Belajar Nyetir #2

Gak terasa, kira-kira udah 12 bulan saya bisa nyetir. Berbagai cerita pengalaman bulan-bulan pertama saya bisa nyetir udah pernah saya tulis di sini.

Sedikit cerita belajar nyetir, sebenernya udah dimulai dari tahun 2007.. tapi selalu berhenti karena ‘mutung’. Kenapa ‘mutung’? kepentok kejadian yang selalu bikin trauma. Salah satunya.. ketika nyebrang dan dari arah berlawanan ada bis yang emang selalu ngebut… saya panik dan mobil mati tepat di tengah jalan.

Ya udah deh, saya mutung dan gak mau belajar nyetir lagi. Kebetulan lagi, nggak lama kemudian mobil dijual karena lagi BU alias butuh uang.. ya sudahlah..:mrgreen: Makin panjang alasan untuk tidak segera bisa nyetir, ada aja alasannya..

Tapi alhamdulillah, di tahun 2010 kemaren.. akhirnya saya bisa juga. Nyaris mau mutung juga, gara-gara nyerempet mobil yang lagi parkir. Untung aja suami selalu ngasih semangat dan mendukung saya, ditambah lagi.. dia kalo ngajarin enggak galak..enggak marah-marah, jadi saya bisa tenang..

Trus-trus… setelah setahun bisa nyetir, pengalaman apa yang saya dapat? banyak! walopun tentu aja ini gak seberapa dari pengalaman mereka yang udah belasan ato bahkan puluhan taun nyetir.

Ini dia..

1. Mobil vs motor

Dulu, ketika saya belum bisa nyetir.. kalo naik motor saya sering nyelip-nyelip di antara mobil-mobil. Entah saat di jalan atau pas di traffic light. Ternyata ketika kita berada di posisi nyetir mobil.. baru kerasa ya, itu bahaya banget!!

Sebagai pengendara motor, sering banget menganggap bahwa karena ukuran motor yang kecil itu.. membuat kita lincah bisa nyelip sana-sini. Jadi mobil-lah yang harus mengalah dengan motor yang lebih kecil.

Setelah bisa nyetir, saya jadi lebih berhati-hati kalo naik motor. Gak suka usil nyelip sana sini..:mrgreen:

2. Pengendalian Diri

Yap, terkadang kalo nggak kontrol diri saat nyetir, ternyata bisa berbahaya. Misalnya nih, ketika di jalur cepat di mana kendaraan semua melaju dengan kencang.. suka kebawa suasana aja… kaki bisa nginjak gas dalem banget. Padahal, sebagai newbie, refleks saya belum bagus jika terjadi sesuatu.

Makanya harus nahan diri.. Nggak usah ikut-ikutan ngebut.πŸ™‚

3. Tes Kesabaran

Berbagai kejadian di jalan sering kali membuat kita jadi emosi. Ketika dalam antrian, eh dari belakang ada mobil lain yang mendahului. Ato ketika mau parkir.. kita udah mau masuk, diserobot mobil lain.

Apalagi ketika lewat jalan sempit. Di mana mobil harus saling bergantian untuk lewat. Adaaaa aja pengendara yang gak mau ngalah. Padahal kalo mau egois-egoisan.. ya bakalan stuck gak bisa jalan dari kedua arah.

Makanya, dari situ saya bisa ambil kesimpulan.. Perilaku orang di jalan (bisa jadi) menunjukkan sifat kesehariannya.

**

Selama setahun saya bisa nyetir, tentu saja belum bisa dikatakan jago nyetir. Ternyata masih ada hal yang saya takuti.. apakah ituuu? Yaa.. parkir di mall!

Sampe sekarang saya belum berani. Masih ngeper…😦 Masih takut aja. Ngebayangin naik turunnya.. trus areanya yang terbatas, takut nyenggol mobil yang lain… hehe… Jadi kalo ke mall ya sama suami aja.. ato pun kalo janjian sama temen, mending naik motor aja deh..

Ya, kira-kira begitulah pengalaman selama setahun terakhir ini. Yang jelas, dengan bisa nyetir saya merasa jadi lebih mandiri aja, nggak terlalu tergantung sama suami.

Buat para perempuan yang udah berniat untuk bisa nyetir, ayooo semangat!! Pasti kamu bisa!!πŸ˜€

PS. Yang di Jogja, kalo liat starlet kapsul warna putih agak buluk, itu saya yaa…πŸ˜‰

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

11 thoughts on “Belajar Nyetir #2”

  1. Mbaakk, pake starlet juga? Saya pakai starlet kotak di Makassar, belum nemu bengkel yg yahud. Sebel deh. Mangkrak starlet di garasi. Ada yg rekomended mbak bengkel starket di Jogja?

    Like

    1. wah sama2 starleter nihπŸ™‚
      saya pake yg kapsul mbak, sayang bgt tuh starko nya mangkrak. coba hubungi cp bengkel di bawah ini, sapa tau cocok.

      CP : ariel 085773309000 / pin : 21761be4

      Like

  2. Kalo di Bandung ada Mall..
    Khusus parkir Ladies,di luar area Mall..
    Senengnya,ga usah muter2 ke atas Mba..

    Kucinya menyetir adalah Sabar,
    Jadi inget waktu pertama kali belajar nyetir,SMA..
    Sabar..sabar..itu yang selalu Alm.Bapak bilang,..

    Oohh Starlet kapsul putih agak buluk,*di catat*
    Nanti kalo aku mudik lewat Yogya,ketemu mobil ntu,
    Bakalan teriak Mba Annaaaa…

    Like

  3. yaoloo …. bisa begitu ya xixixix …
    saya sejak belajar smpai bisa nyetir, blum pernah ngalamin insiden2 gitu
    parnonya juga ga parah
    pernah sih diseruduk orang yg baru belajar bawa mobil, tpi ya ga parno
    paling lama sih belajar parkir di mal, apalagi klo pas mal penuh parkirannya hehehe
    butuh konsentrasi tinggi emang, saya pernah malah dulu minta tolong satpam yg parkirin hahahaha

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s