Becak dan Andong

Udah pernah ke Jogja?

Pastinya sebagian besar temen-temen udah pernah maen ke Jogja. Mungkin nggak cuma maen.. tapi malah tinggal beberapa waktu, untuk sekolah, kuliah, kerja.. Jadi Jogja bukan lagi kota yang asing buat narablog sekalian..

Nah, salah satu ciri khas dari Jogja adalah becak dan andongnya. Apalagi kalo udah di jalan Malioboro, mau jalan-jalan ke Pasar Beringharjo buat beli batik. Rasanya kalo belum naik becak ato andong.. berasa belum pernah ke Jogja.. Memang.. andong dan becak jadi salah satu ikon pariwisata di Jogja. Sebagai Kendaraan Tidak Bermotor yang identik dengan Jogja.

Namun, kadang ada oknum *sekali lagi.. oknum.. nggak semuanya lho :)* pengendara becak ato kusir andong yang sering ngasih tarif terlalu mahal.. apalagi kalo penumpangnya wisatawan.. bakal dikasih harga yang muaaahaal banget. Istilahnya nuthuk. Atau.. nggak tertib di jalan.. bikin penumpang dag dig dug. Pernah ngalamin yang begitu?

Nah kalo sekarang, seandainya ada pengemudi yang seperti itu.. mendingan dilaporin aja. Lapor? Lapor kemana? Gimana caranya?

Laporin aja ke Dinas Perhubungan Kota Jogja, karena sekarang ini, ada yang beda lho dari becak dan andong di Jogja.. mereka sekarang punya Tanda Nomer Kendaraan Tidak Bermotor (TNKTB), semacam plat nomer Polisi untuk mobil ato motor. Plat ini pun juga dipasang di becak ato andong yang bersangkutan sebagai identitas.

Becak dan Andong pun punya plat nomer sebagai tanda identitas Kendaraan Tidak Bermotor

Terus, kendaraan ini juga punya surat semacam STNK. Namanya Surat Ijin Operasional Kendaraan Tidak Bermotor (SIOKTB).. Bedanya surat ini tidak dikeluarkan dari Kepolisian, tapi dari Dinas Perhubungan Kota Jogja.

Hampir sama dengan STNK, tapi kalo ini dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Jogja
Stiker yang mencantumkan nama dan nomer plat Andong dan Becak.

Dan yang paling istimewa, ada tempelan stiker yang mencantumkan nama Pengemudi, nomer andong ato becak. Nah, kalo penumpang merasa nggak puas dengan pelayanan pengemudi.. bisa melaporkan ke Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta dengan nomer 0274-561787 ato sms ke 0274-7467333.

Tentunya.. jalan-jalan ke Jogja jadi lebih nyaman kan??

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s