(Nyaris) Golput

9 April 2014.

Di seluruh jagad Indonesia Raya, semua bicara soal Pemilihan Umum Anggota Legislatif. Termasuk di blog tercinta ini.

Apakah saya ikut memilih? Tentu saja, walaupun saya nyaris jadi golput karena alasan administratif.

Nama saya tidak tercantum di Daftar Pemilih Tetap manapun, di rumah orang tua nggak, di rumah mertua nggak, di rumah sendiri pun juga nggak. Sempat saya nyetatus di fesbuk soal itu, banyak tanggapan dan info yang saya dapat. Tinggal bawa KTP aja ke TPS terdekat, asalkan alamatnya sesuai dengan domisili.

Nah, sehari sebelum pencoblosan, dua orang Panitia Pemungutan Suara setempat datang ke rumah.. Saya kira mau kasih Surat Pemberitahuan (Model C6) untuk saya, taunya cuman nitipin untuk tetangga saya. Sekalian saya curhat, kalo nama saya tidak tercantum di DPT, padahal alamat KTP saya udah sesuai dengan domisili. Trus bapak itu bilang, datang aja jam 11.30 bawa KTP.

Kalo mas Nug malah masih tercantum di DPT rumah lama, jadi pagi2 dia udah siapin sepedanya untuk berangkat ke TPS. Pergi pulang 20 km, lumayan juga tuh.. Olahraga sekaligus menyalurkan hak suaranya.

Gowes ke TPS
Mas Suami gowes ke TPS di rumah lama, pulang pergi 20 km. Lumayaaaan🙂

Setelah selesai nyoblos, siangnya dia nemenin saya ke TPS. Jam 12 siang saya sampe ke TPS yang udah mulai sepi. Saya serahin KTP asli ke panitia. Trus nungguuuu lama. Ga dipanggil-panggil. Rupanya Ketua Panitia masih ragu soal pemilih yang cuman nunjukin KTP. Pake nunggu Panwas setempat datang segala.

Ternyata, selain saya ada beberapa orang yang juga ga dapet undangan. Beberapa di antaranya adalah orang Jogja yang sudah lama berdomisili dan ber-KTP Jakarta. Sayangnya mereka nggak bawa surat keterangan pindah TPS. Jadinya hak suaranya hangus.

Bagaimana dengan saya? Nyaris hangus juga, gara-gara panitia terfokus sama bapak2 yang ber-KTP Jakarta itu dan nggak ngeh kalo KTP saya udah KTP sesuai domisili yaitu Pesona Kotagede, Kelurahan Singosaren. Sampe jam 12.45 saya belum juga nyoblos. Saya protes deh tuh panitia.

TPS 01
Suasana TPS 01 Joyopranan, Singosaren I, Banguntapan tempat saya menggunakan hak suara saya.

Akhirnya setelah datengin meja pendaftaran untuk kesekian kalinya, saya bisa pake hak suara saya. Lega. Kebetulan saya sedang ga enak badan sebenernya, tapi demi pengen ikut nge-vote, saya bela-belain sambil agak keringat dingin.

Saya sih malah kasian ya sama beberapa orang yang barengan saya tadi, akhirnya harus kehilangan hak suaranya. Salah seorang dari mereka bilang, “berarti saya jadi golput ya, bukan keinginan saya loh ini, tapi golput administratif.” Keliatan banget nyeselnya.

Nggak tau deh, apakah sosialisasi dari KPU kurang jelas, atau kitanya sebagai calon pemilih kurang aktif cari info? Kalo menurut pendapat saya sih, sebagai calon pemilih juga harus aktif mencari informasi sebanyak-banyaknya. Supaya hak memilih kita tidak hangus begitu saja. Sayang banget.

Trus, saya tadi milih siapa? Ada deh..

Yang jelas saya tidak golput. Saya usahakan betul suara saya sah. Nggak lupa juga baca bismillah sebelum nyoblos. Saya udah memilih yang terbaik menurut saya, selepas itu udah urusan Allah deh.. Kalo seandainya yang saya pilih nanti berhasil duduk di kursi legislatif dan tidak amanah, biar Allah aja yang kasih hukuman. Namun, tetap saya doakan mereka yang saya pilih menjadi wakil rakyat yang sesungguhnya, amanah dan bekerja untuk Indonesia yang lebih baik.

Bagaimana dengan kamu, lancar-lancar aja kan nge-vote-nya?

PS : saya juga pernah bikin postingan ketika Pemilu tahun 2009, klik di sini yah.🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

7 thoughts on “(Nyaris) Golput”

  1. saya juga nggak terdaftar di DPT. panitia kasih pengumuman kalau yng ngggak terdaftar nanti bawa fotokopi KTP jam 12-an. jadi datang jam segitu, nggak pake lama langsung nyoblos

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s