Arisan

Arisan adalah kelompok orang yang mengumpul uang secara teratur pada tiap-tiap periode tertentu. Setelah uang terkumpul, salah satu dari anggota kelompok akan keluar sebagai pemenang. Penentuan pemenang biasanya dilakukan dengan jalan pengundian, namun ada juga kelompok arisan yang menentukan pemenang dengan perjanjian. -Wikipedia-

Tapi yang paling penting dalam arisan adalah.. asas kepercayaan. Harus rutin bayar iuran tiap periode yang ditentuin.

Nah, saya sendiri pun juga ikut beberapa arisan. Setelah dihitung ada 4 arisan yang saya ikutin๐Ÿ™‚ arisan apa aja coba.

1. Arisan komplek.

Arisan ini di lingkungan tempat tinggal dan diadain sebulan sekali. Arisan ini juga praktis, bisa diadain di masjid komplek, tinggal yang dapet giliran aja nyediain snack nya.. selain itu, arisan ini bisa dipake buat ngebahas acara2 di komplek. Misalnya 17-an, ramadhan, dll.

Menurut saya, arisan ini termasuk dalam kategori wajib.. karena manfaatnya banyak banget, terutama untuk silaturahmi antar tetangga. Karena kebanyakan ibu-ibunya pada kerja.. jadi gak setiap waktu bisa ngumpul.

Soal iuran-nya nggak seberapa.. cuman 10ribu, kan yang penting silaturahminya๐Ÿ™‚

2. Arisan kantor.

Namanya juga arisan kantor, ya diadain di kantor. Cuman ini sedikit beda, biar seru dan asyik.. sengaja kita adain setiap hari Jumat. Lumayan kan duitnya buat weekend-an.

Arisan ini sih tergolong kategori seru-seruan dan gak repot. Gak pake suguhan, sembarang ngumpul aja di salah satu ruangan. Iurannya 25ribu per-minggu. Bos saya juga ikut.. kalo pas dia yang dapet sih, seringnya dipake nraktir anak buahnya.. hehe.. lumayan, makan siang gratis.. hahaha…

3. Arisan keluarga

Nah, ini dia.. arisan yang butuh tenaga ekstra kalo kedapet jatah ngadain. Maklum pesertanya bisa 50 orang sendiri. Sebenernya ini arisan keluarga suami saya.. pertamanya agak males ikutan. Cuman ya itu tadi.. sebagai penyambung silaturahmi keluarga besar.

Arisan ini diadain setiap 35 hari sekali, ato selapanan dalam bahasa Jawa. Pake perhitungan hari Jawa.. saya sempat bingung juga ngitungnya.. tapi lama2 jadi ngerti. Maklum, konon katanya.. arisan ini udah jalan lama banget..๐Ÿ™‚

Buat saya dan beberapa sepupu.. sering mengkategorikan arisan ini ke dalam kategori repot. Hehe.. gimana nggak.. iurannya cuman 5000 setiap kali ketemu, antara pendapatan dan pengeluaran gak seimbang.. hehe.

Pernah juga saya kejatah ngadain, waaah.. rumah yang cuman seuprit ini penuh sesak dengan sodara.. tapi, biarpun repot tetep seneng.. bisa ketemu sodara segitu banyak.

4. Arisan Nabung

Yap, yang terakhir ini adalah arisan yang diadain sama ibu saya dan tetangga sekitar rumahnya. Sebulan sekali diadain. Tadinya mau gak ikut juga.. tapi karena ibu yang ngajakin, saya ikut aja..

Namanya juga arisan nabung, rada lumayan iurannya. Tapi, kalo sekali dapet juga lumayan.. hehe..

***

Tapi dari berbagai macam arisan yang saya ikutin, ada satu benang merah.. yaitu mempererat hubungan silaturahmi antara tetangga, teman, dan sodara.

Nah, gimana dengan narablog? pada ngikut arisan juga gak? ato yang bapak-bapak.. sering nganterin istri arisan juga kan? Eh, tapi tunggu dulu.. buat narablog yang tinggal di luar negeri.. di sana ada arisan gak ya?? hehe

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

26 thoughts on “Arisan”

  1. sejak men-double kan diri malah blom pernah ikut arisan.
    dulu waktu masih single dan tinggal di kompleks, engga pernah bisa ikut arisan RT karena sok sibuk.

    sekali2nya pernah ikut arisan, itu juga karena ibu yg ikut duluan dan ngeliat duitnya lumayan, jadi ikutan deh, tapi sekarang udah ga ikut arisan apapun lagi.

    mungkin ada yang mau memprakarsai ARISAN BLOGGER?๐Ÿ˜€

    Like

  2. istri sy juga ikut arisan di komplek kami. dan memang benar, arisan intinya adalah silaturrahmi.

    kalo ada arisan blogger, mungkin sy yg paling sering gak datang kali ya? tapi sebelum dapat undian dijamin sy pasti rajin datang :mrgreen:

    Like

  3. wah…meskipun arisan identik sama ibu2…saya ikut hanya berujuan untuk silahturahmi. Ada arisan padang (keluarga padang tapi akhirnya diganti dengan pengajian), arisan sunda (keluarga dari ibu…dgn tujuan mempertemukan keluarga yang berdomisili di Jakarta dan Bandung), arisan SMA…(biar ketemuan aja…hehehe)….

    Like

  4. mbak anna dirimu rajin sekali๐Ÿ™‚ karena sejak menikah, hy 6 bulan berada di Indonesia, belum pernah ngerasain ikut arisan๐Ÿ™‚ Gimana yah rasanya ikut arisan?

    Like

  5. banyak jenis arisan ya
    saya pernah ikut arisan, tapi sekarang malah gimana kalau ikut arisan. sennang dapatnya tapi malas bayarnya ya ๐Ÿ˜€

    hiyaaa… itu mah undian mas.. gak bayar tapi dapet..๐Ÿ˜†

    Like

  6. walaupun arisan ini termasuk ke dalam kategori repot menurut mbak… namun penggemarnya ttp menggila sepertinya tuh :p

    namanya juga arisan keluarga..
    pasti pesertanya buanyak..

    Like

  7. wahh, aku malah belom ikutan satupun arisan.. pengen sih..
    tapi kalo ikutan arisan komplek, anggotanya seumuran mertua semua, ๐Ÿ˜†

    wah, kalo di komplek ku masih2 muda2 Jul..
    jadi ya.. asyik ajah๐Ÿ™‚

    Like

  8. hihi…baru kemaren aja aku jelasin masalah arisan ke murid2 mbak..dan mereka excited banget! bahkan langsung dicoba per asrama mereka..hihi..ternyata unik jg yah arisan.

    Hmm…saya ma suami jg ada ikut arisan RT sebulan sekali..hadoh..ribetnyaa..mana belum gitu kenal lg ma ibu2 tetangga, yah usianya dah beda jauh gmn dong mbak, ga nyambung kl ngbrol..hehe

    btw kalo ngadain arisan blogger gmn?haha..idekonyol

    kebetulan kalo di komplek ku, hampir seumuran sih.. masih muda2 juga..
    jadi ya omongannya nyambung deh.. dan asyik buat kumpul2..

    Like

  9. Di SMP ku dulu sudah pernah jalan itu arisan mbak, tapi sekarang nggak lagi. Theme-me ganti meneh mbak?

    theme?
    hehe… lagi pengen nyari yang cocok.. ini sih cocok.. tapi pengen yang beda lagi, tapi blm nemu

    Like

  10. Selamat malam minggu …
    saya sampai saat ini masih aktif ikut arisan di sekolah … selain seperti menabung juga bisa mempererat hubungan silahturahmi kepada sahabat-sahabat di instansi.

    setuju,
    arisan jadi sarana silaturahmi antar sodara, teman, dan juga tetangga..

    Like

  11. Pas udah nikah ini, aku malah gak pernah ikutan arisan,, ๐Ÿ˜ณ

    tapi waktu kecil sih sering malah, cuma 100 perak, dan kalo dapet buat jajan bareng2, hehehe,,, percuma deh

    wah arisan 100 perak?
    hihi seru tuh.. namanya juga anak2๐Ÿ™‚

    Like

  12. aku juga ikut beberapa arisan Mbak Anna,
    ada arisan kompleks, arisan orang2 minang, arisan keluarga, arisan mantan2 awak kabin, arisan keluarga awak kabin,dan akhirnyaa…..arisan temen2 zaman dulu nongkrong bareng๐Ÿ™‚

    dan, biasanya agar gak merepotkan tuan rumah, kita ngadainnya di resto atau tmpat makan lain..

    salam

    bener tuh bunda..
    sekarang bannyak yang ngadain arisan di resto.. lebih praktis..
    selesai arisan.. pulang deh.. gak usah mikir soal beberes๐Ÿ™‚

    Like

  13. Dari sisi perencanaan keuangan, sebaiknya arisan nabung itu diundi di muka. Supaya ada kejelasan kapan akan mendapat arisan sehingga lebih mudah untuk perencanaanya. Dulu di kantor ada arisan STNK, untuk yang pendaftar awal bisa memilih bulan sesuai harus mbayar STNK

    ooo…
    jadi gitu ya..
    jadi tiap orang tau bakal dapet di bulan apa gitu ya mas?
    baru denger nih..

    Like

  14. Mba Anna…
    Aku juga ikut beberapa arisan tuh…
    Dan beberapa diantaranya Arisan selingkuh…hihihi…
    Maksudnya arisan yang dapetnya lumayan gede tapi abah gak tau…hihihi…

    Namanya juga ibu ibu…harus punya uang selingkuh buat persediaan ..hihihi…

    wkwkwkw…
    istilahnya itu lho.. arisan selingkuh..
    baiklah.. aku ikutan pake istilah itu juga deh…

    Like

  15. Sebenarnya aku ga terlalu suka arisan dari dulu dan pernah ikutan,karena malas ketemu orang banyak aja,ga tau ga suka aja.
    Tapi semenjak berumah tangga dan tinggal di komplek mau ga mau harus ikutan itu pun bolong2 datengnya,heheh..
    Dan biasanya kalo arisan pasti nombok tuh kalo kita kebagian tempat dan bikin konsumsi,bener ga..?
    Memang betul arisan,banyak manfaatnya,utamanya silaturahmi,tapi di komplekku lama kelamaan jenuh juga itu2 mulu topiknya dan biasa ibu2 gosip dan ibu2 riweuh,aduh males banget..
    Aku lebih suka ikut arisan cuma beberapa tetangga aja,di no pula,nominalnya gede,ga usah nyuguhin lagi.
    Dan biasanya Arisan memang identik dengan ibu2..

    begitulah pengalamanku tentang arisan..
    btw,pa kabarnya mba anna,met tahun baru ya,sori baru mampir..hhe

    halo juga Nchi..
    pakabar.. lama juga gak mampir ke blognya..

    hm, kebetulan kalo arisan komplek ku sih asyik.. insya Allah bebas gosip.๐Ÿ™‚
    alhamdulillah banyak ustadzah-nya.. jadi kita kebawa baik2 deh…
    udah gitu juga praktis .. gak perlu nyiapin tempat.. cukup di masjid.

    Like

  16. Denuzz gak ikut arisan ah…
    Entahlah, pokoknya dari dulu gak ikut-ikutan.๐Ÿ˜€

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    sekarang sih gak ikutan..
    ntar tunggu kalo dah punya istri.. bakalan nganterin arisan tuh… hehe

    Like

  17. dulu pernah bikin arisan ama temen2 main. maksudnya cuma biar kita regularly ketemuan, soalnya belakangan udah semakin susah ngumpul. tapi gak bertahan lama juga, akhirnya bubar. hahaha.

    Yaaah.. kalo bubar, gimana yang belum dapet tuh?
    padahal udah iuran… hihih

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s