Hujan Abu

Masih soal terkait Merapi..

Teman-teman pasti sudah mendengar kalo dini hari tadi, erupsi kembali terjadi. Hm.. ketika nonton tivi, diberitakan kalo hujan abu/pasir melanda Jogja.. agak nggak percaya sih.. masa sampe sejauh itu hujan pasir/abu nya?

Tapi setelah saya keluar rumah.. bener juga ya? saya mendapati pasir/abu tipis menutupi jalan, kendaraan, tanaman di depan rumah saya. Oh ya saya tinggal di kawasan Kotagede, lebih dari 45 kilometer jaraknya dari Gunung Merapi. Sangat jauh dari Merapi.

Sampe jam 05.30 pagi (saat saya motret) hujan pasir/abu masih belum berenti. Nggak bahaya sih, tapi sebaiknya tetap gunakan masker kalo di luar rumah.

Dan satu lagi.. tidak perlu khawatir.. Jogja masih aman kok🙂 Kadang2 reporter-reporter di TV itu suka lebay.. hehe

Berikut foto-fotonya :

ini tanaman di halaman masjid depan rumah. Liat daunnya.. tertutup pasir/abu tipis.

Pohon mangga depan rumah juga terselimuti pasir tipis
Saya mencoba mengusap tembok depan rumah.. pasir/abu menempel pada jari saya.
Tanaman depan masjid komplek.. tertutupi pasir/abu tipis.

Kalo ini, foto dari teman saya Bergas yg tinggal di Jalan Kaliurang Km. 5 (20-25 km dari Gunung Merapi).

Ini juga depan rumah Bergas, temen saya yang tinggal di Km.5 Jalan Kaliurang. Tebel banget..

PS. Thanks buat Bergas yang baik hati.. saya pinjem fotonya yaa..🙂 Ijin copas dari FB nya..

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

25 thoughts on “Hujan Abu”

  1. Aku tadinya juga panik karena di rumah Muntilan hujan kerikil… seumur idup, baru kali ini Merapi meletus dan kirim hujan kerikil. Dulu-dulu “hanya” hujan abu.

    Sekarang kalau mau tenang, tanya kabar keluarga di Muntilan atau di Jogja. pasti akurat dan terpercaya hehe…

    Like

  2. Saya mengalami hujan abu di kampung saya di Jombang pada tahun 1963an. Gunung Agung di Bali meletus dan abunya saya ke Jawa Timur.
    Waktu itu juamm 10m pagi seperti sudah maghrib, belum ada listrik, geap banget.

    Merapi ternyata masih menyimpan bahan2 berbahaya yang cukup banyak. Semoga jangan dimuntahkan lagi.

    Salam sayank dari Surabaya

    wah.. ternyata jauh juga yah abunya.. sampe ke Jawa Timur. Bisa kebayang letusan Gunung Agung.
    Insya Allah segala sesuatunya di sini berjalan lancar Dhe.
    Amin… makasih doanya..
    salam sayank juga🙂

    Like

  3. Semoga semuanya bisa kembali normal ya Mbak Anna …
    Sehingga semuanya bisa beraktifitas seperti sedia kala lagi …

    Salam dan Doa Saya Mbak Anna …

    terima kasih Om..
    semoga aja Merapi segera tenang..
    tapi kalo untuk aktivitas masyarakat Jogja, emang gak terganggu kok..

    Like

  4. Sejujurnya saya jadi ragu nih mau ke Jogja.
    Tadinya mau liburan kesana dengan keluarga.
    Tapi karena abunya sampai ke Jogja… yaaa demi keamanan saja….😀

    sebenernya nggak papa Zee.. Jogja aman kok.
    Jogja jauh kok dari Merapi🙂

    Like

  5. kemaren pas pulang Oyen juga liatin banyak mobil nyang hampir seluruh bodinya ketutup ma abu, buthek nian

    semoga semua aman terkendali, dan para korban segera mendapat penanganan. amin

    amin.. makasih Oyen🙂
    iya tuh.. mobilnya kena debu vulkanik yang luar biasa tebel

    Like

  6. Rumah pembantu saya di Muntilan malah terkena abu panas dan kerikil…..
    Juga abunya sampai ke Cilacap..lumayan juga jauhnya ya…
    Tapi turis kan tetap senang di Yogya, Anna….(kata Kompas)

    wah..
    di muntilan pasti tebel banget.. karena angin emang bertiup ke arah selatan dan barat.

    Like

  7. bukan TV kalo ga dilebay-lebay in ann, aq juga ikut tegang nontonnya, mikirin gmana nasib orang2 di yogya sono…🙄

    hehe.. TV mah suka lebay..
    padahal sebenernya kami2 di Jogja gpp kok..
    mungkin mereka yang di pengungsian emang kasian, karena namanya juga ngungsi yaa.. serba terbatas.
    tapi kalo yg di jogja.. aman..

    Like

  8. Hitung-hitung debu vulkanisnya bisa bantu menyuburkan tanaman nggak mbak?

    seharusnya sih begitu…
    tapi kalo debunya kena aspal ato konblok ato bangunan (alias jogja yang udah mulai sesak dengan bangunan).. apakah juga akan subur? hehe

    Like

  9. Saya tahun lalu masih kost di Kaliurang km.8. COba deh hujan abunya pas th kemarin jadi ikut merasakan sensasinya.

    Duh jadi kangen pengin kesana.

    Semoga segera kembali normal.

    pasti tebel banget mas kalo Km8. Pasti..
    Jogja aman kok..
    alhamdulillah setelah hujan abu, udah ada hujan air.. jadi jogja udah bersih🙂

    Like

  10. semoga sleman ttp sembada dan yogya berhati nyaman🙂
    **abuNYA akan menghapus dosa2 kita

    dan jika keikhlasan mengiringi ini semua..
    insya Allah.. abuNya akan menghapus dosa2 kita. amin ya robbal alamin.

    Like

  11. Jadi pengin ke Kaliurang dan melihat dari pos. Naik angkutan setengah terbuka itu…
    Semoga Jogja aman terkendali.
    Salam!

    kalo dari atas, pasti keliatan sekali wilayah sleman dan jogja ynag tertutupi abu Pak Mars..
    insya Allah segala sesuatu aman terkendali.

    Like

  12. Iya nih Kak, tadi pagi aku juga sedikit cemas. setelah sahabatku yang di yogya sms Q katanya ditempatnya juga mengalami hujan abu.

    semoga temen nya gpp ya..
    insya allah segala sesuatunya aman kok..
    hanya saja hujan abu sempat bikin panik.

    Like

  13. mudah2an musibah ini segera berlalu,
    saudara-saudara kita yang tertimpa musibah diberikan kekuatan dan kesabaran dan kita dapat mengambil hikmah dari semua ini…

    trims foto2 reportasenya An..🙂

    amin.. ya robbal alamin..
    makasih doanya Yha

    Like

  14. Anna, Bukittinggi dulu juga pernah tertutup abu seperti itu
    kebetulan kita memiliki gunung yang bernama sama : Merapi

    semoga semuanya tetap dibawah lindungan Allah SWT, amiin

    oya Bundo?
    baru tau di bukit tinggi juga ada gunung Merapi.
    hm.. semoga saja ini segera berakhir.

    Like

  15. waduh parah ya… apalagi kalo yang deket ya…
    moga2 gak ada letusan yang lebih besar ya…

    kalo lebih deket, abunya lebih tebal lagi..
    amin, semoga nggak semakin parah.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s