersemangat mencarinya…salam kenal mbak dari Jembrana, Bali


    salam kenal juga mas Budi..
    masa sih Brokoli susah nyarinya?
    di supermarket / pasar tradisional juga banyak kok๐Ÿ™‚

    Like

  3. wuaaa…pas banget , setelah muak melihat santan2 dan daging di hari raya, sup brokoli ini pasti rasanya maknyuss………apalagi kalau Mbak Anna yg bikin dgn bumbu cinta nya…๐Ÿ™‚

    seger……seger……….
    salam

    hehe, iya bunda…
    makan santan2 terus bikin eneg kan?
    makanya sup2 begini maknyuss deh…
    plus dengan bumbu cinta…๐Ÿ˜‰

    Like

  4. hi..hi.. kemarin pas kopdar saya kenalan sama mr. chef dari Kotagede yg masak Sup Krim Brokoli itu loh mbak


    hehe..
    iya .. kalo MAs Gus udah liat langsung seperti apa mr. chef-nya…๐Ÿ™‚

    Like

  5. Ini pasti lezat sangat mbak anna…
    dan lebih lezat lagi, karena ini dipersembahkan untuk hadiah ulangtahun sahabat tercinta…

    Om Nh, selamat ya..๐Ÿ™‚
    ssttt… bagi dong supnya, hahaha…

    iya.. cocok dengan cuaca yang akhir2 ini hujan kan Uda?
    dan kebetulan si Om lagi ulang tahun.. jadinya seklian ngucapin Selamat HUT kepada beliau.

    Like

  6. Wah, sepertinya nikmat sekali Mbak, apalagi ada jagung yang manus๐Ÿ™‚

    betul sekali, jagung manis ngasih sensasi rasa yang cukup unik dalam masakan ini *halah.. jawabnya kayak ahli masak aja..hehe*

    Like

  7. Wah, brokoli adalah sayuran kegemaran suami saya, juga jagung manis. Kayaknya resep Mbak Ana harus saya masukkan ke dalam daftar menu nih. Terimakasih ya …๐Ÿ™‚


    makasih bunda..
    apalagi cara masak yang guampang bin praktis ini.. perlu dicoba๐Ÿ™‚

    Like

  8. Hallo Mbak Anna….maaf lahir batin ya…!

    maaf lahir batin juga mbak Yus..

    Wah…mampir-mampir ada yang seger nih….itu masaknya bukan karena pembantu masih pulkam to…jadi masak yg praktis2? Tapi emang cocok tuh soalnya Jogja sekarang lagi sering hujan kan?

    hehe.. bisanya emang masak yang praktis mbak.. tapi bukan karena pembantu pulang.. wong gak ada pembantu.. hehe
    pastinya kalo di rumah emang masak yang gampang2 aja.. kalo mo makan yang ‘repot’ jajan aja…

    Like

  9. Kita harus mulai masak sederhana, banyak sayur dan buah….
    Lebaran kemarin terlalu banyak makan manis, keju dll.

    betul banget bunda..
    harus mulai makan masakan sehat..
    Lebaran kemaren makannya yang ‘enak’ melulu…

    Like

  10. Addduuhhh …
    Lagi-lagi saya mbrabak …
    mata saya berair … terharu …
    memang hanya kalimat kecil sederhana dibagian akhir …
    tetapi itu lebih dari cukup untuk membuat hati saya bahagia …

    Terima kasih ya Mbak Anna

    Salam saya

    ๐Ÿ™‚ iya Om..sama-sama *ngasih tisu*
    biarpun sederhana tapi kalo bikin hati orang bahagia, bisa dapet pahala kan?
    selamat ulang tahun yaaa

    Like

  11. penataannya profesional, fotografernya juga pasti keren..

    selamat pagi Annaaa..!
    semoga hari ini penuh berkah dari Allah SWT, amiin.

    hehe.. aih bundo bisa aja…
    Selamat pagi juga Bund…
    semoga hari bundo juga penuh keberkahan dari Allah๐Ÿ™‚

    Like

  12. saya paling suka sup-sup yg seger nduk.
    Dulu di India PRT saya yg asli India serig membuatkan sup cream tomat. enak lho. Lucunya, sup itu di letakkan dalam cangkir plus lepek..jadi kayak minuman teh atau kopi he he he.

    dirumah juga suka membuat sup asparagus …seger….

    salam hangat dari Surabaya

    wah unik tuh Pakdhe.. baik makanannya juga cara penyajiannya..
    sup tomat belum pernah nyobain..
    sup asparagus sering makan *kalo pas kondangan itu lho Dhe*
    tapi belum pernah nyoba masak..

    salam saya juga Dhe

    Like

  13. Mbak minta resep gimana caranya biar kalo masak rasanya enakkk..๐Ÿ˜ฆ

    pertama, jangan kelebihan jengkol๐Ÿ˜›
    kedua.. pake bumbu cinta *hasyah*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s