Semangkuk Sambel Trasi

semangkuk sambel trasi

Sabtu pagi adalah saat santai buat saya dan suami. Biarpun tetep bangun pagi untuk sholat Subuh, terkadang perpanjangan waktu buat tidur lagi, sangat mungkin terjadi.🙂

Begitu juga pagi ini, kami pun terbangun karena perut udah protes minta diisi sarapan. Dan baiklah, kebetulan saya punya ‘tahu plempung’ oleh-oleh dari kakak perempuan saya. Tinggal goreng aja, udah enak buat sarapan. Tapi ternyata ada yang kurang… saya gak punya cabe rawit buat pedes-pedes…

Ya udah, saya minta ke tetangga pojokan komplek aja deh, sepasang Aki dan Nini yang emang punya pohon cabe di samping rumahnya.

“Nini… saya minta cabe rawitnya ya..” kebetulan banget pintu belakang terbuka lebar.

“Ambil sendiri Tante… ” jawab Nini yang lagi gendong Eichi, cucunya.

Setelah bilang ‘terimakasih’, saya pun langsung metik cabe-cabe itu. Trus, muncullah Aki yang kemudian bilang, “Nini abis bikin sambel Trasi.. mau ya? enak loh..”

Saya yang tadinya cuman mau minta cabe doang, jadi gak enak… *mau tapi malu*:mrgreen:

“Gapapa, belum pernah ngerasain sambel bikinan Nini kan?” sambung si Aki lagi. Nini langsung ngambil mangkuk kecil dan diisinya dengan sambel trasi warna merah menggoda itu. “Ini bikinnya baru tadi pagi… ” kata Nini.

“Waduh, makasih Aki, Nini.. enak nih dimakan pake nasi anget…” saya langsung ngiler.

Dan benar.. sambel trasi bikinan Nini emang juara. Bikin nafsu makan merajalela. Sabtu saya semakin sempurna.🙂 Makasih Aki dan Nini…

***

Itulah sepotong kejadian pagi tadi yang saya alami. Sederhana. Semangkuk sambel terasi. Tapi punya makna dalam di hati saya.

Tidak ada kerugian memiliki hubungan yang baik dengan tetangga. Dan yang membuat saya semakin nyaman dengan lingkungan tempat tinggal saya adalah, tidak ada keterpaksaan dalam berinteraksi. Ngalir apa adanya.. natural aja.

Bukan berarti juga saya akrab sama semua warga komplek, nggak juga.. tentu saja karena keterbatasan waktu sehingga gak bisa setiap hari kita ketemu dan berinteraksi dengan tetangga. Tapi, jangan bersembunyi di balik kesibukan untuk tidak berinteraksi dengan tetangga.

Saling nitip rumah ketika harus pulang mudik, walopun ada satpam yang jaga. Saling bawain oleh2 tiap kali habis mudik. Dan saling-saling yang lain.

Saling bantu dan ‘ngrepotin’ tetangga itu emang ada seninya. Ga ada rumus pasti dalam aplikasinya. Biarkan mengalir, jadikan hati sebagai nahkoda.

Bukan begitu?🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

9 thoughts on “Semangkuk Sambel Trasi”

  1. Wah…. sambel terasi… kayaknya enak tuh .. ngebayangin tahu goreng anget dicocol sambel trasi, tambah pake nasi anget dan sayur asem,,, nah..nah… mrentek-mrentek deh… hihihi…

    Like

  2. I loooooveeeee sambel terasi!!!!🙂

    di deket kita sini ada restoran indo yang boleh ngambil sambel terasinya juga bebas (asal kita beli makanan ya disana). dulu gua suka ngambilin banyak banget. maruk. hahahaha. tapi sekarnag udah gak lagi sih… secukupnya aja.😛

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s