Pencemaran Nama Blogger

Penipuan berkedok minta pulsa ato minta dikirimin duit karena abis nabrak orang adalah suatu hal yang udah biasa.. siapa coba yang belum pernah dapet sms yang isinya “mama ganti nomer, cepet kirimin mama pulsa”. Pasti udah pada pernah kan?

Tapi percobaan penipuan yang kejadiannya sekitar pertengahan November ini cukup bikin kaget saya.. karena bawa-bawa nama salah satu blogger yang pernah Kopdar ama saya. Yaitu Richo alias Abu Ghalib. Gimana ceritanya?

Suatu hari, kira-kira jam 9 pagi, saya lagi di kantor tuh.. saya dapet telpon dari nomer yang gak saya kenal. Di ujung sana ada suara cowok yang suaranya seperti saya kenal.. logat dan gaya bicaranya khas. Yah.. dia ngaku bernama Richo. Dan temen saya yang bernama Richo ya cuman mas Abu Ghalib ituh. No one else..

Richo palsu itu sekadar say hello, nanya kabar, dan cuman mo ngabarin kalo ganti nomer.. dia bilang.. nomer yang lama dihapus ajah. Hm.. wajar banget kan.. nggak ada yang mencurigakan.

Sejurus kemudian.. saya simpan nomer tak dikenal itu dengan nama ‘Abu Ghalib / Richo’. Daaaan.. nomer yang ‘lama’ yang justru nomernya Richo yang asli.. segera saya hapus.

Sekitar beberapa jam kemudian… hape saya bunyi.. muncullah nama ‘Abu Ghalib / Richo’. Saya angkat dong yah..

“Halo… sori ganggu..”

“hey.. ada apa..”

“pulsa ku abis nih… bisa dikirimin pulsa?” saya mulai curiga.. gak mungkin Mas Abu minta pulsa begituh.

“pulsa?”

“eh… pulsa ku mo abis.. kamu telpon ke sini yaa..”

karena penasaran.. saya telpon lah orang itu…

“kenapa?”

“ehm… bisa minta tolong gak? aku barusan nyerempet orang.. trus ada polisi.. bla bla bla”

saya langsung yakin kalo itu percobaan penipuan… lansung saya jawab, “nggak nggak nggak.. penipuan nih…!! “ saya tutup telponnya.

Sebenernya yah.. pengen langsung konfirm ke Abu Ghalib / Richo yang asli.. apa daya nomernya udah terlanjur kehapus.. gara2 penipu tadi. Lewat blog… kebetulan mas Abu-nya lagi jarang update. Akhirnya cuman lewat twitter, itu pun.. gak kebales juga.. maklum, twitter-nya Abu Ghalib dibuka setahun sekali.. hehe.

Sebenernya nomernya Abu yang asli ini ada juga di email saya.. waktu dulu tukeran nomer hape sebelum kopdar. Tapi kok ya gak kepikiran yah?

Dan syukurlah.. beberapa hari yang lalu.. pas YM saya online, eh.. mas Abu-nya juga online. Saya cerita deh.. konfirmasi tentang kejadian itu. Dan orang itu emang penipu..

Yang saya heran… kok dia tau saya punya temen namanya Richo? apakah dia pembaca blog saya dan Abu Ghalib a.k.a Richo? Ato cuman random aja pilih nama? hm.. kok bisa pas gitu…

Trus dia tau nomer hape saya dari mana? Saya kira hape mas Abu ilang.. ternyata nggak tuh. Nomer hape saya pun gak pernah saya publish..

Ah, gak tau deh.. semoga kejadian ini bisa bikin kita makin hati2.. modus penipuan semakin macem2 ajah…๐Ÿ˜ฆ dan jangan sampe terulang lagi…

What do you think?

PS. tulisan ini sengaja baru saya tulis sekarang, setelah ada konfirmasi langsung dari Abu Ghalib

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

52 thoughts on “Pencemaran Nama Blogger”

  1. dulu saya pernah kena tipu juga. ngaku namanya agus, pasti kita punya teman namanya agus. untung cuma ketipu pulsa puluhan ribu rupiah. saat dia bilang hutang jutaan untuk mbetulin mobil saya baru sadar bahwa ini orang bukan agus teman saya. lho kok saya malah curhat hehehe

    Like

  2. well…saya juga ada tulisan di draf tentang penipuan nanti saya publish deh mbak…

    cuman penipuan yg begini bahaya juga ya, tapi bodohnya apa yg mereka minta cuman itu2 aja jadinya ketahuan bahwa itu penipuan. saya dulu peernah punya pengalaman buruk dengan telp yg tidak teregister di HP makanya kalo udah nomer aneh2 jarang aku angkat mbak๐Ÿ˜€

    Like

  3. Lain kali kalau ada yg mencatut nama saya lagi, langsung tanya aja, dia ketemu sama Mba Anna yang ketiga kalinya dimana? Kalo dia jawab di RM. DINAR berarti dia bohong, karena kita kan ketemu baru satu kali๐Ÿ™‚

    Tapi hati-hati, nanti kalo ada telepon lagi dari seseorang yang mengaku Abu Ghalib, jangan langsung dimatiin ya, siapa tahu itu beneran saya. Yang jelas kalo saya yang telepon paling minta ditraktir gudeg Jogja, gak mungkin minta dikirim pulsa palagi duit.

    Like

  4. wahh..jaman sekarang ini memang penipuan macem2 yah mbak..kita sendiri yang kudu waspada..memang orang bakalan semakin menghalalkan segala macam cara utk mendptkan apa yang mereka inginkan..

    Like

  5. kalau saya juga pakai paska bayar,jadi gak mungkin minta pulsa…

    tapi yg jelas pelakunya random aja,modusnya sama,cuma lebih disempurnakan lagi tekniknya sekarang na

    ada2 aja deh orang nipu sekarang ini,makin berani

    Like

  6. Trik penipu makin canggih, jadi kalau ada yang menilpon, atau yang meminta sesuatu lewat email, harus waspada….bisa saja emailnya lagi kena hack.Dan hapenya hilang, sehingga ditemukan penipu.
    Intinya, kecil kemungkinan, seorang blogger yang kenalnya hanya dari dunia maya, sampai berani pinjam uang karena suatu halangan. Logikanya, kalau mau pinjam uang (dalam kondisi kepepet), mesti pada saudara, teman dekat yang memang dikenal di dunia nyata…atau di beberapa perusahaan ada berbagai jenis pinjaman untuk keadaan darurat.

    Apalagi cuma untuk urusan pulsa…hehehe

    Saya pernah dapat telpon “lucu”, dia berlagak kenal saya, cerita panjang lebar…bla…bla..bla. Suaranya sok kenal sok dekat, karena kawatir menyinggung, saya tanya baik-baik, ” Mas siapakah, maaf saya sudah lupa, teman SMA atau mahasiswa?”..ehh jawabnya” Kamu sombong ya, sama teman sendiri lupa.” Langsung deh saya jawab…”Berarti anda bukan teman saya, karena teman saya sopan dan nggak kasar kalau ngomong.” Dan telpon ditutup…selesai.
    Suatu ketika saya penasaran juga, nomor telpon itu saya coba hubungi melalui hape lain..ehh nggak ada jawabanya. Pernah nyoba nggak, nomor telpon yang minta pulsa itu kalau dihubungi balik melalui nomor telpon kita yang lain, nggak pernah diangkat, artinya memang nomor itu hanya untuk menerima hasil tipuan pulsa.

    Like

  7. Makin serem aja ya mbak orang “cari duit” fiuhhh… kasian kalo yang korbannya orang yg idupnya susah… terutama orang-orang desa yang tidak mengecap pendidikan,jadi mudah ditipu..๐Ÿ˜ฆ

    Like

  8. Saya juga heran mengapa nomer hape kita banyak yang tahu ya. Tiap hari saya dapat sms ttg kredit Tanpa Agunan je. Walaupu ini mungkin benar tapi kan mengganggu karena kita harus delete2 terus.

    Salam hangat dari Bening yang berusaha menjaga beningnya hati.

    Like

  9. Peringatan bagi kita semua karena sekarang banyak orang yang mencari duit dengan cara yang tidak baik dan benar.kalau saya paling2 minta nama,alamat. Minta atau nyomot foto hanya kalau saya perlukan untuk tebak2an saja.

    Saalam hangat dari Surabaya

    Like

  10. alhamdulillah donk mba ana ngga terkecoh sama yang mengaku mas richo itu..
    tetep waspada,disekeliling kita banyak yang jahat mba..

    hmm…hallo mba pulsaku habis,mba anna jualan pulsa kan..??

    wakakaka…
    kalo jualan pulsa sih, kalo ada yang minta dikirim pulsa.. saya kirim… tapi bayar dulu.. hihi

    Like

  11. Halo, saya blogger. Bisa minta tolong gak? Ini sedang dalam keadaan genting, suntuk berat. Traktir saya dinner dong, sekalian melihat prambanan di malam hari๐Ÿ˜€

    hehehe…
    kalo itu boleh.. *lho?*

    Like

  12. waspadalah kejahatan ada disekitar anda, hebat juga dia tuh selain pencemaran mas richo, pencermaran polisi juga heee

    hehe..
    pencemaran nama baik bener tuh ..
    mengatasnamakan orang lain dan polisi

    Like

  13. Saya malah tidak tau nama asli Abu Ghalib lho mbak …
    karena seingat saya … Abu nggak nulis mengenai nama sebenarnya …

    So menurut analisa saya … ini pelakunya bukan blogger …

    Pelakunya “gambling” … dengan asal menyebut nama … (ini menurut saya lho mbak )

    Syukurlah Mbak Anna tidak sampai menjadi Korban …
    Terima kasih telah mengingatkan …

    Salam saya Mbak

    Hm, kalo nama itu sih pernah saya sebut di blog saya.. saat saya kopdar ama Abu Ghalib.
    tapi saya sendiri juga gak yakin.. gimana dia ngerti nomer saya, milih nama Richo.. yang terpenting.. usaha penipuan gagal๐Ÿ™‚

    Like

  14. modus penipuan semakin beragam
    di tempat saya waktu telp rumah masih baru hampir semua rumah pernah di telp dengan modus kecelakaan
    dan ad yang jadi korban sampai ketepu 11 jt

    kalau ada pencemaran nama baik blogger itu krn sudah ada deklarasi sudah memenuhi syarat sbg blogger

    ya ampun…
    11 jt? wah.. penipunya pinter banget tuh.. bisa bikin orang yakin dan percaya..
    semoga gak ada kejadian seperti itu deh..

    Like

  15. makasih udah sharing pengalamannya mbak anna. saya juga akan lebih hati2 lg, biar gk kena tipu….

    sama2 mbak aiysna..
    semoga terhindar dari usaha2 penipuan semacam ini.

    Like

  16. usaha orang untuk berbuat jahat selalu ada saja akal,dan terus mengintai kita.
    berusaha untuk waspada saja
    salam dari mbantul

    bener mas Tony,
    kita harus selalu waspada.. karena ternyata ide menipu itu semakin kreatif saja.. salam juga dari Mbantul Ngayogjakarto Hadiningrat..๐Ÿ™‚

    Like

  17. wah iya kok bisa kebetulan gitu ya…
    tapi emang sebaiknya kita selalu waspada. karena emang penipu2 itu entah gimana tapi bisa aja dapet info2 kayak begitu…

    hm,
    saya sendiri juga gak ngerti nih๐Ÿ˜ฆ
    kita emang harus lebih hati2

    Like

  18. Jeng Anna, kalau suatu saat ada yang nyatut nama saya untuk minta pulsa, langsung damprat aja. Soalnya saya pakai nomor paska bayar, jadi gak mungkinlah minta pulsa … hehehe …
    Tapi kalau minta kue, nah … silahkan konfirmasi ke saya. Mungkin bener saya lagi kelaparan …๐Ÿ˜€

    hahaha.. Bunda Tuti bisa aja.. hehe..
    kalo pasca bayar mana pake ngisi pulsa yah??hih
    kalo minta kue.. wah… langsung saya kirim kilat๐Ÿ™‚

    Like

  19. hmmm saya selalu mencatat dua nomor, semisal saya punya no HP mbak Anna, lalu ada nomor baru biasanya no lama saya tidak hapus dulu. Saya save yang baru dengan Anna New. Kalau sudah cukup lama baru saya hapus yang lama. No lama itu mungkin saja masih berguna, spt kasus-kasus begini.

    EM

    hm, bener juga mbak Imel..
    sayanya juga yang ceroboh langsung hapus nomer lama..
    baiklah mba Imel, besok2 nomer lama nggak bakal saya hapus dulu.. nice tips.

    Like

  20. weeee lha…..ndak sopan betul penipu itu! Udah mau nipu, pake malsu nama pula. Nipu kuadrat itu namanya…
    Syukurlah mb anna ndak kena tipunya…
    Macem2 aja sekarang tuh…

    iya T, double nipu tuh..
    alhamdulillah gak kena tipu. Harus waspada nih T.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s