Kudung Lulang Macan

Kudung Lulang Macan, sebuah postingan di blog Pakdhe Cholik.. sebenernya postingan ini udah lama, tapi tetep saya ingat karena kejadian yang serupa pun bisa terjadi di mana pun, termasuk di lingkungan saya.

Eh, ‘kudung lulang macan’ itu apa sih? mungkin yang belum ngerti. Dapat diartikan sebagai berlindung dengan kekuasaan orang lain. Misalnya nih, kita nyuruh orang dengan mengatasnamakan orang lain yang berkuasa.. “minta tolong segera diselesaikan, cepet ya.. ini perintah langsung dari bos loh”.

Dan potensi Kudung Lulang Macan ini, terjadi pada mereka yang berdekatan dengan orang-orang yang punya kuasa. Entah deket ama pejabat pemerintahan, pejabat publik, pimpinan di perusahaan, atau di manapun… Jadi, mereka yang dekat dengan orang-orang berkuasa, sering kali merasa jadi ikut memiliki power dan kuasa. Padahal nggak kan?

Sebenernya, kalo menurut saya ya… Kudung Lulang Macan itu sah-sah saja digunakan kalo emang untuk kepentingan yang baik dan emang bener-bener dibutuhkan. Tapi, seringkali Kudung Lulang Macan ini digunakan sekadar untuk ‘mempercepat’ hal-hal yang nggak prosedural…Bisa jadi si boss malah nggak tau-menahu soal perintah itu.

Buat saya, efek ber-Kudung Lulang Macan itu sangatlah tidak baik. Terutama si orang yang suka nyeret-nyeret kekuasaan orang lain. Itu dia belum punya power dan kekuasaan sesungguhnya loh ya.. masih ‘numpang’. Gimana kalo dia bener2 punya kekuasaan? Ngeri kali ya…

Terbiasa ber-Kudung Lulang Macan pun juga akan menjadi sulit, ketika dia harus berpindah posisi, di mana ia tidak bisa lagi berlindung dengan kekuatan orang lain. Dia harus menghadapi segala sesuatunya dengan mandiri.. nggak ada lagi ‘kudung’ yang bisa dia pake…

Sekian curhat saya hari ini… kembali bekerja….

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

14 thoughts on “Kudung Lulang Macan”

  1. istilah Kudung Lulang Macan ini masih baru bagi saya, tapi perilaku semacam itu memang tidak asing di tengah kita, ada saja orang yang melakukan itu, dengan alasan tertentu mestinya, tapi bila tanpa itu, menurut saya lebih baik, hhmmm…. curhat yang patut kita renungkan bersama, Mbak.

    Like

  2. Sekali sekala rasa tidak apa-apa … apa lagi kalau menyangkut hal yang penting dan urgent …

    Namun jika selalu begitu … maka patut dicurigai … dan akhirnya … orang jadi tidak percaya lagi dengan ybs … dan lalu berkata … “aaahhh paling-paling ini bisa-bisaannya dia aja nih …” dst-dst …

    dan itu berbahaya

    Salam saya Mbak Anna

    Like

  3. Ternyata itu ya artinya….
    baru tahu malah
    ya memang kadang ada orang yang memanfaatkan
    Tim saya pernah “diancam” pengusaha dengan memanfaatkan kedekatan mereka dengan Alm presiden Gusdur krn waktu itu baru dilantik. Terus kebetulan bapak mertua teman saya satu tim juga dekat dengan Alm Gusdur. Saya bilang ke mereka, waktu bapaknya teman saya sakit Gusdur datang ke rumahnya. habis itu mereka nggak bawa2 lagi nama besar Gusdur

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s