Tiga Kepastian

Hari ini tentu kita semua lagi kaget denger berita salah satu artis sekaligus politisi di Indonesia, yaitu Adjie Massaid yang meninggal Sabtu dini hari ini.

Bener-bener nggak ngira.. saya aja yang nggak kenal, cuman tau karena dia public figure, ikutan shock .. gimana keluarga dan orang2 dekat nya ya? Masih muda, 43 tahun.. sehat.. *masih nggak percaya* Memang benar, bahwa umur adalah salah satu rahasia Allah yang tidak seorang pun bisa tau, tidak bisa dimajukan.. maupun dimundurkan barang sebentar saja.

Astaghfirullah..

Yah, kita yang masih diberikan kehidupan, patut bersyukur dan tidak boleh menyia-nyiakan waktu kita. Karena sesungguhnya kita pun juga menunggu waktu itu.. hidup di dunia ini sangat singkat kawan..

Mengingatkan saya pada sebuah kisah tentang 3 kepastian yang pernah disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad, yaitu :

1. Wahai Muhammad, hiduplah engkau seberapapun lamanya, namun engkau pasti akan mati.

2. Cintailah siapa saja yang engkau sukai, namun engkau pasti akan berpisah dengannya.

3. Beramal-lah semaumu, namun engkau pasti akan mendapat balasannya. Setiap perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan (berupa pahala di surga); begitu pula sebaliknya, setiap amal buruk pasti akan dibalas dengan keburukan (dosa).

diambil dari buku Nashaihul Ibad (Nasihat-nasihat untuk Para Hamba)

Fiuh.. *menarik nafas dalam-dalam*

Tentunya ketiga kepastian itu bener2 punya makna yang sangat dalam. Poin kedua bikin saya tersentak plus nyesek di dada juga.. ketika kita mencintai pasangan, orang tua, anak-anak.. itu sudah pasti. Namun suatu saat kita pasti akan berpisah dengan mereka. Namun.. berpisah dengan mereka adalah suatu kepastian yang tidak bisa ditolak.. bahwa segala sesuatu yang kita miliki.. sejatinya hanyalah titipan dari Allah.

Anyway.. Semoga saja, amal ibadah Adjie Massaid diterima oleh Allah, dimudahkan jalannya.. diampuni segala dosa. Untuk keluarga diberikan ketabahan dan keikhlasan. Amin.

Dan semoga, kita semua.. bisa mengambil hikmah dari segala kejadian di sekitar kita. Karena mereka yang senantiasa belajar adalah salah satu ciri manusia beriman. Amin ya robbal alamin.

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

21 thoughts on “Tiga Kepastian”

  1. Hidup memang akan berakhir dengan sendirinya bila waktunya telah tiba. Diri kita yang fana juga akan kembali ke asalnya, tanah… meninggalkan atribut keduniawian yang berhubungan dengan relasi sosial terhadap sesama.
    Demikian pula makhluk rohani seperti malaikat pun akan menemui ajal bila Tuhan telah menghendaki-NYA di saat kiamat nanti telah tiba.

    Like

  2. semoga amal ibadah mas adjie diterima disisiNya…amin..keluarga juga diberikan ketabahan dan kekuatan yah, memang berat banget untuk melepas kepergian seseorang yang disayangi untuk selama-lamanya

    Like

  3. iya hidup mati emang di tangan Tuhan…
    kaget juga denger berita tentang Adjie Massaid. tadi ngebaca twitternya angelina sondakh juga sedih banget… moga2 keluarganya bisa tabah dan kuat…

    Like

  4. ya mb, smua hnya titipan. smua harta, org2 tersayang bhkan nyawa yg mlekat di kita pun hanya titipan. tugas kita hanya mjaga & memanfaatkan sebaik2nya sesuai aturanNya utk kmudian mempertanggungjwbkan kmbali saat tlh diambil Dia pemiliknya.
    smg kita sll ingat ya mb

    Like

  5. aku lebih shock pada berita suami teman-teman dekatku beruntung meninggal tahun lalu. Karena aku tahu betapa mereka kehilangan. Sedangkan untuk public figur, begitu koran masuk tempat sampah ya terlupakan.

    Tiga hal yang perlu selalu kita ingat ya.

    EM

    Like

  6. Ah semua orang shock ya tidak menyangka sama sekali karena dia terlihat sangat sehat dan ganteng pula…
    Semoga amal ibadahnya diterima oleh Allah ya.. Amin.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s