Kata Kunci

kiri : view selama seminggu terakhir. kanan : views sebulan terakhir. Ga banyak, tapi lumayanlah.. (menghibur diri..hehe)

Belum lama ini, saya baru memperhatikan adanya view stats di dasbor blog saya. Saya baru ngeh, baru nyadar, baru ngerti.. tepatnya sejak saya pake hape pintar dan setelah pindah dari dotcom ke wordpress ini. Kebangetan emang.. udah berapa lama sih punya blog?

Ternyata, view di blog saya cukup lumayan loh. Rata-rata 50 view dalam sehari. Paling dikit 40 view, paling banyak 128 view. Buat saya sih, itu udah lumayaaaan banget, mengingat saya bukan seleb blogger, ga rajin-rajin banget posting, dan nggak rajin blogwalking. Plus juga ga monetizing.

Ga kebayang deh kalo yang seleb blogger, pasti view nya ratusan bahkan ribuan. Makanya bisa jadi lahan yang bagus untuk cari duit lewat blog.. Pasang iklan dan sebagainya.

Mulai tertarik nih dengan cari duit di blog? Errr… Belum sih. Masih bertahan dengan personal blog aja. Lagian pasti para silent reader akan protes kan kalo daku cerita-cerita, trus ujung-ujungnya ngomongin atau ngiklanin produk apa gitu.. Hehehe. #Halah.

Walaupun ga tertarik monetizing blog, saya suka penasaran, orang-orang bisa sampe ke blog ini, bagaimana jalannya? Iya kalo yang udah biasa ke sini ya udah ngerti jalannya, tapi yang nggak biasanya ke mari?

Kalo yang mampir ke blog ini lewat Facebook, twitter, atau instagram sih ga heran.. Karena saya emang share link blog ke sana. Tapi yang lain?

Ternyata eh ternyata, view yang cukup tinggi dari blog saya adalah… Postingan lama berjudul “Siasat Ruang Tamu Kecil Jadi Memikat“. Hehe.. Berasa saya interior Designer aja ya. Padahal itu tulisan iseng setelah saya pindah rumah. Lagi seneng-senengnya nata perabot. Ya rumah yang sekarang. Ternyata, banyak orang mampir ke blog ini karena kata kunci ‘sofa ruang tamu kecil’, ‘ruang tamu sekaligus ruang TV’ dan sebagainya yang berkaitan dengan ruang tamu di rumah yang berukuran mungil.

Selain itu, sering juga kan saya nulis tentang perjalanan saya ketika keluar kota. Salah satunya ketika tahun 2010 saya berkunjung ke Kendari, Sulawesi Tenggara dalam rangka menghadiri pernikahan adeknya suami. Kebetulan dapet orang sana dari Suku Tolaki dan saya menulis sebuah postingan berjudul “Pernikahan Suku Tolaki“, sebagai catatan pribadi semata.

Nah, ternyata (lagi) ‘Suku Tolaki’ juga jadi kata kunci yang cukup sering membuat orang akhirnya mampir ke blog saya.

Hm.. pantesan, saya pernah googling sesuatu, trus nyasar ke blog atau website yang justru ga ada hal yang saya cari. Adanya cuman deretan kata, yang tidak menyusun suatu kalimat, apalagi paragraf.. ya berbagai kata kunci itu tadi.. Dan tentu saja banyak iklannya. Berasa ketipu ga sih? Iya. Kamu pernah ngalamin?

Hmm.. jadi gitu ya.. Dahsyatnya kata kunci atau keyword. Telat banget nih saya ngertinya. Udah berapa lama sih punya blog kok lagi ngerti soal view dan kata kunci?🙂 Saya sering baca istilah ‘nembak keyword/kata kunci’. Ini to maksudnya? *masih heran sendiri*

Tapi itulah dunia maya. You can get what you want and what you don’t. Bisa dapet yang kamu mau sekaligus yang ga kamu mau.

Trus? Ya gak kenapa-kenapa. Idealnya siiih.. Mau pake keyword atau kata kunci boleh aja, tapi jangan cuman sekadar ‘nembak’ agar view nya jadi tinggi, tapi isinya juga sesuai dong yah.

Taaaaapiiii.. itu soal pilihan masing-masing orang beraktivitas di dunia maya. Pilihan ada di tangan kita sendiri..🙂

kiri : search terms yang bikin orang mampir ke blog saya.. ternyata paling banyak tentang ruang tamu kecil. kanan : Tuh kan, postingan iseng tentang ruang tamu paling banyak dikunjungi🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

16 thoughts on “Kata Kunci”

    1. ternyata iya mas Azzet. Dulu pas pake dotcom malah ga memperhatikan, mgkn karena plugin saya blm lengkap.. ga termasuk view stats. Setelah pake wordpress ini, malah byk fasilitasnya.🙂

      Like

    1. aku baru nyadar mbak🙂 jadi telat banget. Di komunitas warung blogger juga ada tuh, Peduli Kata Kunci, tiap 2 minggu sekali. baru liat semalem, ternyata udah mulai beberapa waktu yg lalu.

      Like

  1. saya ga terlalu pinter main kata kunci mbak, ya klo saya sebatas just blogging aja mbak, pasang iklan sih iya tapi ga terlalu memaksakan harus gini gitu, ngalir aja lah, sugeng tepang mbak, jogjane pundi njeh?

    Like

    1. salam kenal juga.. Jogjanya Kotagede..

      saya juga cuman sebatas blogging, nulis apa aja.
      kalo soal kata kunci, saya juga gak pernah secara sengaja menggunakannya. Kalo pun ada karena kebetulan saja kok.🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s