[Bali] Istana Kepresidenan Tampaksiring

Masih soal perjalanan saya ke Bali. Saya dan teman-teman berkesempatan berkunjung ke Istana Kepresidenan Tampaksiring yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali.

Kunjungan ini terasa istimewa, karena sejak peristiwa Bom Bali I, Istana yang tadinya dibuka untuk umum, sekarang ditutup dan harus mendapatkan ijin khusus. Bahkan selama kami berkunjung pun.. kami gak boleh bawa tas dan diawasi terus oleh tentara yang mengikuti kami dari belakang. Berasa punya bodyguard.. hehe. Selain itu pun, kami juga harus berpakaian resmi🙂

Pendirian istana ini diprakarsai oleh Presiden RI I, Ir. Soekarno. Istana Kepresidenan Tampaksiring dibangun secara bertahap. Arsiteknya ialah R.M Soedarsono. Yang pertama kali dibangun adalah Wisma Merdeka dan Wisma Yudhistira, yakni pada tahun 1957. Pembangunan berikutnya dilaksanakan tahun 1958, dan semua bangunan selesai pada tahun 1963.

Captured by Hibnu Basuki

Ohya, bicara soal nama Tampaksiring, kami pun membuat plesetannya.. yaitu Istana Tampakmiring.. tapi bukan istana-nya yang miring yah.. tapi lokasi istana itu sendiri. Karena terletak di atas bukit, ada beberapa sudut tamannya memiliki memiringan yang cukup tajam.

Foto tengah atas dan kiri bawah : captured by Hibnu Basuki

Dari istana ini pula, kita bisa liat pemandangan yang luar biasa..salah satunya adalah Pemandian Tirta Empul (berarti airsuci), yang terletak di kaki bukit. Pokoknya sejauh mata memandang adalah hijauuuuuuu! Seger banget deh di mata🙂

Foto patung penari : captured by Hibnu Basuki

Selain hijau, istana ini juga luas banget. Sekitar 1.825 m2. Agak gempor juga nih kaki ya.. apalagi kita muterin kawasan istana dengan jalan kaki🙂 tapi gak rugi deh.. bisa menikmati keindahan alam plus arsitektur Bali yang pastinya juga bagus banget.

Terakhir, tidak lengkap rasanya kalo gak ada foto narsis nan eilekhan..🙂

Captured by Hibnu Basuki

PS. Foto-foto di atas adalah kumpulan hasil jepretan saya dan juga seorang teman sesama penggemar fotografi, Mas Hibnu Basuki. Thanks ya!

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

22 thoughts on “[Bali] Istana Kepresidenan Tampaksiring”

  1. Foto yang terakhir itu …
    I like it …
    Bagus … keren …

    (dan as usual … sama seperti saya … inilah sebetulnya inti dari postingan kali ini …)(hahahaha)

    Salam saya

    anna :
    hahaha…
    foto terakhir itu kan sebagai bukti kalo saya emang bener2 ke sana gitu Om..🙂

    Like

  2. Habis baca blog nya Clara tentang istana Tampaksiring,,ehh Anna juga menyajikan ini. Jangan-jangan pas kesana bersamaan tapi nggak ketemu?

    Pas saya kesana juga harus pakaian resmi, artinya tak boleh pakai celana pendek dan jeans.

    anna :
    wah, bisa jadi tuh Bunda.. sama2 di tampaksiring tapi gak ketemuan🙂

    soal pakaian resmi, sepertinya lebih baik begitu..
    paling tidak untuk ‘menghormati’ keberadaan istana tersebut

    Like

  3. wah saya kagum dengan gambar-gambarnya, sepertinya pengambilan gambarnya pas banget……
    jadi berkeinginan pergi kesana……kapan ya…..

    anna :
    makasih mas🙂

    Like

  4. kesan sejukpemandangannya itu yang aku suka ,,,, kapan bisa ke Bali ya?

    anna :
    emang yang paling menarik dari istana ini adalah pemandangan yang serba hijau🙂

    Like

  5. wanita cantik muncul dari balik pintu, keren banget…,
    foto2nya bagus banget mbak…., rasanya akan sulit ke sini tanpa rombongan resmi ya…
    indah sekali istana dan landscapenya

    anna :
    hehe.. makasih mbak monda

    sepertinya emang harus rombongan resmi deh untuk bisa berkunjung di sini.

    Like

  6. poto2nya bagus bagus mbak😀
    itu yang hijau enak banget ya tiduran diatasnya hehe.. pengen Ke Bali lagi kapan2, terakhir jaman SMA udah lama banget hehe..

    anna :
    makasih Ne🙂
    bener tuh.. rasanya pengen gulung2 di atas hamparan hijau ituuu

    Like

  7. dicatat dicatat😀
    nambahin panjang daftar yang mo didatengin klo tiba saatnya plesir ke Bali🙂
    bolak balik ke Bali pas single, malah engga tau mampir ke sini hehhe

    anna :
    iya, kalo ke Bali terlalu banyak tempat yang harus dikunjungi.
    kemaren aja masih kelewat byk tempat untuk dikunjungi..😦

    Like

  8. foto2 nya bagus dan keren2,
    saiap dulu dong yang ambil , apalagi foto yang paling bawah ……🙂
    hmmm……..foto keren krn ada modelnya yg cantik🙂
    salam

    anna :
    hehe.. makasih bunda..
    foto terakhir adalah penunggu istana Bunda..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s