Berteman Visanne

(20/02/2022) – Visanne telah menemani saya sejak Juli 2019 hingga hari ini, hampir 3 (tiga) tahun rutinitas minum pil ini di setiap pagi. Menurut anjuran dokter, obat ini harus diminum di waktu yang sama setiap harinya. Saya sih kadang mundur, kadang maju waktunya. Walaupun saya selalu berusaha untuk teratur setiap selesai sarapan.

Saat ini sudah masuk ke box yang ke-37 (tiga puluh tujuh).

Sejak tulisan saya tentang Visanne published Mei 2020, banyak sekali pertanyaan masuk. Baik lewat kolom komentar di blog, maupun yang DM lewat instagram. Ternyata yang senasib banyak yah. Virtual hugs! 🤗

Nah, berikut Frequently Ask Question (FAQ) yang masuk ke saya :

1. Udah berapa lama minum visanne?

Hampir 3 (tiga) tahun. Tepatnya besok Juli 2022.

2. Kenapa minum visanne?

Saya mengalami sakit saat menstruasi. Sakit yang luar biasa karena saya ada adenomyosis, endometriosis, myoma dan sebagainya.

3. Efek yang dirasain apa?

Menurut keterangan dalam box obat Visanne, efek dari visanne sungguh beragam. Dimulai dengan pendarahan tidak teratur hingga berhentinya menstruasi. Namun, efek yang terjadi tidak selalu sama ya di masing-masing orang.

Saat awal minum visanne, saya pernah ngerasain pendarahan yang tidak teratur. Pernah yang sebulan nggak berhenti. Pernah juga sebulan bisa 2x pendarahan. Buat kita yang punya kewajiban sholat dan puasa, situasi ini bener-bener bikin bingung. Tapi setelah saya konsultasi ke dokter kandungan, beliau memastikan bahwa ini bukan menstruasi. Jadi harus tetep sholat dan puasa. Setiap mau sholat ya bebersih dulu.

Tapi setelah minum Visanne dalam hitungan tahun, efek yang saya rasain adalah tidak menstruasi. Sampe udah lupa kapan terakhir menstruasi. Sesekali aja nge-flek, tapi lebih sering kondisi ‘bersih’. Trus, kalo nggak menstruasi apakah ada efek lain yang mengikuti? Ada dong. Yaitu berkurangnya kesuburan secara signifikan dan keringnya va9ina.

Buat kamu yang masih pengen punya keturunan, tentunya situasi ini kurang menguntungkan. Tapi kalo buat saya sih, ini perkara soal pilihan. Jujur saya nggak siap jika harus mengalami sakit menstruasi seperti dulu lagi. Soal keringnya va9ina, ini perlu komunikasi sama pasangan yah. Biar aktivitas sek5ual kamu tidak terganggu.

4. Mau sampai kapan minum Visanne?

Nggak tau. Seperti yang saya bilang di atas. Saya merasa nggak siap dan nggak sanggup harus menghadapi sakitnya menstruasi. Makanya pilihan terbaik saat ini adalah meneruskan minum visanne. Semoga ini keputusan terbaik dari segala situasi yang sebenernya tidak pernah saya inginkan.

Namun, ada satu hal yang perlu saya jadikan poin penting buat kalian yang baca ini. Kualitas hidup saya jauh lebih membaik setelah minum visanne. Saya bisa beraktivitas dengan bebas, lebih fit, lebih sehat.

Berbeda dengan sebelum minum visanne. Sebelum mens, saat mens, setelah mens kondisi badan drop. Nggak cuman secara fisik lemah, secara psikis pun saya merasakan tekanan. Merasa tergantung pada orang lain, ngrepotin keluarga terus, dan sering melewatkan acara/momen berharga karena sakit saat mens. Bahkan saya takut bepergian jauh, karena khawatir bakal ngerepotin orang lain jika tetiba saya sakit. Plus ketergantungan pada obat pereda nyeri yang efeknya ke pencernaan, jadi sering mual dan muntah.

5. Sebelum minum visanne udah menjalani pengobatan apa aja?

You name it!

Akupuntur, jamu, pijat, pengobatan herbal, operasi laparoskopi, dan operasi laparotomi sudah saya jalani. Tapi ya belum ada yang bisa mengobati kondisi saya.

Visanne pun juga tidak mengobati ya, karena adenomyosis pun masih tetep ada di rahim saya. Cuman kalo istilah dokter, sel-selnya nggak aktif, walaupun kondisi rahim masih tetep bulky (tebal) karena adanya adenomyosis.

***

Sementara itu dulu tentang pengalaman minum visanne selama hampir 3 tahun. Saya nggak bisa kasih saran apa-apa buat kalian, my dear friends. Selain sabar dan kuat ya. Sakit kita ini nggak keliatan, tapi efek fisik dan psikisnya luar biasa. Semoga Allah senantiasa menyayangi kalian. 😇😘

16 Comments

  1. Halo kak.. aku jg penderita adenomiosis dan endometriosis, aku baru 3bln konsumsi visanne, emg ngaruh bgt di aktifitas sehari-hari ku, tpi akhir-akhir Minggu ini saya Sdh sedikit mulai lelah, krna hrus sllu bolak balik ke RS, untuk minta resep dan ambil obt sekalian. Krna aku pke BPJS dr pemerintah, jd yaa untuk beli sendiri pribadi di luar, saya blm mampu.. terimakasih kak Sdh share pengalaman nya.. semoga kedepannya ada keajaiban dr Allah, hilang penyakit nya.. krna sakit jg makhluk nya Allah, insyaallah jika Allah berkehendak sakit nya bisa segera hilang. Aamiin..

    Like

    1. Hai ka, mau tanya yaaa… memangnya visanne dicover BPJS kah? saya baru mau 1 bulan ini konsumsi visanne dan belinya pakai uang sendiri… Tapi kl mmg dicover BPJS, alhamdulillah banget krn harganya sangat lumayan, hehe…

      Like

    2. Visanne ditanggung BPJS kah kak? Saya baru mau sebulan konsumsi visanne dan tempo hari belinya pakai uang sendiri… Info dari RS, konsul dokter dan obat2 yg bersifat hormonal gak ditangung BPJS.

      Like

  2. Hi mba, salam kenal saya Vita
    Ga sengaja sdg baca2 vissane, ktm tulisan mb. Sy baru mau 2 minggu minum vissane, pas jg awal haid minumnya. Dan ini msh pendaharan, cm rasa sakit udh ga ada. Dokter ksh ini buat sy ambil keputusan, mau operasi/ angkat rahim. Krn sy ga mau ketergantungan terus vissane, niat angkat rahim. Skrg lg siapkan mental dulu. Kalo Mba rencana kedepannya apa? Terima kasih

    Like

  3. Hi mba, salam kenal yah… Aku seneng bgt pengalamanmu krn merasa “oh ternyata aku gak sendiri, hidup dlm 2 pilihan itu mmg sulit tp ttp hrs milih”. Tp kmrin aku smpt dititik capek minum obat vissane terus. smpet 2bln stop smpe akhirnya sel kista nya aktif lgi dan aku merasa ngerasain sakit dr titik 0 lgi. huhu. tp dokter saat itu smpet nyaranin, drpd minum vissane tiap bln yg hrgnya lumayan, better pasang implan di bawah jaringan kulit ditangan. katanya itu sama bs menekan kerja dan mengurangi rasa sakitnya. aku baca2 itu smcm KB. apakah mba pernah ada denger saran kaya gtu? aku smpe saat ragu krn pernah denger dr dokter lain itu kandungannya sama2 ada hormon progesteron tpi utk ngurangin rasa sakitnya beda sm vissane dan bkin gendut katanya 😨 krn ragu dan takut jdi aku masih terusin vissane dlu, tktnya gak ngaruh ngurangin rasa sakit yg luar biasa itu.

    Like

  4. Hallo mbak,Saya juga adenomyosis dan uda minum vissane hampir 1 tahun.Memang setelah minum vissane kualitas hidup membaik banget.tidak seperti sebelumnya.Cuma kadang mikir,sampe kapan Harus minum vissane?apakah boleh dikonsumsi berapa lama..dan efek sampingnya itu apa.Betul2 dilema.Tq ya mbak atas infonya

    Like

    1. Halo mb Winda. Saat ini saya masih minum visanne. Sudah box ke-50 😁

      Dan masih akan minum entah sampai kapan. Rencananya dalam waktu dekat ini mau MCU. Medical check up. Pengen cek aja, setelah hampir 4 tahun minum obat, ada efek ke ginjal atau tidak.

      Tetap semangat mb winda.

      Like

  5. Halo kak, aku baca pengalaman kakak konsumsi visanne. Sekarang aku udah jalan 7 bulan konsumsi visanne. Dan sama kak aku juga gak siap kalau mesti lepas visanne karena kebayang bagaimana sakitnya saat haid (pernah sampai ke IGD). Mau operasi pun juga serasa percuma karena pasti akan balik lagi ini adenomiosisnya. Masih ingin punya keturunan, tapi sekarang bingung langkah apa yang harus di ambil. Tapi semoga ada jalan ya kak. Semangat untuk lainnya juga 😀

    Like

    1. Halo mb Lida…

      Wah ternyata yg senasib banyak ya. Sekarang sih saya masih akan minum visanne. Ga tau mau ngapain lagi. Bingung dah. Hehe

      Semoga keinginan mb Loda punya keturunan dapat terkabul ya. Semangat mba

      Like

    1. Hallo mbak?Apa kabar?Apa mbak sudah MCU?semoga keadaan semua sehat dan baik2 saja ya mbak.Setelah saya minum vissane 1 tahun lbh,ini tiba2 ngeflek darah sedikit.Apakah itu normal mbak?

      Like

Leave a comment