Buta Arah

Siapakah di antara Narablog yang susah mengenali arah utara, selatan, barat timur?

Pasti banyak yang tunjuk jari:mrgreen: termasuk saya… hehe.. Susah dah kalo harus menggunakan arah mata angin. Bisanya cuma kanan kiri doang. Makanya, ketika berada di tempat yang baru buat saya, pasti jadi bingung arah. Sholat pun bisa menghadap arah yang salah..

Buta arah semakin diperparah dengan kesulitan menghafal jalan. Perlu beberapa kali melewati jalan yang sama untuk hafal dan ngerti bener suatu jalan. Dan ada yang bilang, ‘penyakit’ ini banyak diidap oleh perempuan. Katanya, perempuan kurang cocok dijadikan penunjuk arah..😐

Saya sendiri punya pengalaman ketika nyaris tersesat, padahal masih seputaran di Jogja juga lho.. gara-gara ‘buta arah’.

Tapi, akhirnya saya punya hint ato petunjuk agar ‘melek arah’πŸ™‚ Apakah itu? Yaitu gunung Merapi. Merapi terletak di ujung utara Jogja.. dan ketika langit cerah, gunung ini akan sangat terlihat gagah dan indah. Terutama ketika pagi hari.. Nah, kalo ngeliat ke arah gunung berarti itu Utara.. sebelah kanannya timur, sebelah kirinya barat, dan belakang saya adalah selatan.

Cuman, hint itu cuman berlaku kalo di Jogja aja.. gak tau deh kalo pas keluar Jogja.. pasti jadi bingung lagi. Biasanya pake sinar matahari.. tapi kalo malam? hihi…

Nah, pertanyaannya adalah.. petunjuk apa yang dipake temen2 untuk mengetahui arah mata angin?

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

29 thoughts on “Buta Arah”

  1. waduh
    ternyata banyak temen nih,,..,.,..,.,
    aku kan orang medan, orang medan tu gak pernah jalan pake arah mata angin, taunya ya cuma depan, belakang, kiri-kanan, aku sih gak bingung mana kiri, mana kanan,
    masalahnya kalok aku bertamu ke rumah temen, kalok ditanyak “rumahmu arah mana???”
    duh, ngejawabnya butuh waktu 15 menit, untuk tau aku berasal darimana,,,,
    maLuuuuuuuuuu bangeeeeetttt,,.,. (keLiatan oon-ny)
    yang sering nyasar d maLL, padahaL aku sering ke maLL tsb (ama temen), pas tibanya aku sendirian, tuk nyari toilet bingung,….
    nyasar lah…,,.,..,
    apa ya nama iLmiah penyakit kita ini,.,.,.,.,.

    Like

  2. kalau di Jogja, patokan saya juga Gunung Merapi. itu paling gampang sih. atau kalau enggak, saya coba ingat2 arah ke Solo, yaitu itu arah ke timur. hehe. ribet ya? kalau di Jakarta, patokan saya arah ke Kelapa Gading (utara), dan arah ke Bekasi (timur). memang agak ribet sih. itu pun masih sering salah haha…πŸ™‚

    Like

  3. Hehehe…kalau bepergian ke luar kota dan bawa mobil sendiri dipastikan selalu ada peta kota-kota yang akan dituju.

    Di Jakarta, jika lebih sebulan tak melalui daerah tertentu, sering sudah banyak perubahan, jadi kita mesti mengingat tanda-tanda (gedung, perkantoran…) yang mudah diingat. Masalahnya kalau udah malam hari, saya seperti rabun…nyasar-nyasar deh.

    Like

  4. saya tunjuk tangan paling tinggi yah….dulu gayanya sok tahu banget. Baru nyadarnya ga bisa nentuin arah waktu SMA zamannya banyak lomba rally sepeda dan ga penah menang….hahahaha

    Like

  5. Salah satu perempuan yang buta arah dan paling susah nunjukkin arah adalah pacar Denuzz sendiri. Dia orangnya paling gak bisa ngebedain kanan sama kiri.
    Jadi, kalo lagi dibonceng pake motor, Denuzz tanya arah belok (kiri atau kanan) dia selalu pake isyarat tangan langsung. Pokoknya paling gak bisa ngomong “kiri” atau “kanan”… Hehe

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

    Like

  6. ngacung nomer satu kalau buta arah, ya itulah aku …πŸ˜›

    apalagi ngafalin jalan, wuih…ribet…… cuma jalan mau kerumah aja yg hafal….. hahahaha….parah deh …parah….πŸ˜€πŸ˜€
    salam

    Like

  7. haha, kita sama. ku kira cuma saya saja yang buta arah, ternyata ada yang senasib sepenaggunganπŸ™‚

    kalau saya, saya ngisntal compas.jar dimasukkan ke hp sony ericson. masalahnya cuma pas kalau sama sekali rembulan gak muncul.

    Like

  8. Samaa aku juga buta arah Mba..
    Repotnya pas giliran mencari arah kiblat,hehe selalu salah..
    Nyampe sekarang masih bingung,paling letak matahari yah jadiin patokan hehhe..
    tetep aja salah..
    apalagi kalo ada yang ngomong di sana beulah wetan,kidul,kaler,kulon..waahh..mumet dah..

    Like

  9. Salam kenal mbak anna..

    Ikutan nimbrung, kalau saya, biasanya kemana-mana bawa kompas, he he.. Kalau emang susah, kompasnya pasang aja di arloji mbak, pasti gak lupa ngebawanya..

    Sangat berguna sekali ketika mencari arah, terutama arah kiblat

    salam kenal juga mas SuryaπŸ™‚

    hm, kalo hobi jalan2 kayak mas Surya pasti punya kompas ya.. hehe
    dan pasti sangat berguna selama di perjalanan.

    Like

    1. he he he..
      jadi malu nih…
      saya memang punya kebiasaan bawa kompas, sejak jadi penggila travelling, he he he..
      Soalnya dulu pernah punya pengalaman yang tidak enak. Suatu ketika, waktu ke Bromo. Kan kalau ke Bromo, kalau pingin liat sunrise, harus mulai jalan sejak jam 1/2 4 pagi menuju penanjakan. Di bromo, jam segitu belum subuh, nah subuhnya pastinya ketika di penanjakan. Dari penginapan sudah wudhu dan bawa sajadah..
      Ketika kira2 waktu sholat, Nah waktu itu karena ga ada kompas, arah kiblatnya pake logika aja. Nah ternyata salah. Yang bikin merasa berdosa, arah kiblatku diikutin para wisatawan lain.. hiks..
      Astaghfirullah..
      Ya insya Allah, Allah akan memaklumi karena ketidaktahuan kita, tapi tetep harus ada solusi agar tidak terulang. Nah sekarang ini, kemana-mana, bawa kompas, he he he

      Like

  10. emang.. ribet banget pake mata angin!
    masalahnya orang sini malah suka kalo nunjukin jalan pake mata angin.πŸ˜›

    harus ngingetin kira2 peta nya kayak apa baru tau mana timur, barat, selatan, utara. hahaha.

    nah tu dia..
    gak ngira kalo orang bule suka pake arah mata angin juga..
    haahaha

    Like

  11. kalu dulu liat jalan raya mbak… patokannya jalan depan rumah menghadap ke timur dan barat… cuma kalo gaka da petunjuk suka bingung, heheheheh….

    wkwkwk…
    sama aj dong.. tuh jalan gak bisa jadi penunjuk arahπŸ˜›

    Like

  12. cari masjid, mbak . . πŸ˜€ hee . . pokonya kalo uda nemu masjid baru tentuin deh, arahnya. hee

    salam kenal dari saya ya, mbak . . πŸ™‚

    bener tuh,,
    kalo di masjid, pasti kiblatnya bener..πŸ˜€

    salam kenal juga

    Like

  13. Hehehe…saya termasuk org yg paling sulit menentukan arah mata angin. Saya juga paling sulit dalam menghafal jalan, bahkan jalan menuju rumah saya sendiripun sering lupa.
    Matahari adalah benda satu2nya yg saya andalkan dalam menentukan arah mata angin, karena kalau menggunakan tanda2 yg ada di alam, sy bahkan sering lupa benda yg sy jadikan sebagai tanda tersebut posisinya di sebelah mana dan saya sendiri berada di sebelah mananya benda itu. Payah😦

    wah sama juga dengan Om NHπŸ™‚
    sama juga dengan saya Bu..

    matahari emang jadi jurus jitu untuk penunjuk arah.
    tapi kalo misalnya lagi di erop? belum tentu juga lho terbit nya timur.. bisa agak condong kan?

    Like

  14. saya juga sering binggung sendiri mbak
    oya buat mbak anna ada award di rumah saya, diterima ya…. πŸ™‚

    udah aku ambil Yuli..
    udah aku kerjain juga PR nya..
    tinggal nunggu waktu aja publishnya

    Like

  15. Saya ?
    mmm … saya juga termasuk buta arah …
    kalau disuruh nyebut Utara Selatan Timur Barat …
    Namun …

    Jika ada orang nanyak …
    maka saya akan lihat matahari dan bayangan … lalu liat jam

    hahhaa
    tapi tetep aja (kadang) salah

    Salam saya Mbak Anna

    Wah, nggak ngira kalo Om NH termasuk yang buta arah..
    soalnya laki2 biasanya lebih melek gitu Om.. hihi

    Like

  16. karena saya tinggal di jakarta selatan, ya kalau menuju ke jakarta utara berarti ke utara dong hihihi.

    gampang, bawa aja kompas kecil. Kan ada tuh jam tangan spt baby G shock bisa dipasang kompas

    EM

    bener juga tuh mbak..
    pake kompas insya Allah udah bener aja yak?

    Like

  17. saya itu di ring road utara, UPN itu…pesti bingung… tahu utara mana..karena liat gunung merapi… tapi tak paksa paksa bahwa barat itu utara tetep aja gak bisa..jadi pesti terlihatnya merapi di barat hehe.. untungnya ditempat aktivitas saya gak bingung….bingung cuman di ring road utara sama di gejayan

    kalo saya di ring road barat mbak..
    gak tau kenapa.. selalu bingung kalo di daerah sana.. mungkin juga karena jarang lewat daerah sana kali ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s