Ayo ke Gembiraloka Zoo!

Libur tlah tiba!

Buat anak sekolah sih.. tapi kan bentar lagi buat kita yang orang kantoran juga bakal libur juga kan?

Di postingan ini saya pengen cerita jalan-jalan saya dan keluarga ke Kebun Binatang Gembira Loka atau yang sekarang lebih dikenal dengan Gembiraloka Zoo. Ya, ini adalah kebun binatang kebanggaan orang Jogja. Lokasinya nggak jauh dari Balaikota Yogyakarta. Cari aja di GPS pasti ada!๐Ÿ™‚

Sebenernya jalan-jalan ini udah Sabtu, 28 Juni 2014 lalu, sehari sebelum puasa mulai, saat anak-anak lagi libur kenaikan kelas.

Gembira Loka hanya sekitar 3 km dari rumah saya, sebelum jam 8 pagi saya bersama suami dan 2 ponakan (Galuh dan Anin) sudah meluncur. Begitu sampai, rupanya kami jadi pengunjung pertama. Haha. Pegawai shift pagi aja baru mulai berdatangan. Parkiran mobil masih kosong.

Di pintu masuk kami disambut oleh dua boneka pinguin raksasa. Ya, pinguin adalah koleksi satwa terbaru dari kebun binatang ini. Salah satu tujuan utama kami emang mau liat pinguin, kayak apa sih? Masa bisa bertahan di cuaca tropis Jogja?

Pinguin-di-pintu-masuk-GL
Salam dua pinguin๐Ÿ™‚

Hijau dan asri adalah kesan pertama yang saya dapat ketika mulai menyusuri Gembira Loka. Rupanya kebun binatang ini juga punya arboretum yang sangat luas. Arboretum adalah tempat untuk mengumpulkan dan mengkoleksi berbagai jenis tumbuhan dan tanaman. Jadi nggak heran kalo udara di Gembira Loka terasa segar, karena banyak pohon-pohon yang menghasilkan oksigen.

arboretum-GL
Gembira Loka yang bersih dan asri.
danau-di-GL
Danau yang berada di tengah-tengah Gembira Loka Zoo

Setelah mata disejukkan dengan pepohonan dan danau di tengah kebun binatang, mulailah kami bertemu saudara sesama ciptaan Tuhan.๐Ÿ™‚ Ada gorila, orang utan, simpanse, dan berbagai jenis primata yang ternyata banyak ragamnya. Ada harimau sumatra, buaya, komodo, gajah, unta, kura-kura raksasa, kancil, rusa, dan sebagainya. Banyak deh..

aneka-satwa-GL
Aneka satwa yang ada di Gembira Loka Zoo
aneka-satwa-GL-2
Pengunjung diperkenankan untuk berinteraksi dengan beberapa jenis satwa. Tapi ada juga yang strictly gak boleh.

Nah, dari berbagai area Gembira Loka, yang paling jadi favorit kami adalah Bird Park dan Reptile Zone. Pengunjung bisa berinteraksi dan foto bareng sama iguana, ular dan berbagai macam burung. Apalagi di Bird Park kita bisa liat penguin yang berenang dan meluncur dengan cepat. Lucu banget ngeliat pinguin jalan.. persis kayak di film Happy Feet itu loh๐Ÿ™‚

Pinguin yang ada di Gembira Loka punya nama yaitu Pinguin Jackass/Black-footed Pinguin/African Pinguin yang memiliki habitat asli di pantai selatan sampai barat Benua Afrika. Ketika pertama kali sampai ke Jogja, mereka sempat dikarantina 2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan baru, terutama dengan cuaca dan suhu tropis Indonesia. Pinguin ternyata termasuk satwa yang setia terhadap pasangannya alias monogami. Pinguin aja setia, masa kamu nggak?๐Ÿ˜€

pinguin-GL
Pinguin, hanya bisa berjalan lambat ketika di darat, tapi saat di air dapat meluncur dengan cepat.
burung-GL
Burung berwarna-warni di Gembira Loka
birdpark-GL
Berbagai sudut Bird Park Gembira Loka Zoo
bersama-burung-di-GL
Datang saja ke zona interaksi, kalo pengen foto sama satwa. Cukup ngasih uang seiklasnya.
bersama-piton-albino
Bersama ular piton albino
bersama-reptil-di-GL
Antara takut tapi penasaran, akhirnya berani juga foto sama reptil-reptil ini๐Ÿ™‚

 

Sebenernya stok foto saya masih buanyaaak.. tapi kayaknya gak mungkin juga ditampilin semua di blog. Yang jelas, Gembira Loka sekarang udah beda banget dengan 10 tahun silam. Sekarang bersih dan asri, karyawan kebun binatang ini pun udah berseragam rapi, informatif dan ramah kepada pengunjung.

Nah, sebentar lagi libur lebaran udah mulai.. Gembira Loka bisa jadi salah satu tujuan wisata buat kamu yang mau mudik atau liburan di Jogja. Harga tiket masuknya cuman Rp.25.000,-/orang (belum termasuk untuk wahana).

Ada beberapa hal yang perlu kamu siapin kalo mau jalan-jalan ke sini :

  1. Datang pagi aja, sekitar jam 8-9 pagi. Gembira Loka itu luas banget, perlu waktu panjang.
  2. Ketika masuk, langsung minta peta ke petugas. Gratis! Pake peta lebih nyaman dan jelas mau ngeliat apa di mana.
  3. Buat yang bawa anak kecil, bisa minta gelang ke petugas di pintu masuk. Gelang itu akan ditulisi dengan nama anak, nama orangtua, dan nomer telpon yang bisa dihubungi. Secara ya.. anak-anak bisa kepisah dari rombongan. Demi keamanan.
  4. Gak usah bawa barang terlalu berat, karena harus jalan jauh.
  5. Bawa kamera dengan batere full.
  6. Ada pertunjukkan satwa setiap jam 11 siang dan feeding time-nya Harimau Sumatra dan ular piton. Seru tuh!
  7. Selain flora fauna, banyak wahana lain yang bisa didatengin. Misal naik kapal keliling danau, naik kereta kelinci, sepeda air, ATV, dan masih banyak lagi.

Ohya, sayangnya satu.. kalo ke toilet harus bayar. Padahal harusnya itu termasuk fasilitas kan ya? Hehe. Jadi siapin uang receh 1000-2000-an ya cyin…๐Ÿ˜€

Libur Tlah Tiba, Ayo ke Gembira Loka Zoo!

Published by

annafardiana

A happy wife of a happy hubby, pemeran utama di blog pribadi.

8 thoughts on “Ayo ke Gembiraloka Zoo!”

  1. Terakhir kami ke Gembira Loka lebaran tahun lalu. Waktu itu penguin belum datang, meski kandangnya udah disiapkan. Ada rencana mau ke sana lagi sihm tapi begitu melihat bejubelnya pengunjung, jadi diurungkan dulu..๐Ÿ™‚

    Like

  2. Iii iyaaaa. Ud tambah keren aja bonbin itu dan makin macet kalo weekend lewat situ ;(.
    Aku trakhir kesana blm ad penguin n tiap lewat selalu baca iklan penguin. Jd penasaran euy. Tp kapan ya๐Ÿ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s