Gunung Api Purba Nglanggeran

Minggu, 3 Desember 2011, saya ikutan Family Day yang diadain perusahaan tempat hubby kerja.
Tujuannya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran, Pathuk, Gunung Kidul, Jogja. Mungkin banyak yang belum tau tempat ini. Saya pun juga baru tau… karena baru 4 tahun ini dibuka untuk umum. Kenapa gunung ini disebut Gunung Api Purba?
Karena udah sekitar 60 juta tahun lalu gunung ini berhenti beraktivitas. Aktivitas gunung ini diperkirakan pernah sangat tinggi, dibuktikan dengan banyaknya batuan super besar yang berasal dari dalam perut bumi yang dimuntahkan dari gunung api ini.
Begitu sampe di sana, kami istirahat sejenak buat makan dan minum. Kemudian kelompok dibagi menjadi 2. Buat yang bawa anak-anak mereka berkunjung ke Desa Wisata, di mana bisa ngasih makan ikan, kambing, sapi, dan menanam padi. Sedangkan yang pengen bertualang, ikutan tracking ke Gunung Api Nglanggeran.

Yap, gunung itulah yang akan kami daki… wuih kayak sangar gitu ya? Tapi seperti yang saya bilang tadi, kami akan tracking, bukan wall climbing🙂 Yah, kami akan melalui jalur lain untuk menuju puncak. Tentu saja jalur akan terasa lebih panjang daripada yang langsung panjat tebing.

Awalnya, saya kira tidak akan seberat itu.. begitu liat medannya, yap sudah dipastikan saya salah pake sepatu. Saya kira tracking-nya semacam di Kaliurang atau di Puncak gitu.. ternyata :cry:  Ditambah dengan hujan yang membuat medan menjadi licin.

Foto di atas memperlihatkan track yang harus kami lalui.. ada beberapa jalan yang emang landai, tapi ada juga yang harus memanjat batu yang sangat besar. Makanya dibantu dengan tali. Atau juga melalui celah bebatuan sempit, yang sepertinya kalo punya badan besar agak sulit lewatnya..

Dalam perjalanan, kami melalui beberapa titik untuk beristirahat sejenak. Sekadar buat minum atau ambil nafas. Karena walopun track yang kami lalui ini termasuk landai, tapi landainya gunung itu seberapa sih? ya tetep aja naik..:mrgreen:

Sesekali foto sana sini… cuman sayangnya pas kami nyampe puncak, lagi turun hujan. Kabut di mana-mana.. alhasil nggak bisa liat pemandangan yang katanya bagus banget dari puncak:( Tapi ya gapapa.. paling tidak saya memenuhi target pribadi, harus sampe puncak!

(kiri atas) saat di titik pertama, cuaca masih bagus. (kanan-kiri bawah) saat di puncak, kabut tebal sehingga gak bisa liat pemandangan. (kanan atas) saat turun kabut masih menyelimuti, sempat ketemu spot bagus buat foto.

Ketika saatnya turun, saya kira perjalanan akan jadi lebih ringan. Ternyata tidak.. karena hujan, track jadi licin banget. Saya sempat jatuh beberapa kali, selain karena licin juga karena jenis sepatu yang salah. Waktu total naik dan turun gunung purba kurang lebih 3,5 jam. Cukup lama untuk sekedar tracking. Begitu turun langsung lapar melanda.🙂

Saran buat yang pengen tracking ke Gunung Api Purba, pake alas kaki yang tepat, yaitu sepatu/sandal gunung. Trus, bawa baju ganti lengkap + alat mandi. Ketika naik, barang-barang bisa dititipkan ke pos penjaga di bawah. Saat naik, bawalah air minum yang cukup, pake tas ransel ya… lebih memudahkan dalam bergerak.

Ohya, setelah turun dari Gunung Api Purba Nglanggeran ini, perjalanan masih berlanjut ke Desa Wisata Bobung. Di mana kita belajar membatik, mengecat gerabah, menganyam, dan masih banyak lagi.. saya ceritain di postingan berikutnya aja yaa…

PS. Semua foto milik pribadi.

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

9 thoughts on “Gunung Api Purba Nglanggeran”

  1. Saya juga baru dengan object ini …
    Dan ketika melihat foto tracking sambil nyelempit di bebatuan gunung … waaaahhh asik juga nih sepertinya …

    Thanks for the Info Mbak Anna

    Salam saya

    Like

  2. waduh, kebayang kalau bunda yg ikut tracking ginih, bisa2 anjlok dengkulnya di tengah jalan😦

    cantik sekali ya Mbak Anna gunung Purba ini, dan foto2 yg didapat juga keren2…🙂
    salam

    NB : gelar tiker dulu disini, sambil nugguin postingan ttg desa bubong …🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s