Tribun Jogja, kemarin…

Ya, hari Minggu kemaren, tepatnya 22 Januari 2012 saya masuk koranπŸ™‚ Dimuat sih tepatnya, dan syukurnya bukan masuk ke berita kriminal, kejahatan atau yang bernada negatif. Tapi masuk ke rubrik “Smart Women”, dengan judul Protokoler Pemkot, Garda Terdepan.

Dalam rubrik itu, saya diwawancara bersama 3 orang senior saya di tempat kerja saya, Bagian Protokol Setda Kota Yogyakarta. Kebetulan emang kami berempat punya spesialisasi yang berbeda-beda. Yang paling kiri, itu boss saya.. Mbak Ismi, trus Mbak Lely, saya dan Mbak Rika.

Apa yang terlintas dalam pikiran ketika mendengar kata “Protokol”? Biasanya yang paling awam akan menjawab MC alias Master of Ceremony. Hm… sebenernya nggak salah juga, tapi kurang luas aja. Karena MC hanya salah satu bagian dari Protokol.

Kalo dalam arti luas, Protokol bisa diartikan sebagai serangkaian aturan yang perlu dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam semua bidang pasti punya aturan2 tertentu yang wajib dilakukan agar tujuan tertentunya tercapai. Bidang apapun, kedokteran, teknologi informasi, bisnis, dan sebagainya.

Wuih, kenapa postingannya jadi serius begini sih.. hihi…

Hehe, daripada susah-susah memahami lewat definisinya… saya ceritain aja ya tempat kerja saya.. mungkin dari sini, teman2 bisa mengartikan sendiri apa itu Protokol.πŸ™‚

Jadi, Bagian Protokol terdiri dari 3 sub bagian atau divisi.

Pertama, Subbag Administrasi Kepala Daerah. Di sinilah sekretaris, ajudan, dan driver Kepala Daerah bernaung. Tentu saja mengurus surat-surat masuk dan keluar, menjadwalan dan agenda kegiatan Kepala Daerah. Sepertinya sederhana ya.. tapi ternyata sangat rumit.

Mendampingi Kepala Daerah dalam setiap kegiatannya. Di manapun dan kapanpun. Otomatis, jam kerja mereka mengikuti sang Kepala Daerah. Mau hari libur kek, malam, pagi buta, ya harus dijalani. Beruntung saya tidak masuk di sub bagian ini.. #ehπŸ˜›

Kedua, Subbag Penatalaksana Acara. Di subbag ini saya tercatat sebagai karyawan. Tugasnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan acara Kepala Daerah (khususnya) dan Pemerintah Daerah (pada umumnya). Mulai dari sekadar tamu kunjungan kerja, tamu negara, acara yang bersifat seremonial (peresmian, pelantikan, upacara hari besar, dsb).

Dimulai dari konsep acara, sarana dan prasana penunjang acara, jamuan, dan segala tetek bengeknya, sampai pelaksanaan dan pertanggungjawaban keuangan dan administrasinya.

Ohya, kebetulan di subbag ini juga membidangi ke-TataUsaha-an. Jadi kalo pas nggak ada acara, kami tetep punya ketugasan lain. Misalnya keuangan, kepegawaian, perencanaan sampai ke laporan evaluasi.

Kebetulan saya menangani administrasi keuangan. Nggak pegang duit, tapi pegang angka…πŸ™‚

Ketiga, Subbag Administrasi Sekretaris Daerah, Asisten, dan Staf Ahli. Hampir2 sama dengan subbag Administrasi Kepala Daerah, hanya beda siapa yang dilayani. Biasanya suatu kebijakan pemerintah diambil di bawah koordinasi para pejabat ini. Jadi kalo jadi staf subbag ini bisa belajar bagaimana proses suatu kebijakan diambil. Dimulai latar belakang, proses, sampe suatu kebijakan diputuskan.

Yah, kira-kira itu lah tugas staf protokol di kantor kami… jadi bisa ya membayangkan dan mengartikan arti kata ‘Protokol’..πŸ˜€

PS. Sekian edisi narsis kali ini..:mrgreen:

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

16 thoughts on “Tribun Jogja, kemarin…”

  1. Wwaaaawww …

    Keren Mbak Anna … ini keren banget …

    Tanpa bermaksud apa-apa … saya rasa Mbak Anna harus menyimpan klipping berita ini … kalau perlu dicover plastik … supaya tidak rusak …
    ini kenang-kenangan mbak …
    Sangat bagus untuk memotivasi diri untuk menjadi lebih baik lagi …

    Dan menurut saya …
    Protokoler itu adalah suatu tugas yang paling repot … kalau dalam kepanitiaan itu adalah … Seksi Acara …

    Salam saya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s