Kotagede : Makam Raja-Raja Mataram

Setelah lebih dari 8 bulan tinggal di seputaran Kotagede, rasanya ada yang kurang kalo belum jalan-jalan ke tempat yang ‘kotagede banget’, makanya hari Minggu kemaren, tepatnya 13 Desember 2009, saya dan suami jalan-jalan pagi ke Makam Raja-Raja Mataram. Lokasinya deket banget ama rumah saya, cukup jalan kaki sekalian olahraga. Kalo suatu saat blogger luar Jogja yang mau maen ke sini, saya anterin deh..jalan-jalan..🙂

Trus siapa yang dimakamkan di sini? Antara lain Panembahan Senopati (pendiri Kerajaan Mataram) dan Sultan Hanyokrokusumo (Raja Mataram yang menyerang Batavia).

(ki-ka) a. Plang penunjuk di depan komplek, b. Plakat yang bertuliskan sejarah singkat Panembahan Senopati, c. Pintu gerbang Masjid Besar Kotagede.

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram terdiri dari 3 bagian. Yaitu pemakaman, masjid, dan sendang (tempat pemandian). Untuk memasuki pemakaman, ada banyak aturan yang harus diikuti. Contohnya pakaian, harus memakai baju adat Jawa, dan ketika di dalam pun tidak boleh mengambil gambar alias motret. Makanya saya cuma bisa berfoto di gapura depan makam deh..

(ki-ka) a. Suami mejeng di gapura pembatas bagian sendang dan makam, b. di balik pintu hitam itu-lah makam para raja berada.

Untuk sendang atau tempat pemandian, sampai saat ini masih bebas digunakan oleh masyarakat umum. Bahkan nggak cuma mandi, ada yang nyuci baju juga lho..heheh… sekalian buka laundry aja kali ya.. :p

Eits, ladies only, yang lain gak boleh masuk… :p

Hm..sebenernya masih banyak sudut-sudut menarik dari komplek peninggalan sejarah ini yang sayang untuk dilewatkan. Nah, maka dari itu… kalo ke Jogja jangan lupa mampir yah..🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

16 thoughts on “Kotagede : Makam Raja-Raja Mataram”

  1. waaaaah aku pernah tuh kesitu. jaman duluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu banget, waktu masih kuliah. Kotagedhe emang menyimpan banyak tempat yang bagus.

    Like

  2. Kota Gede memang perlu dikunjungi. Peninggalan cikal bakal kerajaan Islam Mataram di bawah pemerintahan Senopati.Kerajinan perak juga tumbuh dengan pesatnya di sini.

    Like

  3. Bener yah mba, tar jadi guide aku kalo ke jogja.Mba gapuranya bagus ya. Klasik gitu kayanya kalo buta pre wed hehe.Asal ga ada penampakan aja😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s