[Bali] Garuda Wisnu Kencana

Cerita perjalanan saya ke Bali tgl 13-16 April 2011 lalu belum selesai..🙂 setelah sempat maen banana boat di Tanjung Benoa dan berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampaksiring, saya masih jalan ke  Garuda Wisnu Kencana. Sebuah monumen yang terletak di Tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali. Walopun waktunya udah mepet banget.. keburu pulang ke Jogja.. tapi tetep harus mampir ke sini.

Patung raksasa ini merupakan karya pematung Bali, I Nyoman Nuarta. Menurut tour guide, sebelum dibangun monumen GWK, lokasi ini sangat gersang, tandus dan secara ekonomi sama sekali nggak menguntungkan. Tapi, berkat ide dari I Nyoman Nuarta.. wilayah ini jadi salah satu tujuan wisata yang nggak pernah sepi.

Patung Dewa Wisnu, sebenernya potongan tangannya udah jadi.. gimana nggabungin ya?? secara raksasa begitu🙂

Rencananya, patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Garuda ini akan memiliki tinggi secara utuh 75 meter dan lebar 65 meter.. wuih gede banget. Dan kabarnya bakalan lebih gede dari patung Liberty di Amerika sana..🙂 hm.. kapan jadinya ya?

Kepala burung Garuda, tunggangan Dewa Wisnu.. gede banget yah patungnya.

Sementara ini, yang udah jadi baru potongan atas tubuh Dewa Wisnu, kepala burung Garuda, dan sepasang lengan dan tangan Dewa Wisnu. Sayangnya nih.. saya nggak sempat foto lengan dan tangannya. Gede banget, cuman liat dari kejauhan aja.

Ohya, selain patung yang gede banget itu.. lokasinya juga menarik. tebing-tebing dibentuk sedemikian rupa.. saya sendiri juga gak bisa ngebayangin gimana caranya ngebentuk tebing2 itu jadi sebegitu indahnya.. seberapa besar alatnya coba?

Tadinya, tempat ini adalah pegunungan kapur.. kemudian di-'potong2' sehingga menjadi jajaran tebing indah ini🙂

Selain pemandangan yang bagus, di tempat ini juga ada pertunjukkan Tari Kecak yang digelar tiap malem jam 8. Tapi sayangnya, kami buru-buru karena mau pulang ke Jogja😦 jadi nggak sempat nonton deh.. menyesaaaal… belum tau kapan bisa ke sana lagi.

Tapi rasa nyesel nggak bisa nonton Tari Kecak sedikit terobati, karena ketika kita masuk ke area ini.. ada pertunjukan tari Bali. Yaa.. masak ke Bali nggak nonton tari Bali.. hehe.

I love this picture very much🙂

Pastinya, pengen banget bisa ke sini lagi.. terutama nonton Tari Kecak-nya dan melihat hasil secara utuh Patung Garuda Wisnu Kencana.

PS. Foto terakhir adalah hasil karya temen saya Mas Hibnu Basuki. Walopun kita harus naik ke tebing segala, plus ‘singunen’ liat ke bawah, dan nyaris ditinggal rombongan.. karena kita lama di situ… hasil fotonya saya suka banget..🙂 makasih ya..

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

27 thoughts on “[Bali] Garuda Wisnu Kencana”

  1. Seumur-umur saya baru sekali ke Bali, itupun sewaktu SMP dulu bersama teman-teman. Tentu kondisinya sekarang jauh lebih bagus.. Pengen deh suatu saat liburan bareng keluarga ke sana dan berfoto kayak foto yang terkahir itu, hehehe..🙂

    Like

  2. Saya juga senang dengan photo terakhirnya, selain kepala yang sebelah kiri, yang sebelah kanan juga sangat menarik😆
    Btw, GWK sempat mandeg bertahun2 karena ada sedikit sengketa antara sang konseptor dengan pemilik lahan nya. Semoga cepat diselesaiakan permasalahan nya dan bisa menjadi sebuah patung yang utuh.

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Like

  3. wah…luar biasa mbak Anna, bisa liat maha karya secara langsung, gayya..hehe..😀

    suasanaya juga indah, hm…kapan ya bisa kesana:mrgreen:

    ok, semangat! do the best…😉

    Like

  4. Aku belum pernah ke GWK. Ah, padahal sudah kesana jauh2 tapi tidak singgah kesana.
    Tapi aku setuju, foto terakhir itu bagus…🙂

    Like

  5. idiiiiiih…
    dari jaman aku baru kawin sampe sekarang belum nyambung nyambung juga itu si GWK ya mba Anna…ckckck…
    Kalo dijadiin anak, udah segede Kayla ituh…

    anna :
    sombongggg… ya udah ke GWK bertahun2 yang lalu…
    hahahhaha

    Like

  6. Aku sering lihat tempat2 yang ada di foto ntu..
    di FTV2 SCTV heheh *ktauan penggemar FTV*

    Setuju banget foto yang terakhir..aku suka bangget..!!

    Like

  7. Wow..Indah banget GWK nya..
    kbayang yang bikinnya,raksasa gitu ya..
    Aku belom pernah ke Bali Mba..
    Ngumpulin dana dulu hahha..
    nunggu bulan madu ke 2 wakakak..

    Like

  8. Pemandangannya memang indah ya Anna…saya berharap GWK segera selesai…pasti indah sekali

    anna :
    iya Bunda Enny
    kalo jadi pasti gede dan indah banget🙂

    Like

  9. patung GWK ini jangan dipikirkan gimana ntar mau nyambungin kalo udah jadi, soalnya pada kenyataannya udah bertahun2 tetep aja ya begitu terus patungnya, gak dilanjut2in lagi. hahaha. jadi sepertinya emang patungnya ya begitu itu dan udah jadi.😀

    anna :
    hahaha…
    iya juga yaaaa…
    hehe. itu kan idealnya segera diselesain.. tapi mungkin belum dpt dana tambahan kali.. hihi

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s