Laporan Minggu Ini : Laparoskopi

Sebelumnya, mumpung masih di awal-awal bulan Ramadhan.. dengan segala kerendahan hati memohon maaf lahir dan batin kepada sobat blogger semua. Pasti ada salah kata yang tidak berkenan dari saya. Sekalian mengucapkan selamt menunaikan ibadah puasa. Semoga Ramadhan tahun ini dapat kita jalani dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Dan amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin….🙂

Oke, selama hampir 1 minggu lebih saya nggak online, tentunya jadi banyak ketinggalan apdet-an dari sobat blogger semua. Maap yaa.. Seperti halnya kalo kerja, nggak muncul sehari aja harus ada laporan ke kantor kenapa nggak muncul.

Nah, sebagai blogger, saya pun merasa punya kewajiban untuk membuat laporan, kenapa selama 1 minggu ini nggak online. Nggak wajib sih, tapi merasa aja.. hehe..🙂

Yang terjadi adalah saya masuk rumah sakit😦

Nggak ada yang nanya:mrgreen: biarin..

Iya nih, saya 3 hari masuk rumah sakit. Senin, 2 Agustus sampe Rabu 4 Agustus. Trus dilanjut cuti 1 minggu. Di rumah juga tetep males online tuh..

Lho sakit apa?

Sebenernya bukan sakit sih, tapi emang harus ada tindakan medis yang harus diambil dokter pada saya. Yaitu mengambil kista di indung telur saya. Tepatnya 1 di kanan (lumayan gede) dan 2 di kiri (kecil-kecil). Sekalian membersihkan endometriosis-nya. Sebenernya sejak keguguran akhir tahun kemaren, dokternya udah menyarankan.. tapi masih mikir-mikir dulu.. takut..😐 Plus, kalo lagi ‘dapet’, hadduhh… udah nggak bisa ngapa2in lagi. Malah pernah sampe pingsan.

Oh ya, Endometriosis itu apa?

Sebelumnya harus kenal dulu dengan Endometrium, yaitu jaringan dalam rahim yang menebal untuk menempel janin. Kalo gak terjadi kehamilan, jaringan itu akan meluruh menjadi menstruasi. Nah, untuk kasus saya, endometrium tidak hanya tumbuh di rahim, tapi juga di luar rahim. Disebut endometriosis. Sampe-sampe terjadi perlengketan dengan usus. Ngeri euy..

Trus, perutnya dibuka gitu?

Nggak kok, tim dokter RSUP Dr. Sardjito Jogja pake Laparoskopi sebuah metode yang meminimalisir sayatan pada tubuh pasien. Untuk saya, ini kali yang kedua, setelah tahun 2006.

Jadi perut saya ‘dilubangi’ 4 titik. 1 untuk kamera, 2 untuk alat-alatnya (penjepit, gunting, dsb), dan 1 untuk memompa udara dalam rongga perut agar alat-alat bergerak lebih leluasa. Mau lebih jelas, klik di sini aja.

Dan pastinya, operasi yang berlangsung 2,5 jam ini bagaikan live show buat suami, ibu, dan budhe saya. Karena di ruang terpisah, suami dan keluarga bisa melihat secara langsung proses Laparoskopi melalui layar. Sekaligus sesekali dokter juga berkomunikasi dengan suami.

ini dia, foto saat dokter misahin perlengketan rahim saya dengan usus.

Bahkan rekamannya dalam bentuk disc juga sudah ada, boleh dibawa pulang. *kebayang gimana ngliat isi perut sendiri*

Mungkin karena perut nggak dibuka besar, pemulihan juga cepet. Keesokan hari setelah operasi, saya udah boleh duduk dan siangnya juga boleh pulang. Udah sempat kontrol ke dokter, sementara baru 2 perban yang dibuka. Sisanya belum karena luka belum kering.

Dan hari ini, adalah hari pertama saya masuk kerja lagi. Cuma setengah hari😐 Sampe di rumah saya rebahan bentar, trus kerja lagi. Karena ada kerjaan kantor yang saya bawa pulang.. dan begitu selesai saya kirim ke boss saya via email.

Saya berharap, semoga Senin besok, saya udah bener2 fit dan perbannya udah dibuka semua.. merana nih, mandinya nggak bisa jebar-jebur… hehe.

Dan seperti pantun saya sebelumnya :

ada batu menghalang jalan
membuat laju jadi tertahan
jangan berhenti berusaha dan berdoa
lakukan saja dengan Lillahi Ta’ala

Ini bagian dari ikhtiar yang dilakukan dengan Lillahi Ta’ala.. karena hasilnya pasti yang terbaik. Karena Allah selalu berikan yang terbaik untuk kita🙂 Amin ya robbal alamin.

PS. Wedew.. panjang juga postingan kali ini🙂 dan makasih buat my lovely hubby dan bapak-ibu yang selama seminggu terakhir *sampe sekarang ding..* jadi ikutan repot di rumah.

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

45 thoughts on “Laporan Minggu Ini : Laparoskopi”

  1. Mb,sy br aja menjalani laparoskopi,untuk kasus hydrosalpinx,jika berkenan sy ingin ngobrol2 sm mba ana,laparoskopi ini termasuk saran doskter tuk program kehamilan

    Like

  2. Dengan tindakan operasi semoga Jeng Ana tambah sehat segera memperoleh momongan segera dari Allah Yang Maha Rahim. Teriring doa semoga senantiasa sehat walafiat ya?

    Like

  3. skrg sdh fit kembali, mbak?
    ikhtiar sdh dilakukan, tinggal menunggu dng sabar keajaiban yang akan diberikan oleh gusti Allah

    alhamdulillah sudah lebih baik Gus.
    iya, segala sesuatu yang kami lakukan insya Allah Lillahi Taala…
    semoga diberikan hasil yang terbaik buat kami. amin

    Like

  4. syukurlah kalo kamu sudah sehat lagi,An…kabarku baik. aku pernah mampir ke blogmu ini tapisusah naruh komentar.ditolak mulu

    iya, makasih fan.. udah baikan.
    ttg komen yang ditolak mulu, mungkin kelupaan ngisi captcha nya tuh..

    Like

    1. ====================================
      maaf lama gak mmpir sejak blog aku disuspend
      ini kembali datang sekalian mengundang untuk menjalin silaturahim lagi
      dirumah baruku
      mampir2 yaw
      ditunggu

      dan moga ajah cepat sembuh yaw

      makasih mas doanya.. amin ya robbal alamin.
      ooo.. jadi blognya disuspend, kenapa tuh, kok bisa? sayang banget..

      baiklah, tunggu saya di blognya yang baru yaaa🙂

      Like

  5. Semoga saat ini sudah sehat kembali.
    Laparoskopi memang diperlukan untuk mengetahui apakah ada hambatan di suatu saluran dalam tubuh kita.

    alhamdulillah sudah lebih baik bunda🙂
    iya, untung sekarang teknologi kedokteran udah maju ya.. memudahkan kita.

    Like

  6. marhaban ya ramadhan
    semoga Allah mencabut semua penyakit yang ada ditubuh mba…amin..
    dan tetep semngat jangan meyerah sebelum berperang melawan cobaan..

    amin allahumma amin
    makasih banget doanya. bener, saya seneng banyak yang doain saya. termasuk faruz🙂
    iya.. harus semangat!!🙂

    Like

  7. Subhanallah, Maha Besar Allah dengan Segala Firmannya,….baca cerita di atas jadi ingat adik syaa waktu harus diambil sumsum tulangnya. Semoga lekas sembuh dan diberi ketabahan. Maaf bila tak berkenan tamu tak diundang ikut jenguk.

    amin ya robbal alamin.
    terima kasih doa dan kunjungannya🙂 cuma Allah yang bisa membalas.
    wah, adiknya dapet cobaan yang berat ya. tapi Allah nggak akan ngasih ujian yang tidak dapat ditanggung oleh umatNya.

    Like

  8. Wah, Dik Ana barusan sakit to? Semoga sekarang sudah pulih seperti sedia kala ya. Amin …
    Saya sudah pernah membaca/mendengar istilah Laparoskopi, tapi baru dari posting ini saya paham betul apa dan bagaimana laparoskopi itu dilakukan.

    Endometriosis memang membuat penderitanya nyeri hebat sewaktu kedatangan tamu. Semoga tulisan ini menjadi warning bagi teman-teman yang lain, yang mengalami keluhan sama. Cepat periksakan diri ke dokter.

    Salam sehat🙂

    iya bu Tuti, tapi alhamdulillah udah lebih baik kok.
    syukur kalo tulisan ini bisa memberi informasi untuk yang baca🙂

    dan bener banget, endometriosis bikin sakit banget kalo pas lagi ‘dapet’. Semoga setelah ini saya nggak sakit kalo lagi dapet ya bu.. Amin

    Dan ya bener kata Bu Tuti, semoga temen2 yang mungkin ngerasa sakit kalo lagi mens, segera periksa yaa..

    Like

  9. Saya sekeluarga mendoakan semoga nduk segera sehat kembali.
    Semua yang terjadi tak lepas dari campur tangan Allah yang harus kita terima dengan penuh kesabaran.
    Sayapun pernah nyaris lumpuh-itu rasanya seperti mau kiamat. Namun dengan usaha dan berdoa Alhamdulillah bisa sembuh.

    Jangan pernah sedetikpun lupa untuk mengingat Allah nduk, ketika berjalan,duduk maupun berbaring.

    Salam hangat dari Surabaya

    Amin ya robbal alamin.
    matur nuwun untuk doanya.
    Komen pakdhe juga jadi pemompa semangat.
    Dan ya, hal yang terjadi ini seharusnya menjadi pengingat saya terutama.. betapa besarnya kuasa Allah.

    Apalagi pakdhe juga pernah ngerasain hampir lumpuh. Suatu ujian yang berat. Alhamdulillah pakdhe bisa melewati dengan baik dan sehat kembali.

    Memang sudah seharusnya selalu ingat kepada Allah.

    Like

  10. Assalamualaikum mb..
    mohon maaf lahir bathin
    Semoga cepet baikan ya mb…amin

    waalaikum salam🙂
    maaf lahir batin juga,
    amin.. terimakasih doanya🙂

    Like

  11. Aduh, mba.. Saya kok jadi pucat baca postingannya. Tapi sy turut senang laparoskopinya berjalan lancar, semoga cepat pulih dan normal kembali.
    Betul sekali mba, kuncinya adalah tawakkal kepada Allah SWT, Allah selalu punya rencana yg terbaik buat setiap hamba-Nya.
    Salam buat mas nugie..

    hehe..
    nggak papa kok Abu..
    Everything is fine.

    Makasih doanya. Sekarang udah enakan kok.. udah bisa online lagi🙂

    kesabaran ternyata emang jadi hadiah indah dari Allah.
    saya pun juga masih terus belajar untuk terus menjadi lebih baik.

    Like

  12. Mbak Anna …
    Ada tiga Hal …
    1. Saya terdiam …
    ngeri membayangkan isi perut Mbak Anna yang di laparoskopi itu …
    terbayang selang-selang bersliweran di perut mbak anna ..
    saya sampai ngilu membayangkannya

    2. Ini ikhtiar …
    Ini adalah bagian dari ikhtiar kita ya Mbak …
    Ikhtiar itu wajib hukumnya …
    Saya hanya bisa berharap … Mbak Anna cepat sembuh …
    dan bisa beraktifitas seperti biasa …
    dan karunia yang diharapkan bisa segera terwujud … Amiiinnn

    3. Mohon Maaf Lahir Bathin ya Mbak …

    Salam saya

    Om, saya pun juga ada 3 hal
    1. Hm.. saya juga takjub liat isi perut saya sendiri. hehe.. yang jelas saya bersyukur lancar operasinya. juga, berucap Subhanallah…🙂

    2. Ini Ikhtiar, tapi harus dilandaasi Lillahi Taala.. Allah tau yang terbaik. Jadi hasilnya pasti yang terbaik.

    3. Mohon lahir batin juga Om🙂

    Like

  13. na,aduh langsung megang perut deh gara2 liat fotonya…

    semoga cepat sehat lagi ya,terus bisa segera punya momongan hehe😀

    gak ada yg kebetulan,semua adalah takdir dan ketentuan Allah yang berlaku atas mahlukNYA,kita hanya bisa ikhtiar🙂

    semoga puasanya dilancarkan buat anna dan suami.

    maaf baru sempat main lagi kemari,hehe,lagi sibuk juga soalnya na😛

    gpp Dot.. tau kok kalo lagi sibuk..hehe

    ya, bahwa setiap ketentuan yang telah ditetapkan itu pasti baik bagi kita, walo terkadang kita merasa berat..
    amin, untuk doanya.. makasih dot.. hanya pahala dari Allah yang bisa membalasnya.

    dan semoga puasa kita lancar yaa.. diterima amal ibadah kita🙂

    Like

  14. Semoga lekas sembuh aja mbak, dan bisa beraktifitas kembali😆
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    amin, terima kasih doanya🙂
    salam kenal juga mas dari saya

    Like

  15. Semoga cepet pulih…
    (Saya malah baru ngerti kalau Mbak Anna itu tinggal di Jogja…)
    Padahal saya riwa-riwi ke Jogja lho Mbak…
    Kuliah dan KKN juga di Jogja

    iya, matur nuwun Pak Mars..
    iya saya di Jogja. Bolehlah kapan2 kalo ke Jogja ketemuan. Sama Oyen juga.. hehe

    Like

  16. Anna sayang,
    memang begitulah yang harus dilewati oleh seorang pejuang
    terus berusaha dan berusaha
    hasilnya kita serahkan pada Allah semata

    semoga dihadiahkan sabar, untuk kita semua
    amiin ya Allah

    amin ya robbal alamin

    bundo cayang..
    terima kasih🙂
    sabar adalah hadiah yang sangat berharga Bundo..
    karena Allah menyayangi mereka yang diberikan ujian namun mampu bersabar.

    Like

  17. Salam kenal.
    Semoga lekas fit seperti sedia kala.
    Seperti ini ada gejalanya nggak sih mbak? biar nanti saya cerita ke istri saya.

    salam kenal juga🙂
    makasih doanya.. amin
    hm, gejalanya? kalo mens sakit banget nggak?
    kalo sakitnya sampe banget… bisa jadi iya,
    smoga istrinya nggak sakit kalo mens.

    Like

  18. Semoga sekarang sudah sembuh seperti semula ya Mbak Anna.

    Dalam kesempatan ini bunda juga ingin memohon maaf lahir dan bathin utk segala kekhilafan.
    Selamat menunaikan ibadah puasa.
    Semoga selalu sehat.
    salam

    hm, alhamdulillah udah baikan bunda
    masih kadang berasa cepet capek gitu..
    tapi insya Allah sebentar lagi udah bisa lari2.. hehe…
    selamat berpuasa juga bunda🙂

    Like

  19. duh.. Anna.. subhanallah!

    sekarng dah sembuh kan? smoga makin cepat pulih yah ^_^

    anna : ya ampun dhe.. hiiih.. kangen deh..
    udah lama banget ngga saling berkunjung..
    iya, udah sembuh kok.. alhamdulillah🙂

    Like

  20. selamat menunaikan ibadah puasa juga ya mbak Anna, dan mohon maaf lahir dan bathin..

    semoga cepat pulih dan benar2 hilang kistanya.. dan semoga saya gak akan pernah mengalaminya..

    anna : iya, sama2 ya.. selamat puasa juga
    amin, makasih doanya Ne.. semoga bener2 hilang dan nggak tumbuh lagi.. amin…
    semoga Ne juga gak ngalamin seperti saya🙂

    Like

    1. Walau laparoskopi lukanya lebih kecil, tapi tetap saja pasca operasi perlu perhatian ekstra Mbak.

      Amin, semoga cepat sehat seperti sedia kala.

      iya Cahya, makasih doanya..
      insya Allah segera bisa seperti semula.

      Like

  21. Whoaaaa Mbak Annnaa…misss Uuuuu …

    Alhamdulillah, semoga segera sehat kembali ya Mbak, semoga menjadi muslimah yang tegar menerima apapun ketetapanNya, Oyen yakin sayang Allah sama mbak Anna lebih besar dari yang Mbak bayangkan🙂

    Semangat!!! Allahuakbar… laa khaula wa laa quwwata illa billah…

    Do’a Oyen untuk Embak🙂

    ————–

    anna : makasih Oyen..miss u tooooo🙂
    walopun berat semoga Allah kasih kesabaran dan ketabahan.. yang penting sehat. itu Yen..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s