Yuk, dolan ndeso!

Jalan-jalan ke mall, nonton di bioskop, shopping.. hm, hiburan modern semacam itu mungkin bisa dilakukan kapan saja, tidak harus saat liburan. Bagaimana kalo dolan ndeso alias maen ke desa?

Itulah yang sempat saya lakukan di liburan akhir tahun kemaren, bareng temen2 kantor saya. Tepatnya Sabtu, 28 Desember 2012. Kami serombongan berangkat dari kantor sekitar jam 7.30 pagi, sebenernya itu udah kesiangan banget. Padahal udah kumpul sejak jam 6 pagi. Biasa, selalu ada yang jam karet.

Tujuan dolan ndeso kali ini adalah outbound di Desa Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jadi kalo dari kota Jogja, arahnya ke barat.. berbatasan dengan Magelang, Jawa Tengah. Cukup 1 jam perjalanan kita udah sampe di lokasi. Kalo jalan lancar sih, bisa kurang dari itu.

Begitu sampe lokasi, suasana pedesaan langsung terasa. Rumah-rumah tradisional dengan atap limasan khas jawa, sudah menanti. Kami istirahat sejenak, makan snack tradisional sekaligus mendengar penjelasan dari fasilitator. Trus persiapan deh.. ganti baju, nyimpen tas bawaan, dan lain sebagainya.

Sebelum kena lumpur dan berbasah-basah riaπŸ™‚

Pertama, pemanasan dulu.. supaya badan lebih lemes dan enak buat aktivitas lapangan. Pemanasan termasuk juga penghitaman kulit. Karena kami datang agak siang, jadi yaa.. matahari udah panas gitu deh.πŸ™‚ Setelah pemanasan sesi pertama dimulai dengan berbagai permainan dalam kelompok besar. Baru setelah itu kami dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing beranggotakan 8-10 orang. Seru!

Nah, yang paling saya suka dari permainan2 ini adalah main air! Ada juga sih yang nggak mau basah.. tapi kalo dolan ndeso kok gak basah.. ya gak seru dong!πŸ™‚

Dengan ban kami menyusuri sungai kecil yang mengairi persawahan di sekitarnya. Biarpun terlihat tenang, arus dalamnya ternyata cukup deras.

Ohya, permainan ini juga aman kok buat anak-anak. Ban yang dipake untuk anak-anak pun khusus, mengunakan tali menyerupai jaring di tengah ban, jadi tubuh si anak tertopang. Ditambah lagi instruktur / fasilitator outbound selalu mendampingi.

Saya dan Icha. Dibalik senyum manis, sebenernya kami menahan panas di kaki karena gak pake sandal/sepatu.πŸ™‚

Setelah semua permainan selesai, kami mandi dan makan siang. Menunya pun juga ndeso, tapi enak. Sayur ndeso / semacam sayur lodeh tempe, lauknya tahu-tempe bacem, ayam goreng kremes, peyek ikan, dan tidak ketinggalan sambel trasi. Enak banget. Saya aja sampe nambah loh.. hehe, enak apa laper? Dua-duanyaπŸ™‚

Beginilah kalo cah ndeso, dolan ndeso.. cocok!πŸ˜€

Kepengen ke sini? nih petanya…

Email : dolandesoboro@yahoo.co.id, FB : DolaNdeso Boro

Buat kamu yang pengen ngerasain dolan ndeso semacam ini, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan :

  1. Sebaiknya tubuh dalam kondisi fit, supaya lebih asik menjalaninya.
  2. Sarapan pagi secukupnya, jangan lupa bawa minum. Walopun udah disediakan oleh fasilitator, ada baiknya tetep bawa botol sendiri untuk diisi ulang.
  3. Dari rumah langsung pake pakaian yang dipake untuk outbound, yang nyaman. Supaya simpel gak repot2 ganti baju 2 kali. No jeans, bakalan berat ketika maen air. Ohya, bawa topi.
  4. Bawa baju ganti. Baik baju luar maupun dalam.
  5. Bawa peralatan mandi. Paling tidak, handuk dan sabun mandi cair.
  6. Pake alas kaki yang tahan air.

Gimana, seru kan? Yuk, dolan ndeso!πŸ™‚

 

PS. Semua foto outbound hasil jepretan temen kantor saya, Pak Johannes. Nuwun fotonya ya PakπŸ™‚

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

14 thoughts on “Yuk, dolan ndeso!”

  1. Liburan yang seru banget yah mba Anna:-)

    Tapi sepertinya aku mah pass aja deh untuk bagian yang ban itu..hihihi..*aku memang pengecut*

    Like

  2. Wainiiii yang dibutuhkan,mau direkom ke misua biar tar bs kesana..mau banget kegiatan outbond kek gitu..tp mbak hrganya brapaan?
    Lama gag kesini..ud ganti kulit ternyata hehehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s