Mukena Bersih dan Wangi

Selamat hari Senin!🙂

Postingan ini diawali dengan pertanyaan untuk kamu yg muslimah.

Pernahkah kamu ke mushola / masjid dan menemui mukena yang kotor dan bau? Bikin males dan kikuk sholatnya?

Pasti pernah ya..

Saya pun beberapa kali menemui, terutama di mal, atau mushola di tempat-tempat umum. Mukena yang ada bikin ilfill. Makanya mengusahakan selalu bawa mukena sendiri. Tapi ya manusia, kadang kelupaan. Ganti tas dan ga bawa mukena sendiri. Pas waktunya sholat, adanya mukena yang bau dan kotor..😦

Sungguh ironis ketika mau ketemu manusia lain kita dress up sebaik mungkin, sedangkan mau ketemu Tuhan kok malah seadanya.

Mungkin itu juga yang dirasain oleh penggagas akun @mukena10ribu. Sebuah akun twitter yang menggalang para donatur dan relawan untuk menyediakan mukena-mukena bersih di seantero Indonesia. Bahkan belakangan ini ada juga relawan yang berdomisili di luar negeri.

Kalo donatur, kita bisa bantu dengan uang. Minimal 10 ribu. Emang ada transfer 10 ribu? Bisa aja.. Kalo niatnya bantu, ya masak 10 ribu aja..  dikalikan sepuluh, dua puluh ato lebih!🙂 Uang inilah yg digunakan untuk menyediakan mukena.

Nah, kalo relawan gimana? Masing-masing relawan akan mendapatkan 6 buah mukena secara gratis, hanya menanggung ongkos kirimnya aja. Tugas relawan adalah meletakkan 3 buah mukena di mushola / masjid yg mereka pilih sendiri. Sisanya yg 3 buah kita simpan. Minimal seminggu sekali mukena kita ganti yg bersih, yg kotor kita cuci. Begitu seterusnya.

Terus terang saya kagum dengan ide dan penggagas gerakan mukena bersih ini. Selain memudahkan para muslimah untuk sholat, juga mengajak banyak orang untuk selalu beramal. Sepertinya ini hal kecil, tapi ketika sudah dikerjakan secara masal dan bersama.. Insya Allah perubahan besar akan terjadi. Jadi pahalanya nggak di-pek dewe (jadi milik sendiri) tapi ada nilai dakwahnya.

Makanya saya tertarik juga untuk bergabung. Udah 7 bulan ini saya jadi relawan untuk Masjid Al-Anbiyaa, masjid komplek saya. Ketika saya terima, mukenanya udah dibordir sebagai identitas gerakan penyediaan mukena bersih ini. Tapi sengaja saya tambah lagi, untuk identitas masjid kami. Ya.. Sedikit usaha agar tidak mudah hilang. Kualitas mukenanya pun juga bagus loh, nyaman.

mukena10ribukolase

Saya yakin, tiap relawan punya cerita suka duka masing-masing. Kalo ‘duka’-nya sih, paling suka sedih aja ngeliat mukena cuman di-unthel-unthel gak dilipat rapi, padahal di lemarinya udah saya tulis :

Terima kasih telah melipat dan mengembalikan mukena dan sajadah dengan rapi.

Tapi itu nggak seberapa kok. Jauh lebih banyak ‘suka’-nya.

Sungguh, tugas ini tidak merepotkan, apalagi lokasi masjid cuman di depan rumah. Malah menyenangkan dan ringan. Bukankah seringan-ringannya amalan juga akan mendapat imbalan di kemudian hari?🙂 Wallahualam.

Pengen gabung? Jadi donatur atau relawan, terserah kamu. Follow aja twitternya @mukena10ribu. Di sana kita bisa ketemu dengan banyak relawan dan donatur dari berbagai kota, saling berbagi dan menyemangati dalam kebaikan.

Semoga postingan ini bersih dari riya’, semata-mata untuk mengajak temen-temen sesama muslim untuk bergabung di gerakan menyediakan mukena bersih.. dan kalopun ada yang tergerak setelah membaca tulisan ini, semoga menjadi amal baik bagi saya. Amin ya robbal alamin.🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

9 thoughts on “Mukena Bersih dan Wangi”

  1. Ah itu memang bagus sekali Na. Soalnya mushola-mushola umum itu suka pada kotor dan bau mukenanya… Kecuali yang di mall sih rajin dicuci, meski kadang klo lagi ramai dan kita dapat bekas orang, mukena yang basah-basah terasa tidak nyaman.

    Apalagi sekarang kan mukena yg praktis dan murah juga banyak ya.
    Good action banget. Aku juga pengen…

    Like

  2. wah aku rasa ini ide yang bagus sekali…meskipun aku tidak perlu memakai mukenah.

    Di gereja-gereja sini menyediakan buku lagu dan doa di setiap bangku, jadi kami tidak perlu membawa sendiri dari rumah. Tapi di Indonesia, belum semua gereja menyediakan spt itu

    Like

  3. Bundo jadi pingin nyobain di mushola deket rumah.. tapi maluuuu soalnya hampir gak pernah sholat di sana.. #keterlaluan deh. #mungkin awalnya nanti titip minta ambilin dan tuker sama mama aja..

    jempol wat Anna..!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s