Nyusuh

Nyusuh.. adakah yang tau artinya? Itu berasal dari bahasa jawa yang dikaitkan dengan burung yang sedang menyiapkan sarang untuk bertelur. Dan biasanya burung mengumpulkan barang apa saja, sehingga sarangnya akan menjadi nyaman untuk telur-telurnya.

Tapi, ‘nyusuh’ yang ini lebih berdekatan dengan ‘nyampah’. Barang kepake dan gak kepake, campur baur gak jelas mana yang harus disimpan dan mana yang harus dibuang.

Dan.. saya gak suka dengan yang nyusuh begitu.

Bisa dibilang saya adalah rapi jali, di kantor maupun di rumah. Sebenernya ya.. kunci utama untuk menjadi rapi hanya satu..yaitu DISIPLIN. Yaitu ketika menggunakan barang, setelah selesai segera dikembalikan ke tempat semula. Begitu seterusnya.

Saya sendiri tadinya juga suka nggak disiplin. Contohnya ya.. di kamar rumah saya punya meja khusus untuk asesoris saya. Bros, jam tangan, cincin, kalung dan sebagainya. Masing-masing punya box, khusus bros, khusus jam tangan, dll. Biasanya setiap weekend saya harus ngerapiin meja itu. Bros bertebaran di meja, jam tangan kalo mo dipake malah nggak tau rimbanya. Intinya berantakan!

Nah, beberapa bulan yang lalu, saya coba untuk mendisiplinkan diri sendiri. Setiap abis pergi, secapek apapun.. asesoris itu saya kembalikan ke tempatnya. Daaaan… udah 2 bulan ini meja saya tetap rapi jali. Tidak perlu saya rapiin tiap weekend. Kalo pun bersihin, sekadar ngilangin debu yang nempel di meja.

Di kantor pun saya juga gitu. Kebetulan saya pegang dokumen keuangan. Banyak berkas dan dokumen yang saya urus. Semua saya tempatkan dalam map, box file, atau odner dengan tulisan yang jelas. Kalo dibutuhkan, dokumen itu boleh dipinjamkan. Asaaaaal… atas sepengetahuan saya dan dikembalikan tepat di tempatnya. Kalo nggak… siap2 saya omelin 🙂

Kerapian punya banyak manfaat. Ketika dokumen tertentu dibutuhkan untuk pemeriksaan misalnya… gak perlu bingung2 nyari. Asalkan setiap kali minjem harus ada pemberitahuan ke saya. Beres.

Termasuk yang manakah kamu Sobat Blogger?

8 Comments

  1. hmm saya juga sama mb, naturenya dari sononya udah berantakan dan kalo udah capek ya malas meletakkan barang pada tempatnya. walhasil ya morat marit ga jelas dan harga yang harus saya bayar adalah setiap seminggu sekali saya harus meluangkan waktu beberapa jam untuk beres2 meja dan rumah, hihi

    tapi skrg udah mulai insyaf kok mb, udah mulai belajar rapi dan disiplin. Karena kalo dilihat2, rapi itu enak dilihat dan menyenangkan daripada berantakan bikin badmood,hehe

    Like

  2. Padahal kalau burung buang sarang kan rapi dan dari bahan pilihan, meskipun acak, tapi tetap rapi kan :).

    Saya suka bikin berantakan, tapi ndak suka membiarkan sesuatu berantakan :D.

    Like

  3. patut dicontoh nih… soalnya saya biasa bekerja dengan banyak hal dalam sekali waktu, dan konsekuensinya adalah “nyusuh”

    Solusinya emang kudu ada waktu khusus buat beres2… 🙂

    Like

  4. nyusuh dari kata susuh/sarang, nyatanya emang bener kok, burung kalau buang kotoran biologis juga di sarangnya, sampahnya malah lebih mahal lho, itu sarang burung walet. Kayaknya belum pernah liat ada ruangan khusus WC di sarang burung 🙂

    Like

  5. Yang terjadi pada saya adalah …
    seringkali saya enggan membuang bungkus … tas plastik … atau brosur yang didapat dari Mall-mall…

    Ah sayang aahhh … siapa tau perlu … dst dst

    akibatnya … kamar pribadi saya … kayak Kapal Pecah …

    hahaha

    salam saya Mbak Anna

    Like

  6. berarti klo mau namu pake nginep ke rumah mba Anna, ada larangan tidak tertulis, TIDAK BOLEH BIKIN BERANTAKAN … gitu ya mba xixixi … *catet*

    saya sih karena pemalas, makanya diusahakan selalu menyimpan apapun di tempatnya kembali.

    Like

Leave a comment