Sederhana Saja

Hidup sederhana sering dikaitkan dengan uang, irit, nggak boros, hidup secukupnya, atau berusaha tidak menjadi besar pasak dari pada tiang.

Tapi, ternyata hidup sederhana emang nggak cuma sebatas itu, karena sederhana yang dikaitkan dengan uang, tentu relatif. Nggak selalu sama bagi setiap orang. Bisa aja kan, mewah di orang ini, sederhana buat orang yang lain.

Kalo menurut saya,

dalam bersikap dan berperilaku pun juga perlu kesederhanaan.

Maksudnya?

Contoh yang paling faktual dan aktual adalah kasus penyebaran video yang diduga melibatkan artis. Seandainya mereka nggak neko-neko, sekarang mereka nggak usah sembunyi atau merasa malu.

Hidupnya jadi gak tenang. Hidupnya jadi ruwet.. Nggak cuma mereka saja, tapi juga keluarga, orang-orang tercinta mereka, sahabat. Belum lagi dengan ancaman hukuman di dunia, dan pastinya akhirat..

Hidup menjadi tidak simple dan sederhana, ketika tidak menjadi diri sendiri.

Seringkali hanya karena gengsi, seseorang mengakui memiliki sesuatu yang tidak ia miliki. Berapa banyak kebohongan yang tercipta, untuk saling menutupi kebohongan yang lain.

Ada perasaan was-was kalo-kalo ada orang lain mengetahui kebenaran tentang diri kita. Coba, seandainya, menjalani hidup sebagaimana diri kita sebenernya.. betapa hidup itu jadi ringan kan? Simple..

Di tengah tantangan hidup yang semakin tidak mudah, hidup yang bersahaja, sederhana.. adalah jawabannya. Sekali lagi, sederhana tidak hanya selalu berkaitan bagaimana kita membelanjakan uang kita, tapi juga dalam bersikap dan berperilaku.

Dan ini hanya sebagai bentuk pemikiran saya yang bisa jadi berbeda dengan sobat blogger. Semoga berkenan🙂

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

34 thoughts on “Sederhana Saja”

  1. Hmm… sepertinya hidup itu sbenernya simpel, cuma manusianya saja yang membuat sesuatunya menjadi tampak susah. Apalagi namanya artis mbak, sudah biasa memakai topeng dalam pekerjaan mereka sehari-hari…

    Like

  2. apapun yang tidak menyimpang dari syariatNya akan membuat kita tenang Mbak Anna, dan syariat mengajarkan untuk tidak berlebihan, dan memiliki akhlak yang mulia, bersabar saat kekurangan dan bersyukur saat mendapatkan nikmat. Tapi manusia memang kadang tempatnya salah dan lupa, untuk itulah kita memerlukan aturan/syariah dan diwajibkan dakwah, sehingga bisa meminimalisir kesalahan manusia.

    Dan ketika kita memiliki cinta dan ketaatan kepadaNya, yang berujung sikap penghambaan dan muncul rasa takut akan tidak mendapat ridloNya, menjadikan kita bisa menguasai pola pikir dan pola sikap yang tidak menyimpang, kalopun lalai bukanlah lalai yang berkepanjangan. Dan semoga Mbak, saya dan kita disini bisa menjadi pribadi yang seperti itu. Amin

    Like

  3. Sederhana (dalam hal apapun) akan membawa ketenangan bathin..
    Btw, tulisan ini juga tulisan yang sederhana tapi punya makna yang cukup dalam..

    Like

  4. ya benar na,saya sependapat,hidup sederhana itu mungkin maksudnya apa adanya aja ya,gak usah direkayasa,gak usah lebay,biasa2 aja. yang penting berusaha jadi luar biasa di hadapan Allah selalu🙂

    Like

    1. hm.. belum tentu juga Jah..
      berpikir simple sering jatuhnya berpikir praktis. Padahal berpikir praktis juga belum tentu benar..

      kalo menurutku sih, berpikir sederhana adalah nggak neko-neko..
      berusaha hidup bersih aja.

      Like

  5. Yup …
    sederhana itu … adalah hidup yang sewajarnya saja …
    tidak usah cari sensasi …
    tidak usah neko-neko …

    jalani hidup ini apa adanya …
    karena hidup itu sendiri memang sudah indah diciptakan NYA …

    Salam saya Mbak Anna

    Like

  6. sepakat!!! begitu pula dengan para kommentatornya, kesederhanaan bukan masalah gaya hidup (lifestyle) tapi sederhana dalam brfikir dan brsikap itulah yg sangat penting mnurutnya, karena dgn itu bsa mmbentuk citra kta sebagai orang yang iman dan jlasnya brpendidikan, Dan untuk membahas apa yg dimksd brfikir sederhana (brmkna univesal) tu butuh 1 bab buat bahas, saya serahkan kpada Non Anna, untuk tema postingan slanjuntnya,

    silakan dgarap,,hehe,,:D

    Apa itu “Berfikir Sederhana”? ,,,,:D

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s