I'm On Diet

Yes.. saya lagi diet.😉

Eits, jangan buru-buru mengerutkan kening lho. Ini bukan diet untuk kurus.. karena saya emang udah kurus. Tapi untuk kesehatan. Tepatnya untuk menjaga kondisi kesehatan saya yang emang rada special. Saya juga nggak sembarangan dalam diet, karena sesuai dengan arahan ahli kesehatan. Kira-kira udah berjalan 3 bulan ini.

Padahal, dulu saya suka banget jajan nggak sehat. Merasa nggak punya masalah berat badan.. membuat saya jadi sembarangan makan. Padahal belum tentu orang kurus itu nggak punya masalah kesehatan. Contohnya saya ini.. kolesterol pun sempat tinggi.

Banyak orang salah kaprah, diet selalu berhubungan dengan mengurangi berat badan. Padahal nggak selalu begitu.. Diet digunakan untuk mengatur pola makan menjadi lebih sehat.

Makanya sekarang, saya menghindari makanan berlemak, fast food, banyak pengawet, dan mengurangi garam. Walopun untuk bener-bener menjauh dari situ agak susah yah. Tapi emang harus didasari disiplin tinggi.

Daging sapi? ah.. saya coret dari daftar menu saya. Padahal saya penggemar rendang dan teman-temannya!! Oh no… dan beneran, saya belum makan rendang sejak 3 bulan lalu. Selamat tinggal Rumah Makan Padang..😥 I miss you so..

Daging kambing, dan bebek? tanpa diet pun emang sudah saya coret.. kebetulan nggak suka makan daging kambing dan bebek.

Ngemil? ah.. ini apa lagi.. keripik2 itu banyak garam dan MSG nya.. tapi enak.. huhuhu…

Intinya.. saya mengurangi konsumsi protein hewani.

Trus apa dong yang saya makan? Tahu!!

Hah.. tiada hari tanpa tahu🙂 kadang tempe juga. Dan yang jadi andalan saya sekarang adalah tempe tahu bacem.. selalu ada di dapur saya. Digoreng ato nggak.. sama enaknya.

Kalo pun makan daging ayam, itu harus ayam kampung dan bagian dadanya. Kalo pun makan ikan, nggak boleh sembarang ikan.. hanya ikan-ikan tertentu saja. Untuk menggoreng pun, saya disarankan pake minyak jagung. Kandungan lemaknya jauh lebih rendah dari minyak goreng kebanyakan.

Dan pastinya sayur dan buah itu wajib. Cemilan saya sekarang adalah mangga dan pepaya. Ditambah minum air putih minimal 2 liter dalam 1 hari. Sampe-sampe.. saya punya tempat minum dari T*pperw*re ukuran 1 liter. Sebagai takaran berapa banyak air yang udah saya konsumsi dalam 1 hari.

Awal ketika saya menjalani diet ini, ya Allah.. susah dan tersiksa banget. Lebaran kemaren jadi masa-masa berat saya.. banyak makanan enak, tapi saya harus bisa mengontrol diri sendiri. Suatu ketika ada syawalan di kantor, menunya enak-enak… wuih.. yummy..  tapi untungnya ada SGPC alias sego pecel.. walopun sederhana tapi tetep enak.. saya makan itu deh..

Karena nggak boleh makan sembarangan, artinya jadi harus masak kan? Wah wah wah.. padahal seperti yang pernah saya bilang sebelumnya.. saya bisa masak.. tapi nggak suka.. hahaha😆

Tapi tak mengapa lah..🙂 jadi rajin belanja dan masak adalah sisi positif dari semua ini. Walopun.. sekali lagi.. rasanya anyep alias tawar, karena saya mengurangi garam. Suami saya juga pengertian banget, kalo kurang asin.. ya nambah garam sendiri.. Kalo pas pengen maem yang ‘enak’, ya saya temenin makan di luar.. Toh diet ini juga untuk kebaikan kesehatan saya ke depan.

Doakan saya agar selalu istiqomah menjalani diet ini ya… hehehe. Siapa mau ikutan diet??:mrgreen:

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

34 thoughts on “I'm On Diet”

  1. Yap, benar sekali, setahu saya malah diet itu artinya adalah “pola makan”. Jadi, sama sekali gak ada hubungannya dengan “mengurangi makan”.😀 Yang ada adalah mengatur asupan nutrisi yang masuk, supaya tak ada kalori yang sia-sia.🙂

    Like

  2. Wah bener itu Na, kurus belum tentu sehat dan bebas koles.
    Saya minggu depan MedCheck, mudah2an hasilnya bagus… takut jg kalo ternyata ada koles….

    Like

  3. saya juga nggak suka makan sapi apalagi makan bareng sapi
    saya juga nggak suka makan bebek apalagi tidur bareng bebek

    hehe.. iya percaya🙂

    saya makan seadanya, cuma memang saya usahakan seimbang dari berbagai unsur.

    Kalau dirumah masakan itu bebas msg, cuma kalau di luar kan nggak bisa menghindar

    makan di rumah lebih terjamin mas..
    lebih sehat😉

    Like

  4. Makanya para biksu Budha itu pada sehat-sehat dan berumur panjang salah satunya ya karena mereka hanya mengkonsumsi yang nabati saja..dan menghindari stres..

    wah baru tau mas..
    tapi yang susah malah menghindari stress itu.. heheh

    Like

  5. selamat pagi,
    bener mbak, semua harus dimulai sejak dini. apalagi sekarang udah banyak produk-2 khusus diet yang berkalori dan kadar lemaknya rendah, mulai dari gula, garam sampai susu. sayangnya belum ada daging atau jeroan rendah kolesterol ya …
    tetap semangat mbak ..

    kalo saya sih ..
    memilih tidak mengkonsumsi yang seperti itu..
    kalo susu rendah lemak sih iya..
    tapi lebih memilih bahan2 alami saja..

    Like

  6. Semangad ya anna.. pati dirimu bisaa🙂
    Aku juga mulai menjaga makanan nih, khususnya makanan berpengawet n ber MSG, apalagi yang namanya mie instant.. Walau blm bisa ga makan sama skali, tapi lumayan lah dah ga keseringan kyk dulu..

    Makasih Jul..
    iyalah.. Juli kan lagi hamil kan? harus jaga makan yaa..
    mie instant mendingan gak usah say..
    byk pengawetnya.. kalopun pengen.. dalam seminggu jangan lebih dari 1 x
    tapi gak usah sama sekali juga bagus🙂

    Like

  7. iya…harusnya dimulai dari sejak dini..
    saya juga udah jadi daging sapi addicted..
    gak bisa makan kalao gak ada daging atau ayam…
    gak baik..dan jdi sering rusak ususnya…
    dokter juga udh bilang…
    sekarang mencoba mengurangi sdikit porsi dagingnya…

    dan ngurangi jajan sembarangan..
    kurus bukan brarti sehat…
    moga sukses y mbak..

    itu saya beberapa bulan yang lalu Put..
    paling suka makan masakan padang..
    wuih.. mak nyus lah..

    insya allah sekarang nggak sama sekali..
    walopun berat harus dijalani.. demi kesehatan🙂

    Like

  8. kalau saya obatnya cuma satu untuk mengimbangi makan2 enak yg sering saya lakukan : puasa🙂

    kalo puasa tapi pas buka makannya sembarang juga sama aja Dot..😛

    Like

  9. Mbak Anna sukses ya dietnya, butuh kesabaran ekstra tuh…karena banyak yg tergoda untuk melahap makanan favorit sekalipun dilarang…

    cepet pulih kesehatannya seperti sedia kala😀

    makasih Oyen..
    istilahnya.. bersusah2 dahulu bersenang2 kemudian..🙂

    Like

  10. Ini dia teladan hidup sehat😀 – kalau saya sih sekarang berat badan saya sudah di klimak batas atas, jadi diet mungkin nanti yang banyak serat dan rendah gula sederhana.

    kalo teladan sih belum yaa..
    soalnya masih sering ngemil gak sehat.. wah.. kripik susah dihindari😦
    semoga sukses juga dengan dietnya🙂

    Like

  11. Waduh…diet ya mba?

    iya..

    Dulu abah sempet diet juga tuh…
    Karena overweight…*aku yang hamil..eh..die yang gendut???*

    ngidam kali… hehe

    Sempet yoyo diet juga karena terlalu ambisius pengen cepet kurus dan banyak banget pantangan nya…
    *Yoyo diet = berat nya gampang naik turun*
    Jadi sekalinya tergoda…makan nya gila gilaan..hihihi…

    Akhirnya sekarang gak terlalu banyak pantangan…
    Tetep makan apa aja, tapi porsi nya aja yang dikurangin…

    yaa.. itu kan diet yang tujuannya mengurangi berat badan Bi..🙂
    diet yg saya jalani ini kan khusus.. berkaitan dengan kondisi kesehatan saya.

    Dan mengganti kata diet menjadi “gaya hidup”…
    Soalnya kata diet itu agak mengintimasi…hihihi..

    Semoga sukses dietnya mba Anna!!!!
    Merdeka!! *Lho??*

    makasih ya Bi🙂
    Merdeka!! hihi

    Like

  12. Ayo mb, semangat!
    harus tertib dietnya supaya sehat…
    Diet mmg bukan utk menurunkan berat badan. Tiap jenguk kawan yg sakit sy sll tanya: dietnya apa? Yg tertib lho ya…
    Lama2 nti juga terbiasa mb.. Semangat!!🙂

    betul T.. ini juga masih terus selalu berusaha..
    membiasakan diri..
    makanya kalo ke kantor pun juga selalu bawa maem sendiri.. biar gak jajan

    Like

  13. Bener itu Mbak. Kan ada istilah, kita adalah apa yang kita makan. Semakin baik konsumsi makan kita, InsyaAllah gaya hidup dan pola pikir kita semakin baik pula. Sukses ya Mbak;

    yap.. selain makan yang sehat. tentunya juga yang halal🙂
    makasih ya MAsbro..

    Like

  14. Selamat menjalani diet Mbak…
    Ibuknya anak2 juga iya kok…
    Tangan kanannya suka gringgingen dan nggak ilang2

    makasih pak..
    salam juga buat ibuknya anak2.. semoga dietnya juga berhasil🙂

    Like

  15. Pola makan yang bagus memang menyehatkan, ini membuat kita harus diet…dan tidak lapar mata….hehehe
    Semoga berhasil Anna….

    terima kasih bunda Enny🙂
    betul sekali, kadang susahnya diet adalah saat lapar mata + perut.. hehe

    Like

  16. Setuju …
    Diet bukan masalah menguruskan badan saja …
    So …
    Mari kita atur pola dan bahan makan kita

    Salam saya Mbak
    Sehat-sehat selalu ya

    makasih Om..
    diet demi kesehatan tentunya baik untuk dilakukan..
    bonusnya.. punya badan yang ideal😉

    Like

  17. smg program dietnya berhasil ya mbak. kunci utamanya mmg disiplin.
    sy pun dmkn, makan skrg ya milih2 nggak main emplok spt bbrp tahun lalu. maklum sj, sendi2 sdh mulai pegel2, pusing, dll.
    **kembali ke lauk favorit: tempe!😛

    tempe tahu naik daun di rumah saya Mas..
    tiap makan selalu ada.. hehe
    semangat terus untuk diet makan sehat ya ..

    Like

  18. hakikat puasa sebenarnya juga untuk diet
    namun ternyata ketika bulan puasa justru berat badan semakin naik dan pola makan semakin ugal2an

    setuju mas Ciwir..
    sebenernya puasa itu juga diet yang paling baik.
    namun ya itu tadi.. banyak yang puasa hanya makan dan minum di waktu tertentu saja.
    akhirnya pas buka.. semua dihajar abis.. hehe..

    Like

  19. wah, saya belum pernah diet, soalnya saya cungkring, tapi ternyata diet baik juga ya untuk kesehatan

    nah ini dia, salah kaprah.. orang selalu beranggapan diet itu hanya untuk menurunkan berat badan..
    padahal diet itu artinya mengatur pola makan,

    Like

  20. Waduh…kebayang sengsaranya… Semoga terus semangat ya. Dari dulu aku niat diet tapi gagal terus, gak tahan godaan🙂.

    hehehe… ini nggak sengsara kok.. tapi membawa nikmat.. nikmat sehat nantinya🙂

    Like

  21. saya bisa masak.. tapi nggak suka..

    heleh,, jujur aja sih.. hehehhe,….😛
    kalo yang kurus2 kayak Anna aja mesti diet untuk kesehatan, apalagi yang gede kayak daku inihhhhhhh… hiks..hikss…

    *pengen ikutan Anna*

    masak Iyha gede..
    nggak ah.. biasa aja kali..heheh.
    iya Yha.. kalo nggak mulai dikontrol dari sekarang.. takutnya udah tua baru deh kerasa sakitnya..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s